Tips Membuat Konten Edukasi Menarik Sambil Ikutan Kompetisi #SamaSamaBerkarya Tips Membuat Konten Edukasi Menarik Sambil Ikutan Kompetisi #SamaSamaBerkarya ~ Teknogav.com

Tips Membuat Konten Edukasi Menarik Sambil Ikutan Kompetisi #SamaSamaBerkarya


Teknogav.com – Peringatan Hari Sumpah Pemuda dirayakan setiap tanggal 28 Oktober 2021. Dalam rangka menyambbut peringatan tersebut, Tiktok menyelenggarakan kompetisi untuk berbagai konten edukasi atau berbasis skill dengan mengusung tema #SamaSamaBerkarya. Hadiah bagi pemenang  kompetisi ini mencakup uang tunai, verifikasi akun dan menyandang gelar ‘Top Education Creator TikTok Indonesia 2021’. Nah, bagi yang ingin ikutan, bisa mengikuti tips dari para kreator TikTok berikut ini.

Konten edukasi atau berbasis skill adalah konten dengan pertumbuhan tercepat di platform TikTok. Jumlah kreator pun makin banyak, mereka berasal dari berbagai latar belakang dan profesi. Karya-karya mereka menginspirasi dan memberikan informasi bermanfaat bagi pengguna lain yang juga terinspirasi untuk berkarya di TikTok.

Baca juga: TikTok Tawarkan Hadiah Rp700 Juta dengan Membuat Video Berbagi Ilmu 

Tips-tips dari para kreator berikut ini dapat memberikan inspirasi agar dapat menghasilkan konten yang informatif dan edukatif secara konsisten.  

1.    Tentukan ciri khas konten sesuai passion dan skill

Sebaiknya konten yang menjadi ciri khas disesuaikan dengan keahlian atau minat yang dimiliki. Hal ini agar konten bisa lebih akurat dan bermanfaat. Salah satu kreator yang konsiten dengan konten seputar hobi melukis adalah Erika Richardo.

“Menghasilkan konten sesuai skill kita juga akan membantu kita untuk tidak kehabisan ide, karena masih seputar apa yang kita sukai atau yang kita jalani sehari-hari,” ucap Erika.

2.    Tingkatkan mutu konten secara konsiten

Jangan terlena dengan banyak view dan likes lalu hanya fokus pada dua hal tersebut. Urrofi, kreator foto dan videografi memberikan tips untuk konsisten dalam mengunggah penting. Menurutnya konsistensi merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu konten. Urrofi bahkan berhasil membangun bisnis Urro Films sejak aktif di TikTok.

Baca juga: TikTok Buka Peluang Bisnis dan Dukung Pengembangan Karir Para Kreator

karya Daffa Urrofi (@urrofi_)

“Sebaiknya kita tak overthinking terhadap konten yang ingin kita unggah. Makin konsistem dalam mengunggah konten, jam terbang untuk membuat konten pun makin tinggi. Kita pun bisa melihat kualitas mana yang perlu ditingkatkan,” ucap Urrofi.

3.    Mulai dulu dan eksperimen dengan berbagai gaya

Jangan ragu dan hilangkan rasa tak percaya diri yang menghalangi niat menjadi kreator. Vina Muliana yang aktif sebagai kreator motivasi karir memberikan tips untuk mulai membuat konten yang ringan terlebih dulu. Selain aktif menjadi kreator TikTok, Vina juga merupakan karyawan BUMN.

Pak Win yang dikenal dengan konten seputar bisnis di akun Asahpolapikir pun menyarankan untuk bereksperimen membuat konten dengan berbagai gaya. Eksperimen ini dapat dilakukan terus sampai menemukan gaya yang pas untuk menjadi ciri khas jangka panjang.

Demikian beberapa tips dari para kreator, semoga dapat bermanfaat bagi pengguna dan masyarakat umum. Nah, bagi yang ingin mulai membuat konten edukasi, sekalian saja ikutan kompetisi #SamaSamaBerkarya yang berlangsung selama 18-28 Oktober 2021. Kompetisi ini diselenggarakan TikTok dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda.

Berbagai pilihan topik dapat dijadikan tema dalam pembuatan video edukatif untuk mengikuti kompetisi tersebut. Beberapa topik tersebut termasuk perangkat lunak, sains, fotografi, kerajinan, keuangan dan bisnis, kerajinan, life hack, kesehatan, materi belajar, teknologi, informasi berbasis fakta, pengembangan diri, motivasi dan saran.

Baca juga: TikTok Ajak Kreator Gelar Kampanye Positif Melalui Video Pendek Kreatif

Konten edukasi yang ada di TikTok tak sebatas pendidikan formal. Berbagai tips dan tutorial mengenai soft skill dan hobi, pengalaman pribadi dari tempat kerja atau studi pun ada. Keberagaman tersebut menjadikan konten edukasi TikTok makin digemari dan tumbuh dengan positif.

"Kami berharap ada makin banyak pengguna yang ikut terinspirasi dan menghasilkan konten-konten edukasi lainnya untuk memberikan beragam informasi bermanfaat di platform TikTok," ucap Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia.

Share:

Artikel Terkini