Habitat dan DANA Berkolaborasi Gelar Konser Amal "NTT adalah Kita" Habitat dan DANA Berkolaborasi Gelar Konser Amal "NTT adalah Kita" ~ Teknogav.com

Habitat dan DANA Berkolaborasi Gelar Konser Amal "NTT adalah Kita"

Teknogav.com ¬– Pada awal April 2021 lalu, wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda Badai Siklon Tropis Seroja yang disertai banjir bandang. Musibah tersebut menghancurkan berbagai bangunan, fasilitas umum dan rumah warga di 15 kabupaten dan kota di NTT. Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 20 Mei 2021, lebih dari 54 ribu keluarga terpaksa mengungsi. Sampai saat ini dampak bencana belum juga pulih, sehingga membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Para penduduk yang tertimpa bencana di NTT tersebut sampai saat ini harus tinggal di gubuk-gubuk, tenda-tenda maupun menumpang rumah kerabat. Mereka harus berjuang hidup dengan fasilitas yang sangat terbatas. Habitat for Humanity Indonesia berusaha meringankan beban mereka dengan membangun hunian layak. Upaya ini dilakukan dengan menggelar Konser Amal bertajuk “NTT adalah Kita”.

Susanto Samsudin, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia
“Rumah merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki pascabencana karena digunakan sebagai tempat berlindung dan pemulihan kondisi. Apalagi di masa pandemi, rumah sangat penting agar masyarakat terhindar dari paparan virus. Kita diajak untuk turut merasakan apa yang mereka rasakan. Dampak positif bisa terwujud bagi keluarga-keluarga penyintas bencana di NTT jika kita semua bersama-sama mengambil bagian. Didorong semangat persatuan sebagai satu bangsa dan saudara di Indonesia, Habitat Indonesia ingin mengajak lebih banyak orang. Kita bahkan bisa ikut berperan membantu mereka dengan menggunakan teknologi yang ada bahkan hanya dari rumah saja,” ucap Susanto Samsudin, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia.

Baca juga: DANA dan Habitat Berkolaborasi Sediakan Tempat Singgah Pejuang Medis

Semangat Habitat for Humanity Indonesia bersama para mitra mereka untuk membangun rumah tersebut sangat diapresiasi pemerintah daerah Kupang. Hal ini disampaikan oleh Krispianus Patmawan, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kupang. Menurutnya rumah yang layak sangat penting bagi setiap keluarga untuk berteduh, berlindung dan membangun hubungan sosial.

Krispianus Patmawan, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kupang

“Atas nama Kabupaten. Kupang kami terus berupaya bersama pemerintah provinsi dan pemerintah pusat termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat,” ucap Krispianus Patmawan.

Konser “NTT adalah Kita”

Konser “NTT adalah Kita” digelar dengan menggandeng Ananda Sukarlan dan beberapa musisi muda asal NTT. Tujuan konser amal ini adalah untuk menggugah masyarakat untuk turut serta mendukung pemulihan kembali NTT pascabencana. Penyelenggaraan konser dilangsungkan pada 6 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB di Vidio.com. Jika terlewat, masih bisa menyaksikan kembali di loket.com selama periode 7-15 Agustus 2021. 

“Seniman sangat dekat dengan masyarakat baik suka maupun duka. Kami berharap melalui musik dan karya dalam konser ini, kami bisa membantu saudara-saudara kami di NTT. Upaya ini kami lakukan dengan mengajak kita semua berkontribusi membangun rumah layak bagi mereka,” ucap Ananda Sukarlan.

Ananda Sukarlan

Hasil penggalangan dana dari konser amal ini akan disalurkan melalui Habitat Indonesia. Dana tersebut akan dimanfaatkan membangun rumah yang layak bagi keluarga penyintas bencana. Lokasi pembangunan tersebut di Kelurahan Oeasap dan Kelurahan Naibonat, Kabupaten Kupang NTT.

Baca juga: DANA dan KitaBisa Berkolaborasi Bangkitkan Dermawan Digital

“Melihat kondisi keluarga-keluarga penyintas bencana di NTT yang sempat terlupakan dan belum membaik, saya merasa sedih. Apalagi teman-teman di sana sering menghubungi saya untuk meminta bantuan. Sejalan dengan kecintaan saya terhadap instrumen musik NTT, konser ini adalah sesuatu yang tepat untuk saya ikuti. Saya berharap konser amal mengumpulkan banyak dana dari tangan-tangan orang baik sehingga banyak keluarga-keluarga penyintas bencana memperoleh hunian layak. Mari kita dukung NTT agar dapat bangkit kembali, karena NTT adalah Kita,” ucap Ganzer Lana, musisi asal Rote Ndao yang ikut berpartispasi dalam konser amal.

Masyarakat bisa memberi dukungan dengan bergabung di acara Konser Amal “NTT adalah Kita” secara virtual. Acara ini dapat ditelusuri pada media sosial habitat di @habitat_id maupun website Habitat di habitatindonesia.org. Para dermawan dapat menyatakan kepeduliannya dengan berdonasi melalui saluran donasi yang akan disediakan pada acara tersebut.

Kolaborasi Habitat Indonesia dan DANA

Penggalangan dana untuk NTT sudah dilakukan sejak bulan Juni secara online dengan memanfaatkan metode pembayaran nontunai. Upaya ini dilakukan Habitat Indonesia dengan menggandeng dompet digital DANA sebagai  mitra pembayaran digital. Kolaborasi ini dilakukan untuk memudahkan seluruh kalangan masyarakat dalam berdonasi. 

“Kami sadar betul bahwa donasi yang dikumpulkan akan lebih optimal apabila digarap secara daring. Teknologi dan jangkauan yang dimiliki DANA, kami dapat membantu mempercepat dan memudahkan metode pengumpulan donasi secara digital..Metode ini terintegrasi langsung dengan Kitabisa.com. Kami juga mengomunikasikannya melalui berbagai aset komunikasi yang kami miliki. Besar harapan kami, donasi yang terkumpul ini dapat membangkitkan kembali NTT sekarang dan di masa yang akan datang,” ucap Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA

Hal senada untuk membangkitkan kembali NTT juga diungkapkan oleh Marisa Thara Whardhani, Head of Brand Partnership Kitabisa.com. “Inisiatif Habitat for Humanity dan DANA selaras dengan misi kami dalam memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan semangat kebaikan. Semoga sinergi banyak pihak dalam donasi NTT Bangkit dapat menghasilkan dampak positif bagi masyarakat,” ucap Marisa.

Baca juga: Ajak Masyarakat Berpartispasi Lawan Covid-19, Ini Langkah Berdonasi via DANA

Sampai saat ini masih tersedia kesempatan untuk berdonasi secara online melalui dompet digital DANA. Caranya dengan membuka aplikasi DANA dan masuk ke menu Charity untuk mengakses DANA Donasi. Lalu akan ada banner NTT Bangkit untuk menemukan informasi dan berdonasi sesuai nominal yang diinginkan. Informasi lebih lanjut untuk berdonasi bisa dilihat melalui tautan ini.

Share:

Artikel Terkini