Yuk Lakukan 5 Cara Ini untuk Rayakan Bulan Gemar Membaca! Yuk Lakukan 5 Cara Ini untuk Rayakan Bulan Gemar Membaca! ~ Teknogav.com

Yuk Lakukan 5 Cara Ini untuk Rayakan Bulan Gemar Membaca!

Teknogav.com – Pemerintah menetapkan bulan September sebagai Bulan Gemar Membaca sejak tahun 1995 lalu. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kegiatan membaca masyarakat di seluruh Indonesia. Hasil survei Perpusnas tahun 2020 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan indeks kegemaran membaca Indonesia menjadi 55,74% yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan data di Peraturan Perpusnas No. 7 tahun 2020, jumlah perpustakaan di Indonesia pun telah mencapai 164.160.

Ada begitu banyak manfaat membaca buku, termasuk memperluas ilmu dan pengetahuan, memperkaya perbendaharaan kata dan mengasah kreativitas. Membaca buku ternyata juga bisa menurunkan risiko stres lho, selain itu juga meningkatkan daya ingat, serta melatih fokus dan konsentrasi. Jadi, yuk rajin-rajin membaca buku.

Baca juga: Smartfren Community dan GPMB Peringati Hari Buku Nasional dengan Webinar


Membaca bisa menjadi hobi yang menyenangkan, apalagi jika didukung serangkaian promo dari ShopeePay Super Online Deals. Kampanye promo tersebut berlangsung selama periode 15-21 September 2021. Promo yang ditawarkan mencakup cashback sampai 100%, Flash Sale Rp10 selama 15-18 September, sampai ShopeePay Deals Rp1 selama 19-21 September. Dijamin serangkaian promosi tersebut akan membuatmu terhanyut dalam buku.

Berikut ini adalah lima tips untuk meningkatkan semangat dan minat baca:

1.    Ciptakan suasana nyaman

Suasana yang nyaman merupakan kondisi yang paling menunjang untuk fokus dan tak terganggu saat membaca. Nah, ciptakan suasana nyaman dengan menyingkirkan smartphone agar tak terdistraksi dengan notifikasi yang muncul saat membaca. Pesan berbagai camilan agar makin betah dalam suasana membaca yang nyaman. Lengkapi sesi membaca dengan didampingi kopi kekinian favorit dari Kopi Kenangan, Fore Coffee, Maxx Coffee dan Jiwa+. Jangan lupa gunakan promosi ShopeePay Super Online Deals agar lebih hemat.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Selama Ramadan dari JumpStart Coffee

2.    Sesuaikan topik buku dengan hal atau hobi yang disukai

Ada berbagai jenis buku yang bisa dinikmati sesuai hobi dan hiburan, contohnya adalah kategori fesyen, make up dan beauty. Biasanya buku-buku tersebut membahas seputar perkembangan tren dan industri, sampai teknik-teknik tata rias. Setelah membaca buku soal make up, bisa langsung membeli peralatan make up kekinian di Sociolla dan BLP Beauty. Bacalah buku yang membahas hobi untuk meningkatkan minat baca.

Bagi gamer, ada juga lho buku yang berisi jawaban atas tantangan dari game-game terkait. Buku-buku tersebut kerap membagikan rahasia, tips dan trik khusus yang bisa diterapkan saat bermain game. Setelah membaca buku untuk gamer ini, bisa juga langsung dipraktikkan teorinya dengan dukungan layanan dari Upoint, Vogaon dan Ximpay.

Jika senang masak, setelah membaca buku soal kiat memasak atau resep bisa langsung mengasah skill masak dengan berbelanja bahan segar. Bahan-bahan segar ini bisa dibeli di Pasarnow, Tanihub dan Yogya Online.

3.    Bertukar buku dengan teman

Sebarkan semangat membaca buku dengan mengajak para sahabat melakukan kegiatan seru bertukar buku. Kegiatan ini bisa memotivasi untuk mengeksplorasi lebih banyak jenis buku. Bisa juga membentuk klub buku di lingkungan sekitar bersama teman-teman yang memiliki ketertarikan sama. Setiap bulan, tentukan topik pilihan buku agar kegiatan tukar buku makin menarik.

Jika tak bisa bertemu langsung, bisa juga mengirim buku untuk sahabat menggunakan jasa logistik Anteraja dan Paxel. Selain itu bisa juga menggunakan aplikasi Cabaca untuk mencicipi pengalaman buku digital.

Baca juga: Sampoerna Academy Luncurkan e-Book ‘Elidi and The Ancestor Garden’

4.    Eksplorasi referensi seluas mungkin

Bagi yang memiliki kesulitan mengumpulkan niat untuk membaca, maka perluas referensi dengan memanfaatkan berbagai macam sumber. Coba intip akun-akun komunitas pecinta buku untuk mengetahui rekomendasi buku terkini sesuai selera.

Eksplorasi untuk menemukan preferensi juga bisa dilakukan menggunakan platform-platform lain. Beberapa platform tersebut mencakup blog, forum-forum, komunitas sampai podcast yang fokus pada resensi buku terkini. Bila ingin memperluas pengetahuan, bisa juga menggunakan situs edukasi seperti Englishnesia dan Zenius.

5.    Membuat target membaca

Buat target membaca mulai dari per minggu, per bulan, sampai per tahun. Cara ini efektif untuk diterapkan, apalagi bagi yang belum menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi. Picu juga semangat dengan memberikan hadiah bagi diri sendiri jika mencapai target. Hadiah ini bisa dibeli dari Belamy Store, Dresssofia dan Footfit.

Demikianlah tips jitu untuk mengawali langkah dalam meningkatkan kegiatan membaca. Jangan lupa gunakan promosi ShopeePay Super Online Deals selama periode 15-21 September 2021 agar makin hemat. Merchant-merchant yang menyediakan promo cashback sampai 100% mencakup Aido Health, Alfagift, Garuda Voucher, IndoGold, Niki Jeans, Tiket.com, Viu dan lain-lain. Informasi lebih lanjut mengenai ShopeePay Super Online Deals dapat dibaca di tautan ini.

Share:

Artikel Terkini