VMware terus Berinovasi Dukung Transformasi Multi-Cloud di Asia Tenggara VMware terus Berinovasi Dukung Transformasi Multi-Cloud di Asia Tenggara ~ Teknogav.com

VMware terus Berinovasi Dukung Transformasi Multi-Cloud di Asia Tenggara


Teknogav.com –VMware memaparkan investasi dan inovasi dalam hal penelitian dan pengembangan VMware Cloud demi mendukung perusahaan-perusahaan untuk bertransformasi ke multi-cloud. Media briefing ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Vmworld 2021. Pemaparan juga mencakup visi dan strategi VMware dalam berinovasi di bidang teknologi, khususnya cloud. Narasumber pada media briefing ini adalah Kit Colbert, CTO VMware dan Guru Venkatachalam, Vice President dan CTO VMware APJ.

Inovasi teknologi yang dilakukan VMware dilakukan untuk mendukung perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara segera melakukan transformasi ke multi-cloud. Tanggung jawab dalam mendukung terciptanya strategi teknis, inovasi, evangelisme dan transformasi di bidang SaaS diemban Kit Colbert selaku CTO VMware. Kiit sendiri telah bersama VMware hampir 18 tahun. Karirnya dimulai sebagai karyawan magang. Keberhasilan karir profesional Kit di VMware ditandai dengan pencapaiannya  menjadi technilcal lead pada sejumlah proyek pengembangan teknologi.

Baca juga: Peningkatan Baru VMware Cloud Dukung Migrasi Lebih Cepat dan Hemat

Salah satu pengembangan teknologi yang dilakukan Kit adalah ketika menghadirkan fitur-fitur vMotion dan Storage vMotion yang ada di vSphere. Sebelum menjabat sebagai CTO VMware, Kit berperan sebagai VMware Cloud CTO pada tahun 2020. Tanggung jawab Kit sebagai CTO adalah mendukung terciptanya strategi teknis, inovasi, evangelisme dan transformasi di bidang Software-as-a-Service (SaaS) secara menyeluruh.

Komitmen VMware

Saat ini VMware sedang bertransformasi mengalihkan fokus di bidang multi-cloud dan aplikasi modern. VMware berusaha memberikan berbagai kapabilitas tersebut melalui layanan-layanan cloud. Kit memprioritaskan untuk menegakkan tiga pilar yang mencakup lingkungan, sosial dan tata kelola; transformasi di bidang SaaS; dan inovasi.

tiga prioritas VMware

Sejak didirikan, VMware sudah melalui tiga fase utama dalam perjalanan sebagai perusahan. Berikut ini adalah masing-masing fase tersebut:

tiga fase perjalanan VMware

VMware berkomitmen untuk terus membangun masa depan lebih baik melalui agenda 2030 yang dimiliki perusahaan. Dukungan dalam mewujudkan inovasi digital yang dapat dikendalikan oleh enterprise merupakan komitmen VMware sebagai penyedia layanan multi-cloud bagi semua aplikasi.

Peralihan menuju masa yang mendukung penggunaan multi-cloud dan aplikasi modern sedang berlangsung. Kondisi tersebut membutuhkan portofolio berbagai aplikasi, sehingga aplikasi makin beragam dan melimpah. Lingkungan cloud yang digunakan perusahaan pun makin banyak. Penyedia layanan makin bervariasi dengan lokasi yang makin tersebar di berbagai lingkungan dan infrastruktur yang berbeda-beda. Kondisi ini membutuhkan transformasi yang mendasar untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut.

Baca juga: VMware Tekankan Pentingnya Cloud-Smart Dibandingkan Cloud-First

tantangan kompleksitas pendekatan multi-cloud

Kendati demikian perlu diingat bahwa kehadiran multi-cloud memiliki kompleksitas dan tantangan tersendiri bagi perusahaan. VMware memberikan dukungan agar perusahaan dapat berhasil dalam lingkungan yang menggunakan berbagai jenis cloud. Serangkaian kapabilitas dapat dihadirkan VMware untuk menyederhanakan kompleksitas yang muncul akibat lingkungan dengan berbagai cloud dan infrastruktur. Berbagai opsi yang tepat pun tersedia melalui penggunaan layanan yang tepat.

Solusi VMware

VMware mengembangkan Digital Foundation terpercaya sebagai pijakan dalam mempercepat pertumbuhan inovasi di perusahaan-perusahaan yang menjadi pelanggannya. Beberapa layanan yang disediakan VMware mencakup VMware Cross-Cloud, Infrastructure Software, hingga ekosistem kemitraan. Ekosistem tersebut mendukung pelanggan membangun, menjalankan dan menerapkan keamanan pada aplikasi-aplikasi pada penggunaan berbagai jenis lingkungan cloud.

layanan VMware Cross-Cloud

Baca juga: VMware Tanzu Kini Makin Andal dan Dapat Diakses Gratis 

Salah satu famili produk dan layanan untuk aplikasi-aplikasi dan infrastruktur modern adalah VMware Tanzu. Produk tersebut mendukung pengantaran perangkat lunak untuk diproduksi secara berkelanjutan dengan lebih baik. VMware Tanzu mendukung pembuatan aplikasi-aplikasi cloud native dan menciptakan ulang berbagai aplikasi yang sudah ada. Dukungan VMware Tanzu mencakup pengoperasian dan pengelolaan aplikasi dengan Kubernetes di seluruh lingkungan cloud, klaster dan tim TI.

VMware juga memiliki solusi multi-cloud yang dibangun pada VMware Cloud Foundation. Solusi tersebut dapat menciptakan lingkungan yang optimal bagi seluruh aplikasi, dari data center ke cloud, lalu ke edge. VMware juga memiliki platform digital workspace dengan dukungan AI, yaitu VMware Workspace ONE. Platform tersebut mendukung unifikasi pengelolaan seluruh lingkungan yang digunakan oleh pengguna akhir suatu organisasi. Pengelolaan tersebut termasuk penggunaan perangkat mobile phones, laptop, desktop fisik dan virtual, serta berbagai aplikasi terkait.

Baca juga: Solusi Cepat Transformasi Bisnis dengan VMware Workspace ONE

Demikianlah pemaparan mengenai komitmen, visi, inovasi, penelitian dan pengembangan VMware di bidang cloud demi mendukung transformasi multi-cloud perusahaan.

Share:

Artikel Terkini