Cakap Teacher Academy Batch 2 Siap Berdayakan Guru secara Global Cakap Teacher Academy Batch 2 Siap Berdayakan Guru secara Global ~ Teknogav.com

Cakap Teacher Academy Batch 2 Siap Berdayakan Guru secara Global

Teknogav.com – Setelah berhasil menyelenggarakan Cakap Teacher Academy Batch 1, kini Cakap kembali menyelenggarakan program tersebut untuk batch 2. Hal ini tentunya akan memperkuat posisi Cakap sebagai perusahaan edukasi teknologi di Indonesia. Sampai saat ini, Cakap telah memberdayakan lebih dari 1.000 guru lokal dan internasional yang berasal dari berbagai negara.

Cakap memiliki misi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia melalui pemerataan akses pendidikan yang berkualtas. Hal tersebut berusaha diwujudkan melalui komitmen untuk menghadirkan tenaga pengajar yang kompeten dan profesional. Para pengajar dari berbagai latar belakang, negara dan budaya telah mempercayai Cakap sebagai platform mereka. Negara-negara asal para pengajar yang telah bergabung di Cakap ini mencakup Filipina, Indonesia, Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

keberhasilan program Cakap Teacher Academy

Baca juga: Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar

“Berdasarkan kebutuhan peningkatan kompetensi guru pada pendedikan Bahasa Asing, kami kembali menghadirkan program Cakap Teacher Academy Batch 2. Program ini diselenggarakan sebagai langkah nyata meningkatkan kompetensi pengajar. Secara langsung program ini dapat meningkatan kompetensi sumber daya manusia di tanah air,” ucap Tomy Yunus, CEO dan Co-founder Cakap.

Tomy Yunus, CEO dan Co-Founder Cakap

Program dengan kelas terbesar di Cakap adalah Bahasa Inggris yang merupakan fokus Cakap Teacher Academy. Cakap melihat kebutuhan akan pemberdayaan guru ESL yang memiliki nilai lebih dalam mengajar Bahasa Inggris. Kebutuhan tersebut adalah pengajaran bagi masayarakat yang tak mengutamakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Kesamaan latar belakang menjadikan guru ESL memiliki nilai lebih dalam menerapkan pelajaran yang sesuai bagi murid.  Dalam hal ini, murid dengan pengetahuan basa Inggris yang minim dapat memahami Bahasa Inggris dengan lebih mudah.

“Kedepannya kami harap Cakap akan terus berkomitmen untuk memberdayakan guru di Indonesia melalui berbagai program. Kami pun berharap nantinya Cakap Teacher Academy dapat memberdayakan guru atau pengajar dari berbagai macam bidang ilmu pengetahuan," lanjut Tomy. 

Baca juga: LENTERA Erajaya Peduli Luluskan Peserta PKL Program EMIL

Cakap Dukung Program Pemerintah

Pemberdayaan guru terus dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebagai institusi utama di bidang pendidikan di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai inisiatif. Salah satu program yang sedang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek adalah Program Guru Penggerak yang merupakan program kepemeimpinan bagi guru. Tujuan program ini adalah agar guru dapat menjadi pemimpin pembelajaran. Kegiatan pada program tersebut mencakup pelatihan online, lokakarya, konferensi dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Cakap Teacher Academy memecahkan masalah pendidikan

"Sistem pembelajaran yang mutakhir menjadi kunci kurikulum program Cakap Teacher Academy. Program ini akan membawa dua kompetensi utama: teknik pengajaran komunikatif dan penggunaan teknologi melalui Cakap interactive self-paced learning. Kurikulum disusun berdasarkan pengalaman pembelajaran online selama lebih dari 6 tahun di Cakap dipadukan praktik terbaik pengajaran bahasa. Harapannya, program ini akan relevan bagi mereka yang baru akan terjun ke dunia pengajaran maupun mereka yang telah berpengalaman,” ucap Yoshua Yanottama, Senior Educatoion Manager Cakap. 

Baca juga: LENTERA Erajaya Peduli Luluskan Peserta PKL Program EMIL

Cakap Teacher Academy memiliki misi sama dengan pemerintah, yaitu mendorong guru dan tenaga pendidik di Indonesia agar lebih paham digital. Program sertifikasi ini telah berhasil memberdayakan guru yang sebagian sudah bergabung menjadi tim pengajar Cakap. Pada program tersebut tedapat pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru dalam mengajar anak didik.

Apresiasi terhadap kepedulian Cakap dengan pengembangan kompetensi guru di Indonesia pun disampaikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Cakap Teacher Academy merupakan program yang menunjang pengembangan kompetensi guru di Indonesia yang berdampak pada kualitas pendidikan.

Baca juga: Aplikasi Ibadahku Mengaji Gelar Pesantren Kilat Secara Online

Rachmadi Widdhiarto, Direktut Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Riset RI

Rachmadi Widdhiarto, Direktut Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Riset berharap upaya tersebut bisa terus berjalan. Beliau juga berharap upaya tersebut dapat meluas sampai seluruh Indonesia.

“Peran guru merupakan ujung tombak bagi transformasi pendidikan. Hal ini menjadi sangat penting bagi setiap pihak untuk turut mendukung pemberdayaan guru dan tenaga pendidik,” ucap Rachmadi.

Share:

Artikel Terkini