Peringati 101 Tahun ITB, Huawei Perkuat Sinergi dan Dukungan Peringati 101 Tahun ITB, Huawei Perkuat Sinergi dan Dukungan ~ Teknogav.com

Peringati 101 Tahun ITB, Huawei Perkuat Sinergi dan Dukungan


Teknogav.com – Institut Teknologi Bandung (ITB) didirikan pada 3 Juli 1920 dan kini menginjak usia 101 tahun. Dalam rangka memperingati ulang tahun ITB, Huawei Indonesia kembali menegaskan dukungannya dalam bentuk alih pengetahuan dan teknologi pada kampus tersebut. Hal tersebut disampaikan pada webinar bertema “ITB for Digital Transformation of Indonesia” dalam rangka Dies Natalis ITB ke-101.

Para narasumber yang turut hadir pada webinar bertema “ITB for Digital Transformation of Indonesia” tersebut mencakup:

  • Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional
  • Ismail, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikaasi dan Informatika (Kominfo)
  • Ir. Josaphat Rizal Primana, M.sc, Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas

Penegasan mengenai komitmen Huawei Indonesia kepada ITB disampaikan Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia. Selama ini program alih pengetahuan dan teknologi menjadi landasan kerja sama antara Huawei Indonesia dan ITB. Harapannya kerja sama tersebut akan terus meningkat di masa datang, seiring makin intensifnya adopsi teknologi-teknologi masa depan di Indonesia. Beberapa teknologi tersebut mencakup 5G dan kecerdasan buatan (AI). Pada kerja sama di bidang AI, ITB merupakan salah satu dari 14 perguruan tinggi di Indonesia yang bermitra dengan Huawei.

Baca juga: Qualcomm dan ITB Bahas Tantangan Pemerintah dalam Terapkan 5G

“Dirgahayu Institut Teknologi Bandung ke seratus satu! Merupakan kehormatan bagi Huawei Indonesia dapat membangun kemitraan dengan lembaga pendidikan bereputasi dunia yang terus berkontribusi melahirkan SDM di bidang teknologi berkompetensi global dan mendorong terciptanya inovasi-inovasi berbasis riset di Indonesia. Huawei siap melanjutkan dukungan dan memperkuat sinergi yang selama ini telah dibangun bersama melalui program alih pengetahuan dan teknologi terdepan. Hal ini untuk mempercepat transformasi digital untuk mewujudkan Indonesia Maju Berbasis Inovasi,” ucap Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia.

Sambutan Positif ITB atas Dukungan Huawei Indonesia

Rektor ITB menyampaikan sambutan positif dukungan Huawei Indonesia tersebut, demikian juga dukungna dari pemerintah. Penerapan teknologi 5G menurutnya dapat mewujudkan ITB menjadi Smart Campus. Hasil kerja sama ITB dan Huawei juga terlihat pada keberhasilan ITB di ajang Huawei ICT Competition tingkat dunia. Perwakilan mahasiawa dari ITB berhasil meraih gelar terbaik pada tahun 2020. Sebelumnya, perwakilan tersebut berhasil memenangkan dua gelar terbaik kategori Cloud dan Network di tingkat Asia Pasifik.

Baca juga: ITB Juarai Final Huawei ICT Competition 2019-2020 Tingkat Dunia

“Institut Teknologi Bandung sangat mengapresiasi Huawei Indonesia yang secara konsisten dan berkelanjutan melakukan alih pengetahuan dan teknologi kepada kami. Kemitraan ini berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman kami terhadap teknologi-teknologi masa depan yang harus diantisipasi oleh dunia pendidikan tinggi. Pemahaman tersebut termasuk dalam menyiapkan SDM Indonesia di bidang teknologi yang mampu menjawab kebutuhan industri dan berkompetensi global. SDM tersebut juga mampu berperan mewujudkan transformasi digital di seluruh lapisan masyarakat dan melahirkan inovasi-inovasi untuk kemajuan bangsa dan negara. Kami berharap kerja sama dengan Huawei akan makin meningkat di masa-masa mendatang,” ucap Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Rektor ITB.

Sinergi Multiple Helix

Kerja sama ITB dan Huawei dinilai pemerintah sangat tepat dan strategis, serta perlu mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan. Pentingnya sinergi multiple helix dengan pemerintah, industri dan akademisi memang juga diserukan oleh Huawei Indonesia dan pemangku kepentingan. Sinergi tersebut diyakini Huawei Indonesia dapat mempercepat penyelenggaraan transformasi digital yang optimal dan merata.

Baca juga: Huawei I DO Naungi Empat Pilar Komitmen Dukung Inklusi Digital

 “Selain penyedia solusi TIK terdepan secara global, kami melihat Huawei adalah perusahaan berbasis riset terbaik. Perusahaan tersebut didukung pakar-pakar kelas dunia di bidang teknologi yang sangat mumpuni, termasuk di bidang teknologi 5G. Jadi sangat tepat bagi ITB, menjadikan Huawei Indonesia sebagai mitra. Ini karena teknologi 5G menjadi teknologi fundamental untuk pengembangan riset maupun aplikasi-aplikasi lokal yang akan sangat dibutuhkan di masa depan. Pengembangan tersebut dapat menghasilkan solusi yang relevan dan cerdas dalam menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat lokal,” ucap Ismail, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikaasi dan Informatika (Kominfo).

Share:

Artikel Terkini