Acer Smart School Awards 2021 Sediakan Hadiah Senilai Ratusan Juta Acer Smart School Awards 2021 Sediakan Hadiah Senilai Ratusan Juta ~ Teknogav.com

Acer Smart School Awards 2021 Sediakan Hadiah Senilai Ratusan Juta


Teknogav.com – Acer Smart School Awards 2021 merupakan penghargaan yang diselenggarakan untuk mengapresiasi sekolah dan para pendidik yang berhasil melakukan digitalisasi pendidikan. Penghargaan berskala nasional ini diadakan oleh Acer dan didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristek). Upaya tersebut dilakukan Acer sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung dunia pendidikan di Indnonesia.

Pendaftaran Acer Smart School Awards 2021 berlangsung selama periode 12 Agustus 2021 sampai 14 September 2021. Program ini terbuka untuk empat kategori pendidikan. Keempat kategori tersebut adalah SD, SMP, SMA dan SMK di seluruh Indonesia. 

Baca juga: Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar

cara ikut serta kompetisi

Penilaian peserta dilakukan berdasarkan beberapa kriteria utama berikut ini:

  • kepemimpinan 
  • kurikulum dan sumber daya pembelajaran
  • manajemen dan aturan operasional
  • guru dan pengajaran
  • siswa atau siswi dan orang tua
  • evaluasi dan pengembangan kemampuan sisawa
Berikut ini adalah para dewan juri yang melakukan penilaian tersebut:
  • Prof. Ir Ricardus Eko Indrajit, Ketua Dewan Juri, Direktur PB PGRI SLCC
  • Prof. Unifah Rosyidi, Ketua Umum PB PGRI
  • Dr. Benson Soong, Founder dan Director of Jelajah Ilmu
  • Francisca Maya, Head of Marketing Acer Indonesia
  • Rudijanto, Vice Operational President PT. Intan Pariwara

Penghargaan akan diberikan bagi mereka yang berhasil memicu transformasi teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Peserta berkesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelatihan bagi kelas percontohan digital, laptop dan uang tunai. Total hadiah yang disediakan Acer pada penghargaan ini nilainya lebih dari Rp500 juta. Pengumuman pemenang akan digelar pada 15 Desember 2021.
Tiga kategori pemenang ditentukan dalam masing-masing jenjang sekolah, yaitu:

  • Smart School of The Year, dengan hadiah berupa kelas digital yang nilainya sampai Rp100 juta.
  • Guru Kreatif, dengan hadiah berupa laptop dan uang tunai yang totalnya senilai Rp10 juta
  • Kepala sekolah Inspiratif, dengan hadiah mencakup laptop dan uang tunai dengan nilia total Rp25 juta.
Baca juga: AWS Bersinergi dengan Ekosistem Lokal Hadirkan Program Edukasi dan Pemberdayaan

Tujuan Penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021

Seiring berjalannya evolusi pendidikan menjadi Education 5.0, dunia pendidikan mengalami banyak tantangan. Acer berusaha menjadi bagian untuk membantu proses transformasi dunia pendidikan di Indonesia. Upaya ini dilakukan agar dunia pendidikan dapat mencapai standar pengajaran yang makin berkualitas berbasis teknologi. Acer Smart School Awards 2021 merupakan bagian dari upaya tersebut. Sekolah-sekolah di Indonesia diharapkan dapat terinspirasi dan terpicu untuk aktif dalam persiapan menghadapi era edukasi 5.0 melalui program ini. Transformasi pembelajaran digital merupakan sarana untuk mempersiapkan sekolah menghadapi era edukasi 5.0.

Herbert Ang, President Director Acer Indonesia
“Acer menyadari bahwa kebutuhan teknologi dalam dunia pendidikan makin pesat di era serba digital ini.  Edukasi teknologi dan penerapannya sangat diperlukan bagi sekolah dan para pendidik agar mereka dapat makin adaptif. Mereka juga sekaligus menjadikan teknologi sebagai media untuk berkomunikasi, mengajar, dan membimbing siswa. Acer ingin menjadi enabler yang dapat membantu mempercepat sekaligus memperluas implementasi teknologi di dunia pendidikan. Upaya ini dilakukan melalui Acer Smart School Awards 2021,” ucap Herbet Ang, President Director Acer Indonesia. 

Harapannya Acer Smart School Awards 2021 bisa menjadi wadah pembinaan sekolah-sekolah yang akan menerapakan transformasi digital. Sekolah-sekolah dapat ikut serta program ini dengan mendaftar dan melalui serangkaian proses. Setelah melakukan pendaftaran, akan dilakukan self-assesment, pembekalan dari para mentor berpengalaman sampai periode pendampingan dan penerapan transformasi. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah terciptanya sekolah-sekolah tangguh yang siap menghadapi masa depan dunia yang lebih canggih.

jadwal kegiatan Acer Smart School Awards 2021

Pihak-pihak Pendukung Acer Smart School Awards 2021

Selain mendapat dukungan dari Kemendikbud Riste, Acer Smart School Awards 2021 juga didukung oleh berbagai pihak, yaitu:

  • Intel
  • Microsoft
  • Jelajah Ilmu yaitu solusi pengajaran komprehensif yang diadaptasi untuk kurikulum Indonesia
  • Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)
  • Penerbit Intan Pariwara

Baca juga: Acer for Education, Solusi Pendidikan Menyeluruh dengan LMS Berstandar Internasional

Acer Smart School Awards 2021 juga merupakan bentuk partisipasi Acer dalam mendukung program Merdeka Belajar yang digagas Kemendikbud Ristek. Salah satu tujuan dari program tersebut adalah agar sumber ilmu yang dilihat tak sebatas di ruang kelas. Ilmu tetap bisa digali di luar kelas, seperti online, internet, perpustakaan dan lingkungan sekitar.

“Pada tahun 2021 ini, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melanjutkan program Merdeka Belajar. Tujuannya untuk memastikan anak-anak bersekolah, mendapatkan pendidikan berkualitas, dan adanya keadilan sosial atau pemerataan dalam mendapatkan akses pendidikan berkualitas tersebut. Semoga usaha Acer melalui Acer Smart School Awards 2021 dapat sukses membantu menciptakan Era Edukasi 5.0 di Indonesia,” ucap Dr. Jumeri STP, MSi, Dirjen PAUD dan Dikdasmen Kemendikbud Ristek.

Informasi lebih lanjut mengenai cara berpartisipasi, jadwal kegiatan, persyaratan dan ketentuan Acer Smart School Awards 2021 dapat dilihat melalui https://www.acerforeducation.id/schoolawards/.

Share:

Artikel Terkini