Zipmex Terima Pendanaan Seri B dan Perkenalkan Zipmex Card Zipmex Terima Pendanaan Seri B dan Perkenalkan Zipmex Card ~ Teknogav.com

Zipmex Terima Pendanaan Seri B dan Perkenalkan Zipmex Card

Image by Sulayman Sanyang from Pixabay
Teknogav.com - Zipmex merupakan platform jual beli aset digital di Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 2018. Saat ini Zipmex telah aktif beroperasi di empat negara, yaitu Singapura, Thailand, Indonesia dan Singapura. Indonesia merupakan salah satu basis investor terbesar Zipmex, di mana Zipmex beroperasi sesuai regulasi Bappebti. Ekosistem Zipmex menyediakan berbagai produk yang mencakup ZupUp, ZipLock, ZipWorld, Z Launch dan Zipmex Card. Zipmex senantiasa berinovasi, apalagi telah berhasil mendapat pendanaan Seri B.

Baca juga: Tokocrypto, Bursa Aset Kripto di Indonesia Raih Pendanaan dari Binance

Investor Pendanaan Seri B

Beberapa investor yang ikut serta dalam pendanaan seri B ini adalah Krungsri Finnovate, Plan B Media dan Master Ad (MACO). Krungsri Finnovate Company Limited adalah modal ventura korporasi yang merupakan anak perusahaan Bank of Ayudha PCL Bank tersebut merupakan bagian dari Mitsubishi UFC Financial Group (MUFG). Sedangkan Plan B Media dan MACO merupakan perusahaan multimedia Thailand yang telah terdaftar di bursa. Spesialisasi Pllan B Media adalah out-of home media dan engagement marketing, sementara MACO di bidang papan reklame dan furnitur jalanan.

“Komitmen dari Krungsri Finnovate ini merupakan suatu langkah yang bermakna besar bagi kami. Pendanaan ini menunjukkan keberhasilan dari model bisnis dan pendekatan yang kami terapkan untuk berinovasi. Selain itu juga menunjukkan bahwa aset digital berpotensi menjadi bagian utama dari gaya hidup kita. Sinergi aset digital dan perbankan tradisional dapat menciptakan dan menghadirkan pengalaman baru yang lebih inovatif dari sekadar menggunakan mata uang fiat,” ucap Marcus Lim, CEO dan Co-founder Zipmex.

Sam Tanskul, Managing Director Krungsri Finnovate dan Marcus Lim, CEO dan Co-Founder Zipmex

Ini pertama kalinya bank terkemuka dan perusahaan media multinasional di Asia Tenggara berinvestasi secara terbuka di platform aset digital. Sinergi antara bursa aset kripto dengan perusahaan-perusahaan publik di industri multimedia terlihat pada pendanaan tersebut. Kondisi ini juga menunjukkan makin tingginya tingkat kepercayaan institusi terhadap aset digital yang makin tren di dunia keuangan.

MindWorks Capital yang berbasis di Hong Kong juga kembali bergabung dengan Jump Capital yang berbasis di Amerika Serikat. Pada Januari 2021, Jump Capital mempimpin putara pendanaan Seri A dalam penandatanganan investasi tersebut. Dana yang akan dikucurkan pada Seri B ini adalah senilai USD41 juta.

Dukungan Krungsri Finnovate bagi Start Up

Krungsri Finnovate juga berpartispasi dalam pendanaan seri A untuk sejumlah perusahaan rintisan dari berbagai bidang fintech. Perusahaan-perusahaan rintisan tersebut mencakup perusahaan blockchain, pinjaman, e-commerce, insurtech dan pengiriman uang yang secara strategis terkait dengan bisnis Krungsri. Hal ini karena teknologi dan inovasi keuangan di berbagai hal sangat dipentingkan oleh Krungsri. Portofolio perusahaan-perusahaan rintisan tersebut mencakup Flash Express, Finnomena, Grab dan Synqa. 

Baca juga: Pemaksimalan Potensi Aset Kripto di Indonesia Perlu Edukasi Publik 

“Kami percaya bahwa teknologi dan inovasi merupakan pendorong lahirnya berbagai solusi. Fokus solusi tersebut adalah tantangan dan peluang di bidang ekonomi dan kebutuhan masyarakat. Hal ini demi mewujudkan visi negara di masa depan,” ucap Sam Tanskul, Managing Director di Krungsri Finnovate.

Tujuan Pendanaan Seri B

Investasi Krungsri pada pendanaan Seri B membuka peluang bagi Bank of Ayudhya untuk makin berkontribusi dan mendalami bidang aset kripto. Peluang ini memungkinkan Bank of Ayudhya membangun ekosistem yang kuat untuk menghadirkan solusi tepat dalam menjawab kebutuhan pelanggan yang berubah.Investasi dan kemitraan Kungsri dan Zipmex menegaskan keyakinan Kungsri bahwa Zipmex akan berperan penting dalam mendukung pembangunan di Asia Pasifik.

Rencananya Zipmex akan menggunakan pendanaan yang diterima untuk mengembangkan berbagai produk dalam ekosistem Zipmex dan berbagai layanan untuk Indonesia. Pendanaan yang diberikan Kungsri kepada Zipmex merupakan dukungan penuh Krungsri terhadap pengembangan dan inovasi keuangan melalui berbagai sarana teknologi. Apalagi Kungsri merupakan bagian dari MUFG yang mampu menyediakan seluruh sinergi yang dibutuhkan Zipmex untuk menghadirkan manfaat. Zipmex dapat menjangkau jutaan pelanggan di seluruh Asia Pasifik secara efektif berkat pendanaan dan kemitraan baru tersebut.

Ekosistem Zipmex

Pengguna Zipmex dapat berinvestasi di ekosistem Zipmex pada berbagai produk menggunakan token native Zipmex, yaitu Zipmex ZMT (Zipmex Token). Produk investasi Zipmex mencakup ZipUp, yaitu rekening yang fleksibel untuk bisa diakses dan ditarik kapan saja layaknya tabungan. Jika ingin menyimpan investasi dengan mengunci selama periode tertentu dengan mendapatkan imbal hasil lebih tinggi bisa menggunakan ZipLock. Kedua produk tersebut tidak memiliki persyaratan minimum nominal.

Zipmex juga akan meluncurkan  Zipmex Card, kartu pembayaran yang didukung visa pada akhir tahun ini. Fasilitas ini memungkinkan untuk membayar dengan aset kripto yang dimiliki di lebih dari 70 merchant dari jaringan pembayaran global visa.

Baca juga: Proyek Kripto Indonesia Pertama, Toko Token (TKO) Resmi Diluncurkan Tokocrypto

Di Thailang, Zipmex juga sudah meluncurkan ZipWorld versi beta yang juga akan segera hadir di Indonesia. ZipWorld memungkinkan pengguna untuk menikmati produk lifestyle eksklusif dengan pengalaman unik menggunakan ZMT. Rencanananya Zipmex juga akan mengintegrasikan ZipWorld dengan ruang non-fungible token (NFT) yang sedang tren saat ini. Selain itu akan hadir Z Launch, platform yang menyediakan akses investasi ebih awal ke berbagai proyek token baru.

Tentu saja sebelum meluncurkan produk, Zipmex memastikan badan regulasi di setiap negara sudah menyetujui atau terlebih dahulu memberikan izin.

Share:

Artikel Terkini