Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar ~ Teknogav.com

Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar


Teknogav.com – Cakap Teacher Academy merupakan program pelatihan mengajar melalui platform online. Program ini diluncurkan oleh Cakap yang merupakan platform pembelajaran online di Indonesia. Pelatihan bersertifikat ini diselenggarakan agar dapat meningkatkan kompetensi guru bahasa Inggris dalam pembelajaran digital. Harapannya para pengajar juga bisa mengembangkan diri dan karir di ekosistem Cakap.

Ketika pandemi melanda, banyak kegiatan beralih dari offline ke online, termasuk kegiatan belajar mengajar yang beralih ke ranah online. Hal ini menyebabkan kemampuan mengajar dalam pembelajaran digital berperan krusial dalam pengembangan pendidikan. Cakap Teacher Academy merupakan program beasiswa yang ditujukan bagi seluruh masyarakat yang memiliki minat mengajar.

 Baca juga: Lenovo dan Zenius Gelar Kompetisi Video Berhadiah Laptop bagi Guru

Tujuan program Cakap Teacher Academy adalah untuk memberdayakan guru agar dapat berperan dalam mengembangkan SDM di Indonesia. Progam ini diawali dengan pelatihan pengajaran bahasa Inggris. Ke depannya Cakap berencana untuk mengembangkan pelatihan mengajar ke berbagai topik pembelajaran lain.

Tomy Yunus, CEO dan Co-Founder Cakap

“Kami melihat betapa pentingnya kemampuan bahasa asing sebagai paspor untuk menjadi masyarakat global dalam menghadapi dunia yang makin digital. Dan kami percaya bahwa utamanya prinsip dari perbaikan pendidikan di Indonesia harus dilakukan secara menyeluruh, baik bagi murid maupun pengajar. Cakap hadir membawa program Cakap Teacher Academy sebagai solusi percepatan kompetensi pengajar bahasa Inggris dengan pembelajaran digital, ” ucap Tomy Yunus, CEO dan Co-Founder Cakap.

Baca juga: Sambut Hari Guru Nasional, TikTok Gandeng IGI Dukung Pendidikan Indonesia

Peningkatan Kompetensi Pengajar melalui Cakap Teacher Academy

Cakap memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi murid dan pengajar. Selama ini, Cakap telah berhasil memberdayakan sekitar 1,5 juta murid dan lebih dari 1.000 pengajar global dan lokal.  Pemberdayaan tersebut untuk berbagai topik pembelajaran. Para pengajar berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Tiongkok, Filipina, Taiwan, Jepang, Korea, Afrika Selatan dan lain-lain. Nantinya para pengajar tersebut akan menjadi instruktur untuk peserta Cakap Teacher Academy.

Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI

Sistem pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk dalam hal ketersediaan guru dan transisi ke pembelajaran digital. Jumlah guru di Indonesia hanya 2,7 juta, sangat terpaut jauh dengan jumlah murid yang mencapai 45,5 juta orang. Cakap Teacher Academy akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi guru.


Harapan agar Cakap Teacher Academy dapat mengasah kemampuan pengajar dalam pembelajaran digital pun disampaikan Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI. Billy juga merupakan CEO dari Yayasan Kitong Bisa yang bergerak di pendidikan informal.

Yoshua Yanottama, Senior Education Manager Cakap

“Sistem pembelajaran yang mutakhir akan menjadi kunci dari kurikulum pada program kami. Program ini akan membawakan dua kompetensi utama, yaitu teknik pengajaran komunikatif dan penggunaan teknologi melalui Cakap interactive self-paced learning. Kurikulum disusun berdasarkan pengalaman pembelajaran online Cakap selama lebih dari enam tahun dipadukan dengan praktik terbaik dalam pengajaran bahasa,” ucap Yoshua Yanottama, Senior Education Manager Cakap.

Penyusunan kurikulum tersebut diharapkan akan menjadikan program ini relevan, baik yang baru ingin mengajar maupun yang bepengalaman. Bagi yang sudah berpengalaman, mereka pun dapat ikut serta untuk memperbarui kemampuan mengajar.

Baca juga: Aplikasi Ibadahku Mengaji Gelar Pesantren Kilat Secara Online

Dampak Luas Program Cakap Teacher Academy

Harapannya Cakap Teacher Academy bisa meningkatkan skor Indonesia dalam Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2024. PISA merupakan penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan setiap tiga tahun untuk menguji kinerja akademis anak-anak sekolah berusia 15 tahun. Cakap Teacher Acedemy juga diharapkan dapat memberikan akses pelatihan untuk mendapat peluang pekerjaan dan dampak lebih luas lainnya.

Sertifikasi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) akan diberikan kepada peserta yang lulus program Cakap Teacher Academy. Lulusan tersebut juga berpeluang direkrut menjadi Mitra Cakap. Komunitas lokal juga berkesempatan mendapat penghasilan tiga kali lipat lebih tinggi dari rata-rata penghasilan guru.

Pelatihan bagi guru bahasa Inggris di program ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas pengajar bahasa Inggris. Masyarakat yang berkecimpung dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif pun makin mendapat akses belajar bahasa Inggris. Para guru lulusan Cakap Teacher Academy juga dapat memenuhi kebutuhan belajar bahasa Inggris para pelaku sektor pariwisata, termasuk pemandu wisata. Hal tersebut diungkapkan oleh Jemmy Alexander, S.E.,M.M.Par., Kepala Subdirektorat Edukasi II Direktorat Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Marissa Anita

Marissa Anita, aktris, jurnalis dan penggemar bahasa asing pun berbagi kisah mengenai minatnya terhadap bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Sebelum berkecimpung di dunia hiburan, Marissa berprofesi sebagai guru bahasa Inggris. Menurutnya jika banyak masyarakat Indonesia yang bisa berbahasa Inggris, maka makin banyak orang Indonesia yang dapat bersaing di kancah global. Harapannya Cakap Teacher Academy dapat membantu memberikan pelatihan-pelatihan mengajar online yang berguna bagi para pendidik, terutama selama pandemi.

“Semoga program Cakap Teacher Academy dapat membantu meningkatkan kualitas pengajar di seluruh Indonesia secara merata. Ini PR banyak pihak, tapi saya senang mendengar Cakap menjadi bagian dari gerakan yang sangat baik dan mulia ini. Saya yakin ketika generasi muda mendapat ilmu dari pengajar berkualitas, maka mereka akan menjadi individu yang berkualitas juga. Mereka dapat membuat keputusan-keputusan bijak yang berdampak baik bagi diri dan sekitarnya,” ucap Marissa.

proses rekrutment pertama

Cakap membuka pendaftaran Cakap Teacher Academy pada 17 Agustus 2021 sambil merayakan kemerdekaan Indonesia. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan ini. Angkatan pertama akan dibimbing, dilatih dan disertifikasi pada bulan Oktober 2021. Program ini akan diselenggarakan secara bekelanjutan dengan proses rekrutmen yang seiring dengan proses pendaftaran angkatan baru.

Share:

Artikel Terkini