Kamera pada OPPO Reno6 Dukung Videografi Bokeh Sinematik Kamera pada OPPO Reno6 Dukung Videografi Bokeh Sinematik ~ Teknogav.com

Kamera pada OPPO Reno6 Dukung Videografi Bokeh Sinematik


Teknogav.com – Desain OPPO Reno6 telah diungkap sebelumnya, kini kemampuan kamera smartphone tersebut pun dibahas. Keandalan kamera yang digunakan pada Reno6 tak hanya sebatas pada fotografi, tetapi juga videografi yang mumpuni. Reno6 bahkan dapat menyajikan pengalaman videografi dengan bokeh sinematik dengan mengandalkan teknik fotografi komputasi.

Fotografi komputasi mendukung pertumbuhan fotografi smartphone yang pesat dengan memaksimalkan kemampuan algoritma kecerdasan buatan (AI) dan komputasi. Hal ini telah diprediksi oleh Profesor Marc Levoy dari Departemen Ilmu Komputer di Universitas Sanford. Beliau memaparkan visinya pada masa depan fotografi digital pada Society of Motion Picture and Television Engineers (SMPTE) pada Juni 2011. Pada ceramah tersebut disebutkan bahwa batas fotografi digital berikutnya ditemukan dalam konsep fotografi komputasi, bukan persaingan dalam megapiksel.

Baca juga: OPPO Reno6 Siap Hadir dengan Desain Stylish, Ringan dan Smooth

Produsen smartphone bisa melampaui batas perangkat keras dengan menggunakan fotografi komputasi yang memaksimalkan algoritma AI. Pemrosesan algoritma tersebut dilakukan oleh prosesor khusus seperti ISP (Image Signalling Processor).

“OPPO berhasil melampaui batasan perangkat keras dengan menghasilkan komputasional tak hanya dalam fotografi, tetapi  juga ke ranah videografi. Reno6 merupakan seri smartphone pertama yang mencapai bokeh sinematik menggunakan teknik fotografi komputasi,” ucap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Video Potret bokeh Flare Sinematik Reno6

Efek bokeh sinematik pada video biasanya diperoleh dengan mengandalkan peralatan profesional, tim profesional dan bahkan membutuhkan editor profesional. Kini Reno6 dapat menyajikan efek bokeh dengan fitur bokeh Flare Portrait Video yang dapat digunakan hanya dengan sekali klik. Ketika tombol bokeh Flare Portrait Video diklik, maka AI deep learning akan memahami video secara frame demi frame. Pemahaman ini untuk membedakan subjek video dan latar belakang secara akurat. Segmentasi subjek manusia dapat dilakukan sistem tersebut secara akurat dan real-time 360°.

bokeh sinematik

Kemudian dilakukan rendering pengoptimalan tingkat piksel untuk subjek dan gambar latar belakang setelah segmentasi. Warna asli gambar subjek dipertahan dan dioptimalkan dengan pemrosesan warna dan kecerahan khusus yang dilakukan pada tingkat piksel. Di saat yang sama, teknik computational vision bekerja memburamkan latar belakang, meningkatkan saturasi dan menyesuaikan warna. Penyesuaian warna tersebut dilakukan pada lingkaran cahaya di gambar latar belakang.

Hasil efek bokeh pada kamera OPPO Reno6 mendekati hasil efek bokeh menggunakan kamera DSLR dengan bukaan lensa besar. Pemahaman AI mengenai sumber cahaya pada latar belakang dijadikan landasan untuk meniru efek bokeh, kecerahan, lingkaran dan ukuran bokeh. Ukuran dan kecerahan lampu bokeh akan berubah berdasarkan pergerakan kamera dan kedalaman selama proses perekaman.

Baca juga: OPPO Reno5 Pantulkan Ribuan Warna dengan Diamond Spectrum

OPPO Pelopor Penelitian dan Pengembangan Pencitraan

Fotografi komputasional diterapkan OPPO sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja pencitraan pada produk smartphone. OPPO telah memperkenalkan Ultra-HD Multi-Shot pada smartphone Find7 di awal tahun 2014. Smartphone tersebut juga memanfaatkan fotografi komputasional untuk menghadirkan sistem kamera smartphone yang dapat menghasilkan foto 50 MP.

Selama bertahun-tahun, OPPO selalu mengembangkan teknologi dan berinovasi. Hal ini dibuktikan dengan membuat terobosan videografi smartphone yang signifikan. Kiprah OPPO dalam fotografi komputasional meluas ke ranah video secara bertahap. Pada ranah video ini OPPO memperkenalkan Ultra-Steady Video di seri Reno2 pada taun 2019.

Baca juga: Resmi Meluncur dengan Harga Rp4.990.000, Ini Keunggulan OPPO Reno5

Fitur video yang merupakan inti seri Reno pun dikembangkan dan makin terwujud pada fitur AI Cloro Portrait di seri Reno4. Kemudian mode AI Highlight Video diperkenalkan pada seri Reno5 yang memungkinkan perekaman video jernih dalam pencahayaan yang kurang.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email