Serangkaian Solusi Mekari Bantu UKM Kembangkan Bisnis dengan Biaya Terjangkau Serangkaian Solusi Mekari Bantu UKM Kembangkan Bisnis dengan Biaya Terjangkau ~ Teknogav.com

Serangkaian Solusi Mekari Bantu UKM Kembangkan Bisnis dengan Biaya Terjangkau

Teknogav.com - Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia memiliki potensi besar untuk terus tumbuh. Kontribusi UKM pun sangat signifikan pada perekonomian negara. Mekari merupakan perusahaan di bidang Software as a Service (SaaS) yang untuk berusaha mendukung UKM tersebut dengan berbagai aplikasi. Layanan yang disediakan oleh Mekari mencakup pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan keuangan. Beberapa aplikasi yang ditawarkan mencakup akuntansi, inventori, perpajakan, benefit karyawan dan pengelolaan SDM.

Solusi-solusi yang disediakan Mekari diharapkan dapat membantu permasalahan yang dihadapi UKM. Pada umumnya permasalahan tersebut mencakup kurangnya akses ke solusi keuangan yang efisien. Kurangnya pengetahuan mengenai cara dan penggunaan aplikasi untuk menjalankan operasi yang efisien pun kaan berdampak pada penurunan produktivitas karyawan. Selain itu jika SDM tak dikelola dengan baik, maka akan sulit untuk mempertahankan talenta-talenta yang ada untuk tetap bekerja di bisnis tersebut.

Baca juga: CATAPA Gratiskan Solusi Manajemen Penggajian Bagi UMKM

Beberapa solusi yang disediakan Mekari untuk mengatasi masalah tersebut adalah aplikasi-aplikasi seperti Jurnal, Klikpajak, Mekari Flex, Mekari Chat, Talenta dan Qontak. Mekari melibatkan para mitra dalam ekosistem untukk menyajikan aplikasi tersebut. Mitra di bidang layanan finansial mencakup BCA, BNI, BTPN dan Mandiri, Selain itu untuk kepatuhan, Mekari bermitra langsung dengan Dirjen Pajak dan BPJS Ketenagakerjaan.

Layanan Mekari dan Model Pricing

Solusi Mekari di bidang SDM mencakup Talenta dan Sleekr. Talenta adalah aplikasi pengelolaan SDM dan pembayaran gaji yang lengkap dan komprehensif. Sedangkan Sleekr merupakan aplikasi administratif SDM dan karyawan yang sederhana dan mudah digunakan. UKM pun mudah untuk melakukan pembukuan menggunakan aplikasi Jurnal yang memang dirancang untuk UKM. Pengelolaan pajak pun mudah dan terintegrasi dengan aplikasi klikpajak yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi yang banyak berkontribusi di antara produk-produk Mekari adalah Jurnal dan Talenta.

Seluruh solusi tersebut berbasis cloud sehingga bisa digunakan langsung melalui browser di perangkat. Kendati demikian untuk menunjang kompatibilitas, Mekari juga menyediakan aplikasi yang bisa diinstal untuk platform Android dan IoS. Fitur-fitur pada aplikasi yang tersedia bersifat generik jadi bisa langsung digunakan untuk berbagai industri, pelanggan cukup melakukan penyesuaian konfigurasi saja.

Suwandi Soh, CEO Mekari

“Kami berusaha agar UKM dapat mengakses aplikasi lebih terjangkau. Jadi kami menerapkan beberapa model pricing yang berbeda. Contohnya adalah Klikpajak yang gratis, hanya dikenakan biaya jika ingin menggunakan fungsi tambahan seperti pembuatan faktur pajak. Biasanya untuk penggunaan standar di perusahaan kecil gratis. Pada aplikasi akuntansi seperti Jurnal, biasanya biaya Rp200 ribu per bulan, jadi UKM tak perlu harus membayar sampai Rp10 juta. Penggunaan fungsi tergantung dari kompleksitas bisnis, perusahaan yang lebih established bisa melakukan upgrade aplikasi akuntansi, misalnya sampai Rp1 huta. Lain lagi untuk aplikasi HR yang biayanya Rp20 ribu per karyawan per bulan, tapi biasanya dilakukan kontrak per tahun. Jadi biaya yang dikeluarkan UKM sesuai dengan pertumbuhan perusahaan,” ucap Suwandi Soh, CEO Mekari.

Baca juga: CATAPA Gratiskan Paket CATAPAatHome, Solusi HR Perusahaan yang Dilengkapi AI

Saat ini produk Mekari sudah digunakan lebih dari 30.000 perusahaan dan lebih dari 300.000 karyawan. Pada April lalu, Mekari pun telah menyelesaikan perolehan pendanaan Seri D senilai USD21 juta.

Akuisisi Qontak

Baru-baru ini, Mekari pun telah mengakuisisi Qontak, perusahaan teknologi untuk Customer Relation Management (CRM) dan solusi Omnichannel Communication. Qontak telah digunakan lebih dari 1000 klien dari berbagai skala dan industri untuk mendigitalisasi proses penjualan dan layanan pelanggan. Aplikasi ini memudahkan komunikasi antar bisnis dengan pelanggan dengan berbagai layanan komunikasi. Integrasi aplikasi ini mencakup Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Baca juga: DataOn Beri Lima Tips Terapkan WFH Bagi Perusahaan dan Pegawai

Selama dua tahun belakangan ini, perkembangan bisnis Qontak pesat dengan pertumbuhan dua digit setiap bulan. Layanan ini meningkatkan produktivitas tim penjualan dan menyediakan solusi automasi komunikasi dengan pelanggan di platform Qontak. Metode tersebut akan membantu usaha untuk mengembangkan pendapatan bisnis mereka lebih efisien. Akuisisi Qontak diharapkan dapat mempercepat visi Mekari menjadi platform utama bagi peruahaan modern di Indonesia untuk memajukan bisnis.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email