Solusi Pengelolaan SDM ASIKK Kini Hadir dengan Berbagai Fitur Baru Solusi Pengelolaan SDM ASIKK Kini Hadir dengan Berbagai Fitur Baru ~ Teknogav.com

Solusi Pengelolaan SDM ASIKK Kini Hadir dengan Berbagai Fitur Baru

Teknogav.com - ASIKK merupakan singkatan dari Aplikasi Kehadiran Karyawan, ini adalah sistem Human Resources Integrated System (HRIS) berbasis aplikasi presensi online. Solusi tersebut dikembangkan oleh PT. Allbest Solusi Sistem yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak. Peluncuran resmi ASIKK telah dilakukan pada 10 Mei 2020 lalu, dan sudah digunakan lebih dari 5.000 perusahaan sampai saat ini. Kini ASIKK memiliki beberapa fitur baru yang makin memudahkan bisnis proses bagi perusahaan dan administrasi karyawan.

“Peluncuran ASIKK didasari kebutuhan sistem absensi yang efisien dan efektif baik dari sisi penggunaan maupun pemeliharaan. Penggunaan ASIKK menjadikan proses absensi lebih mudah baik bagi HRD sebagai pengguna maupun karyawan. Selain itu, absensi karyawan tidak akan terkendala oleh pemadaman listrik dan perusahaan juga dapat menghemat biaya pemeliharaan,” ucap  Iswahyudi, Direktur PT. Allbest Solusi Sistem.

Baca juga: CATAPA Gratiskan Paket CATAPAatHome, Solusi HR Perusahaan yang Dilengkapi AI

Perusahaan dapat mengelola dan memantau kegiatan karyawan melalui berbagai fitur yang disediakan ASIKK. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play dan App Store secara gratis. Karyawan bisa memanfaatkan berbagai fitur-fitur ASIKK kapan saja dan di mana saja karena aplikasi ini berbasis cloud server. Beberapa fiturnya mencakup pencatatan kehadiran, perencanaan izin kerja dan informasi terkini yang dapat diperoleh dengan praktis dan cepat.



Biaya penggunaan aplikasi ini mulai Rp5.500 per bulan. Pencatatan kehadiran bisa dilakukan melalui aplikasi dengan minimal jumlah pengguna dua orang sampai tak terbatas. ASIKK menjamin sistem yang disediakannya aman dan dapat mencegah kecurangan dalam mencatat kehadiran. Aplikasi ini juga menyediakan fasilitas bagi perusahaan yang ingin menggunakannya dengan sistem private (white label) secara permanen.

“Fitur yang ditawarkan ASIKK bertujuan mengakomodasi kebutuhan HRD akan proses input presensi yang lebih singkat tanpa memerlukan persetujuan banyak pihak. Pembuatan fitur ASIKK dilakukan secara sederhana, dapat dipahami dengan mudah, tidak memakan banyak ruang penyimpan. Pencatatan kehadiran bisa dilakukan di mana saja yang tentunya tetap termonitor oleh sistem,” ucap Dian Arisman selaku Product Owner ASIKK.

Baca juga: Serangkaian Solusi Mekari Bantu UKM Kembangkan Bisnis dengan Biaya Terjangkau

Fitur-fitur ASIKK

Berikut ini adalah beberapa fitur ASIKK yang merupakan pembaruan dari aplikasi tersebut.

  • Presensi digital untuk mencatat kehadiran setiap saat dan di mana pun. Rekaman data menggunakan geofence yang dapat menentukan titik lokasi karyawan secara aktual dan spesifik. Pencatatan kehadiran juga dilakukan dengan Face detection, yaitu dengan mendeteksi wajah secara selfie menggunakan smartphone. Pencegahan kecurangan dalam pencatatan kehadiran dilakukan dengan Device Lock, sistem keamanan yang hanya bisa dipakai di satu perangkat smartphone dalam satu akun. Kemudahan log in dengan sidik jari dapat dilakukan berkat fungi Biometric.
  • Manajemen Karyawan untuk mengelola administrasi karyawan dan informasi secara digital. Kemampuan ini diperoleh tanpa harus mengeluarkan investasi tinggi dan didukung keamanan penyimpanan data terpusat dan terjamin. Berbagai tampilain dashboard dan laporan yang tersedia akan memberikan wawasan dan analisa kinerja karyawan.
  • Manajemen Cuti untuk pengajuan cuti atau izin dan pengecekan status persetujuan dari atasan melalui smartphone.
  • Manajemen Jadwal Kerja untuk memudahkan pengelolaan jadwal kerja dengan pembuatan shift kerja yang mengoptimalkan produktivitas karyawan.
  • Pop News merupakan media komunikasi antara perusahaan dengan karyawan secara real-time dan tepat sasaran berupa artikel atau berita perusahaan. Fitur ini memungkinkan karyawan mengakses informasi terkini perusahaan.
  • Payroll merupakan aplikasi penggajian karyawan yang fleksibel dan bisa diakses online. ASIKK memudahkan perhitungan gaji karyawan, termasuk THR, bonus, dan komponen pendapatan lain. Perusahaan juga bisa menghitung jumlah uang lembur berdarkan jam kerja tambahan sesuai kehadiran karyawan.
  • Lembur untuk memudahkan pengajuan dan pengelolaan waktu sistem lembur.

Baca juga: CATAPA Gratiskan Solusi Manajemen Penggajian Bagi UMKM

ASIKK dapat digunakan perusahaan di berbagaibidang industri. Beberapa di antaranya adalah distributor, F&B, hospitality (seperti hotel dan rumah sakit), logistik, outsourcing dan UMKM lokal. Selama pandemi, ASIKK mendnukung perusahaan mengurangi kontak langsung pada penggunaan alat pencatat kehadiran yang digunakan bersama-sama. Ini karena pencatatan kehadiran menggunakan ASIKK dilakukan pada smartphone pribadi karyawan. Data karyawan dapat diperoleh HRD dengan mudah melalui dashboard melalui situs https://webadmin.asikk.id/#/login. yang disediakan ASIKK.

Harapannya sistem HRIS dan fitur yang disediakan ASIKK dapat membantu memberikan solusi kemudahan  bagi pelaku bisnis. Pembaruan aplikasi ASIKK juga senantiasa dilakukan PT. Allbest Sistem Solusi dengan inovasi baru dan berdasarkan masukan pelanggan.

Dalam rangka perayaan ulang tahun DKI Jakarta ke-494, tersedia voucher diskon 30% sampai Rp50 ribu. Kode voucher ini adalah ASIKKIN_JAKARTA. Voucher tersebut bisa digunakan selama periode 21-30 Juni 2021 oleh pengguna yang baru mendaftar dan berlangganan.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email