Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Jembatani Kesenjangan Digital Bangsa Indonesia Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Jembatani Kesenjangan Digital Bangsa Indonesia ~ Teknogav.com

Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Jembatani Kesenjangan Digital Bangsa Indonesia


Teknogav.com – SES meluncurkan konstelasi satelit O3b mPower generasi berikutnya di Indonesia untuk mewujudkan konektivitas yang luas bagi kalangan bisnis dan konsumer. Konstelasi satelit tersebut dapat menyajikan jaringan broadband berkecepatan tinggi dan latensi rendah melalui satelit di Medium Earth Orbit (MEO). Konstelasi satelit O3b mPOWER ini dikembangkan sebagai penerus keberhasilan konstelasi SES O3b.

Pandemi COVID-19 memicu tingginya kebutuhan bekerja dari rumah dan penyelenggaraan model belajar mengajar secara online. Hal ini menghadirkan tantangan tersendiri dan memperbesar kesenjangan konektivitas di pelosok Indonesia. Peningkatan kebutuhan internet juga menimbulkan masalah pada infrastruktur jaringan yang ada, sehingga upaya meningkatkan resiliensi jaringan makin penting.

Baca juga: Nex Parabola Siarkan Liga Champion dan Liga Eropa via SES-9

“Keberadaan satelit menyempurnakan bangunan jaringan berbasis terestrial, fiber broadband, dan cable links yang sudah ada. Hal ini mengingat sifat jangkauan satelit yang luas dan memungkinkan untuk diimplementasikan dengan cepat. Kehadiran satelit mampu menghadirkan konektivitas hingga ke mil-mil terakhir di wilayah-wilayah pelosok, meningkatkan resiliensi dan keandalan jaringan. Ini menjadi krusial, terlebih dengan komitmen bangsa dalam menghadirkan dukungan konektivitas terbaik di tengah makin sengitnya percaturan perekonomian digital. Kami merasa terhormat dan bangga bisa memperkenalkan solusi konektivitas konten berbasis satelit di Indonesia,” ucap Harsh Verma, Sales Director, Asia for Fixed Data, SES. 

Konstelasi Satelit O3b

Sejak tahun 2014, konstelasi SES O3b menyajikan konektivitas internet broadband berkecepatan tinggi dan latensi rendah bagi pelanggan. Penyelenggaraan jaringan 3G dan 4G didukung konstelasi O3b di Asia Pasifik, bahkan sampai ke negara-negara seperti Cook Island, Pakistan dan Timor Leste. Lebih dari 50 negara telah menggunakan jaringan yang disajikan oleh konstelasi SES O3b.

Berikut ini adalah keandalan dari konstelasi satelit O3b MEO:

  • Konektivitas data berkinerja tinggi di mana saja
  • Konstelasi 20 satelit
  • Orbit MEO dengan latensi rendah (latensi lebih rendah 75% dibandingkan GEO)
  • Enkripsi data yang aman dan links yang terdedikasi
  • Dapat diandalkan, dan layanannya sudah terbukti sejak tahun 2021
  • Tersertifikasi cloud oleh IBM Direct Kink dan Microsoft Azure Express Route

Lembaga penelitian global di bidang satelit, Northern Sky Research (NRS) mengungkapkan pentingnya satelit komunikasi untuk mewujudkan konektivitas yang luas. Krusialnya peran teknologi-teknologi satelit dan ruang angkasa dalam mendukung pemerataan digital bangsa pun ditekankan oleh SES. Berbagai program ruang angkasa Indonesia di masa depan nantinya juga akan didukung teknologi satelit dan luar angkasa ini.

Saat ini di Indonesia baru sekitar 73,7% masyarakat Indonesia yang bisa mengakses internet. SES bersama Teleglobal berkomitmen untuk terus mendukung upaya mengurangi kesenjangan digital  dan mempercepat perwujudan inisiatif pemerintah untuk memperkuat pembangunan broadband. Komitmen ini juga dalah hal menyajikan layanan digital esensial bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

dua gateway di Indonesia

SES telah membangun dua gateways di wilayah Indonesia yang terletak di Cikarang dan Jakarta. Kapasitas gateway ini berkali-kali lipat dalam satuan Gbps berkat peluncuran SES-12 . Tujuan pembangunan gateway ini adalah untuk mempercepat inklusivitas digital di Indonesia. Selain itu juga dalam menyelesaikan proyek-proyek BAKTI yang memenuhi kebutuhan konektivitas sampai pelosok pedesaan.

Baca juga: Kemkominfo dan PSN Berkolaborasi Persiapkan SATRIA Sediakan Koneksi Broadband Nasional

Layanan tersebut berhasil mendukung konektivitas 1.114 terminal jarak jauh ke jaringan dan menghadirkan akses internet dengan koneksi 3G sampai Wi-Fi. Akses internet tersebut ditujukan bagi sekolah-sekolah, rumah sakit-rumah sakit, dan lembaga-lembaga pemerintahan setempat di wilayah pedesaan Indonesia.

Konstelasi Satelit O3b mPOWER next-gen

Bandwidth yang dihasilkan konstelasi satelit O3b mPOWER next-gen jauh lebih tinggi di masing-masing satelit O3b. Hal ini meningkatkan skalabilitas satelit dalam memancarkan throughput dari satuan megabit sampai berkali-kali lipat Gigabits. Jika dipadukan dengan multiple spot beams maka dapat menjangkau sampai 100% wilayah Indonesia.

Baca juga: Jalur Telekomunikasi Palapa Ring Barat Kembali Pulih Setelah Sempat Terputus 

Tingkat agility pada spot beams yang terautomasi secara virtual dan bisa disetir ini lebih tinggi. Tingginya tingkat agility tersebut memungkinkan pelanggan melakukan koneksi dari berbagai lokasi secara virtual di darat, laut dan udara. Posisi konstelasi satelit berada di jalur MEO 8.000 km di atas permukaan bumi sehingga menjamin konektivitas dengan tingkat latensi rendah. Kualitas koneksi yang dihadirkan konstelasi satelit ini setara dengan kualitas yang dihadirkan serat optik. Jangkauan sampai ke seluruh wilayah global secara virtual dapat dihasilkan hanya dengan enam satelit saja.


Kehadiran konstelasi satelit baru ini akan mendukung dan memenuhi kebutuhan sektor publik dalam mewujudkan komitmen bagi masyarakat. Komitmen tersebut adalah untuk pembangunan dan pemerataan infrastruktur digital, serta pertumbuhan ekonomi digital. Upaya tersebut selaras dengan visi Indonesia 4.0 yaitu menjadi negara maju berbasis penelitian dan inovasi. Visi tersebut juga termasuk dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi digital dunia di tahun 2045.

jadwal deployment konstelasi satelit O3b mPOWER

Desember 2021 ini, SES akan meluncurkan tiga satelit O3b mPOWER pada tahap pertama. Kemudian peluncuran tiga satelit berikut dilakuan pada awal tahun 2022. Harapannya konstelasi ini siap beroperasi penuh untuk menghadirkan jangkauan global di kuartal ketiga tahun 2022.

Share:

Artikel Terkini