Tips Belajar Bahasa Inggris yang Santai, bahkan Bisa Sambil Rebahan! Tips Belajar Bahasa Inggris yang Santai, bahkan Bisa Sambil Rebahan! ~ Teknogav.com

Tips Belajar Bahasa Inggris yang Santai, bahkan Bisa Sambil Rebahan!

Teknogav.com – Di era globalisasi, kemampuan Bahasa Inggris menjadi wajib, apalagi di tengah dinamisnya pertukaran informasi melalui media sosial dan aplikasi hiburan. Begitu banyak konten menarik disampaikan dalam Bahasa Inggris, seperti film, musik atau sekadar konten sederhana di media sosial. Penguasaan Bahasa Inggris membuat orang lebih memahami informasi terkini dan perkembangan berita di dunia. Hal ini akan meningkatkan peluang memperoleh pekerjaan dan rasa percaya diri.

Sayangnya sebagian besar masyarakat masih menganggap belajar Bahasa Inggris merupakan hal yang sulit, membosankan, menyita banyak waktu dan membuang-buang uang. Nyatanya belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan santai, bahkan sambil rebahan di rumah! Waktu senggang di rumah pun bisa diisi dengan hal bermanfaat dan seru. Berikut ini adalah empat tips cara belajar Bahasa Inggris di waktu senggang.

Santai mendengarkan musik

Setiap orang biasanya punya lagu favorit sendiri untuk menemani kegiatan sehari-hari, seperti saat berolahraga, rebahan, memasak dan lain-lain. Nah, sebaiknya perbanyak koleksi musik dengan lirik berbahasa Inggris di galeri playlist. Pilih lagu yang sesuai genre musik favorit agar lebih semangat mendengarkan.

Saat mendengarkan musik, fokus tak hanya pada irama yang mengalun, tetapi juga lirik lagu tersebut. Cobalah pahami lirik lagu tersebut, saat musik tersebut didengarkan, maka otomatis akan memperkaya kosakata dan cara pelafalannya. Ikutlah bernyanyi saat mendengarkan lagu sehingga memperlancar pengucapan Bahasa Inggris, bisa juga dengan karaoke menggunakan lagu-lagu tersebut.

Baca juga: Arylic, Audio Streamer Bagi Pehobi Home-Audio

Tonton film dan serial seru

Kegiatan menonton film dan serial selain menghibur juga dapat membantu belajar Bahasa Inggris. Pilihlah film yang disukai atau bisa juga menonton serial drama yang sedang hits agar tetap up to date. Atur subtitle film dengan Bahasa Inggris dan naikkan volume agar setiap dialog dapat terdengar dengan jelas. Ketika menonton film berbahasa Inggris, maka bisa belajar berbagai istilah umum yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Maksimalkan cara ini dengan menulis beberapa kosakata baru yang diperoleh dari film tersebut beserta artinya. Kemudian tonton ulang film yang sama tanpa subtitle atau terjemahan untuk membantu daya ingat. Bisa juga mengajak teman atau keluarga untuk nonton dan belajar bersama agar tak membosankan.

Baca juga: Tips Nikmati Hiburan dan Rekreasi Digital Selama Pandemi

Ngobrol dengan fitur live chat atau video conference sambil menambah teman baru

Bagi yang senang main game online atau menggunakan aplikasi live chat dapat memanfaatkan platform tersebut untuk memperlancar Bahasa Inggris. Bercakap-cakap langsung dengan orang asing akan meningkatkan rasa percaya diri ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu bisa menambah teman baru. Tak perlu malu atau takut salah, manfaatkan sarana ini sebagai ‘ujian praktik’ dari hasil belajar. Makin sering mendengar dan berbicara langsung dengan Bahasa Inggris, maka akan lebih terbiasa dan memahami pola kalimat percakapan sehari-hari.

Ikut kursus Bahasa Inggris

Jika membutuhkan materi pembelajaran yang lebih terstruktur, maka coba ikut kursus Bahasa Inggris. Pilih tempat kursus yang fleksibel dan menyenangkan, salah satunya adalah Englishnesia. Platform kursus online Bahasa Inggris cocok bagi yang ingin belajar dari nol secara terstruktur tapi tanpa terikat jadwal.

Seluruh kelas materi Grammar/TOEFL, Speaking, Listening, Reading dan Writing dapat diperoleh dalam satu web aplikasi di Englishnesia. Semua itu disusun secara sistematis berdasarkan penelitian mendalam. Proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur dan terarah dengan mengikuti kursus. Peserta pun dapat lebih mudah meraih objektif yang diharapkan.

Baca juga: Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar

“Jika melalui proses belajar yang tepat, maka tak sulit untuk belajar berbahasa Inggris. Komitmen dan tekad yang kuat untuk belajar juga merupakan poin penting, karena perlu praktik bekelanjutan dan mental untuk berani salah. Berbagai materi dikemas Englishnesia dengan seru dan bervariasi. Materi tersebut pun dapat diakses dengan mudah dari berbagai tempat dan setiap waktu, bahkan sambil rebahan di rumah," ucap Andri Miraza, Product Manager Englishnesia.

Englishnesia juga bekerja sama dengan ShopeePay mendorong semangat belajar Bahasa Inggris dengan menyediakan voucher cashback sampai 100%. Voucher tersebut berlaku selama periode ShopeePay Super Online Deals yang berlangsung tanggal 15-21 September.

Demikianlah empat tips seru untuk belajar Bahasa Inggris dengan mudah dari rumah. Konten dan informasi Englishnesia seputar Bahasa Inggris dapat dilihat pada laman https://www.englishnesia.id/ atau media sosial @englishnesia.id. Gunakan juga metode pembayaran ShopeePay yang praktis dan banyak cashbacknya.

Share:

Artikel Terkini