ASUS ROG Strix SCAR, Laptop Gaming Sang Juara ASUS ROG Strix SCAR, Laptop Gaming Sang Juara ~ Teknogav.com

ASUS ROG Strix SCAR, Laptop Gaming Sang Juara

Teknogav.com - ROG Strix SCAR terkini merupakan laptop gaming tangguh yang dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 5000 Series. Laptop gaming ini diluncurkan bulan lalu bersama dengan beberapa laptop ROG lain di ajang “ROG Born Champion”. ROG Strix SCAR bersama dengan ROG Strix G mengusung slogan #BornToWin, karena memang diperuntukkan bagi gamer untuk memenangkan permainan. Ketangguhan grafis ROG Strix SCAR ini diperkuat dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series tercanggih. Nah, mari simak fitur-fitur lengkapnya.

Laptop gaming ROG Strix sendiri dikenal memiliki kinerja tinggi dan konsisten ketika digunakan dalam bermain game. Berbagai fitur-fitur khusus menyertai ketanggguhan laptop ini untuk menunjang kegiatan bermain game. Fitur-fitur tersebut mencakup layar dengan refresh rate  tinggi dan responsif, sistem pendingin canggih dan keyboard yang dirancang khusus untuk gaming

Baca juga: ROG Strix G Series Dukung Gamer Jadi Juara, Ini Spesifikasinya!

Spesifikasi yang tinggi dari ROG Strix SCAR siap menjadi andalan para gamer untuk menjadi juara di setiap game. Kemenangan ini bisa diraih saat bertanding dalam pertarungan game multiplayer kompetitif dan juga sesi bermain game single-player. ROG Strix SCAR ini ditujukan bagi gamer yang juga mengutamakan fesyen dan bagi yang mencari produktivitas.

Kinerja ROG Strix SCAR

ROG Strix SCAR tersedia dalam dua pilihan prosesor, yaitu AMD Ryzen 9 5900HX dan AMD Ryzen 7 5800H. Masing-masing prosesor tersebut memiliki kecepatan clock dasar 3,3 GHz dan 3,2 GHz. Tentu saja kecepatan kedua prosesor tersebut bisa di-boost, masing-masing menjadi 4,6 GHz dan 4,4 GHz.

Kedua prosesor tersebut merupakan anggota keluarga AMD Ryzen 5000 Mobile Series yang diproduksi dengan metode 7 nm. Arsitektur prosesor tersebut menggunakan Zen 3 yang menyajikan kinerja tertinggi di kelasnya dan menyajikan daya tahan baterai yang lebih awet. Kinerja prosesor ini didukung juga oleh RAM DDR4 3200 MHz yang kapasitasnya sampai 32 GB.

Baca juga: ROG Flow X13, Laptop Ultrathin Convertible Canggih dan Ringan

Dari sisi grafis, ROG Strix menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series dengan pilihan sampai NVIDIA GeForce RTX 3080. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kinerja kartu grafis ini mengalami peningkatkan  yang signifikan. Berbagai teknologi grafis terkini pun menyertai kartu grafis ini, mulai dari real-time ray tracing sampai fitur eksklusif seperti NVIDIA DLSS. Perpaduan prosesor dan kartu grafis canggih ini tentunya akan memaksimalkan pengalaman bermain game.

Layar  dan Audio ROG Strix SCAR

ROG Strix SCAR 15 memiliki layar berukuran 15,6 inci, sedangkan ROG Strix SCAR memiliki layar berukuran 17,3 inci. Bezel pada layar lebih tipis sehingga layar terasa lebih lapang dan bodi laptop tetap ringkas. Ketebalan bezel ini hanya 4,5 mm sehingga rasio layar-ke-bodi sampai 85%. Kedua varian tersebut memiliki layar dengan teknologi IPS dengan resolusi FHD atau 1920 x 1080 piksel. 

Saat bermain game, tampilan tampak mulus berkat refresh rate 300 Hz, waktu respon 3 milidetik dan teknologi Adaptive Sync. Warna pun terlihat tajam dan alami dengan reproduksi warna sampai 100% sRGB dan jelas berkat teknologi Anti-Glare.

Sistem audio pada ROG Strix SCAR didukung oleh empat speaker yang didukung teknologi Dolby Atmos. Empat speaker ini terdiri dari dua tweeter dan dua woofer. Teknologi Dolby Atmos pada speaker ini menghasilkan detail suara dan efek surround sound yang lebih baik. Ketika menggunakan laptop ini untuk berkomunikasi saat bermain game pun bisa lebih lancar berkat fitur Two-Way AI Noise-Cancellation. Fitur ini akan meredam kebisingan yang terdapat di sekitar pengguna.

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Dukung Kreativitas

Baterai dan Konektivitas

Sumber daya pada ROG Strix SCAR mengandalkan baterai dengan kapasitas lebih besar, yaitu 90 Whrs. Kapasitas daya tersebut sanggup memutar video sampai 12 jam. Baterai ini juga didukung teknologi pengisian daya cepat yang hanya membutuhkan waktu 30 menit dari kondisi kosong sampai setengah penuh.

Pengisian daya pun bisa dilakukan melalui port USB tipe-C berkat dukungan teknologi Power Delivery pada port tersebut. Kapabilitas ini membuat ROG Strix SCAR terasa lebih portabel karena bisa melakukan pengisian daya dengan adapter yang lebih ringkas.

Konektivitas nirkabel terkini sudah menyertai ROG Strix SCAR terkini, yaitu Wi-Fi 6 yang dapat memicu kecepatan dan efisiensi jaringan. Teknologi ini akan menyajikan koneksi internet lebih baik dalam ruang yang padat. Selain itu terdapat mekanisme TWT dan standar keamanan WPA3 untuk menikmati gaming. Fitur-fitur tersebut memungkinkan untuk menikmati gaming dengan baterai yang lebih awet dan keamanan nirkabel yang lebih baik.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Stylish yang Tangguh

Teknologi ROG RangeBoost akan melengkapi koneksi Wi-Fi 6 dengan memaksimalkan jangkauan. Algoritma RangeBoost yang unik akan mengevaluasi kekuatan sinyal dari empat antena internal dan memilih yang terbaik di lokasi tersebut. Hal ini akan meningkatkan jangkauan sampai 30%.

Keyboard dan Trackpad

Nuansa gaming pada ROG Strix SCAR lebih kental dengan keyboard optical mechanical dan fitur per-key RGB. Pada keyboard ini terdapat lima hotkey. Key travel pada keyboard pun lebih dalam, yaitu 1,9 mm dan sangat responsif. Selain itu tersedia juga trackpad dengan ukuran 85% lebih besar, sehingga tetap nyaman digunakan walau tanpa mouse.

Desain

Bodi ROG Strix SCAR terkini lebih ringkas jika dibandingkan generasi sebelumnya. Pada bagian sudut depan dan di bawah layar terdapat RGB lightbar yang terlihat futuristik. Selain itu tersedia juga hinge caps yang bisa diganti-ganti layaknya peralatan olahraga profesional.

Pada permukaan di cover belakang layar terdapat logo ROG, bezel yang berkilau dan permukaan cermin dengan pola ROG. Permukaan laptop dilapisi dengan nano coating yang mencegah bekas sidik jari. Lapisan yang sangat tipis ini tidak mengubah permukaan metal oksida dan menjaga tekstur metalik seperti biasa.

ROG Strix SCAR 17

Desain pada ROG Strix SCAR ini juga terdapat pesan tersendiri, yaitu nama perancangnya dalam kode Morse. Selain itu terdapat juga alamat kantor pusat ASUS dalam kode Google Map Plus. Di sisi samping terdapat tahun ROG diciptakan pertama kali dalam angka Romawi.

Gamer bisa dengan mudah melakukan upgrade dengan membuka sekrup menggunakan obeng standar di bagian bawah sasis. Pada salah satu pojok di panel bawah terdapat pop open screw yang akan naik, sehingga mudah untuk melepasnya. Upgrade bisa dilakukan dengan mengganti RAM atau meningkatkan kapasitas SSD.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G15, Laptop Gaming Stylish dengan ErgoLift 180°

Desain ROG Strix SCAR Series ini up-to-date dengan tetap menghadirkan nuansa gaming yang kental. Nuansa gaming ini dihadirkan oleh fitur surrounded RGB lighting dan Keystone II. Pada ROG Strix SCAR, Keystone II ini hanya tersedia dalam warna merah dengan efek sinar yang unik. Selain itu tersedia juga tambahan desain berupa Customizable Armor Cap dan Translucent Keyboard Deck.

Sistem Pendingin

Model pendingin yang digunakan pada ROG Strix SCAR lebih hening jika dibandingkan pendahulunya. Sistem pendingin pada ROG Strix SCAR terdiri dari kipas Arc Flow, fitur self-cleaning cooling system dan liquid metal sebagai compound. Fitur-fitur tersebut siap menjaga suhu ROG Strix SCAR tetap dingin.

Seluruh model ROG Strix SCAR menggunakan enam pipa tembaga untuk menghantarkan panas. Bahan tembaga ini bisa menghantarkan panas 1,69 kali lebih cepat dibandingkan aluminium. Pembuangan panas dilakukan oleh empat heatsink, masing-masing dibatasi dengan sirip tembaga dengan ketebalan 0,1 mm. Sirip-sirip ini berukuran setengah dari solusi yang umum sehingga densitasnya lebih tinggi untuk meningkatkan permukaan pembuangan panas sampai 13%. Aliran udara pun lebih lancar.

Fitur Self-Cleaning Cooling 2.0 membantu kinerja pendinginan yang kuat dari waktu ke waktu. Desain yang ditingkatkan ini menghadirkan terwongan anti debu yang lebih baik sehingga memberikan ruang di sekitar kipas 5% lebih besar. Ruang ini akank meningkatkan aliran udara sampai 15%. Fitur ini mencegah debu yang menumpuk pada bilah kipas, sirip heatsink dan komponen-komponen pendingin lain sehingga menjamin kestabilan jangka panjang dan keandalan sistem.

Harga dan Ketersediaan

ROG Strix SCAR ini dibanderol dengan harga mulai Rp30 jutaan dan dapat dibeli di beberapa e-commerce berikut ini.

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR di Blibli
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR di Bhinneka
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR di Bukalapak
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR di Shopee

 


Spesifikasi ROG Strix SCAR 15/17 (G533 / G733)

CPU

AMD Ryzen™ 9 5900HX Processor 3.3 GHz (16MB Cache, up to 4.6 GHz)

AMD Ryzen™ 7 5800H Processor 3.2 GHz (16MB Cache, up to 4.4 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

2 x RAM DDR4 3200 MHz 8 GB

2 x RAM DDR4 3200 MHz 16 GB

Media Penyimpanan

1TB M.2 NVMe™ PCIe® SSD

2x1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Layar

15,6" (16:9) IPS-Level FHD (1920x1080), 100% sRGB, 300Hz, 3ms, Adaptive Sync, Anti-Glare

17,3" (16:9) IPS-Level FHD (1920x1080), 100% sRGB, 300Hz, 3ms, Adaptive Sync, Anti-Glare

Grafis

NVIDIA GeForce RTX 3080

NVIDIA GeForce RTX 3070

NVIDIA GeForce RTX 3060

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 3x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort, power delivery, 1x RJ45 LAN port

Kamera

ROG GC21 External Webcam, 1080p 60fps

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Audio by Dolby Atmos, AI mic noise-canceling, Built-in array microphone, 2x 4W speaker with Smart Amp Technology, 2x 2W tweeter

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

35.4 x 25.9 x 2.26 ~ 2.72 cm (G533)

39.5 x 28.2 x 2.34 ~ 2.83 cm (G733)

Bobot

2,3 Kg (G533)

2.7 Kg (G733)

Warna

Black Metal

Harga

Rp30.999.000 (SCAR 15 / Ryzen 7 / RTX 3060 / 1TB SSD / 2x8GB RAM)

Rp40.999.000 (SCAR 15 / Ryzen 9 / RTX 3070 / 1TB SSD / 2x16GB RAM)

Rp41.999.000 (SCAR 17 / Ryzen 9 / RTX 3070 / 1TB SSD / 2x16GB RAM)

Rp60.999.000 (SCAR 15 / Ryzen 9 / RTX 3080 / 2x1TB SSD / 2x16GB RAM)

Rp61.999.000 (SCAR 17 / Ryzen 9 / RTX 3080 / 2x1TB SSD / 2x16GB RAM)

Garansi

2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email