Survei Ungkap Pentingnya Kualitas Layar Sebagai Pertimbangan Membeli Laptop Survei Ungkap Pentingnya Kualitas Layar Sebagai Pertimbangan Membeli Laptop ~ Teknogav.com

Survei Ungkap Pentingnya Kualitas Layar Sebagai Pertimbangan Membeli Laptop



Teknogav.com – ASUS berkolaborasi dengan Detik Network menyelenggarakan survei yang mengungkap bahwa masyarakat menjadikan kualitas layar sebagai pertimbangan dalam membeli laptop. Survei tersebut dilakukan secara kualitatif  terhadap lebih dari 500 responden dengan latar belakang, profesi dan usia yang berbeda. Hasil survei menunjukkan bahwa 80,2% responden menyatakan pentingnya pengaruh kualitas detail warna dan visual pada layar laptop.

Pandemi memicu tren melakukan berbagai kegiatan dari rumah yang mencakup Work From Home (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan tersebut kerap kali dilakukan menggunakan laptop, sehingga kebutuhan layar laptop dengan kualitas lebih baik pun meningkat. Apalagi kini laptop juga banyak dipakai untuk menikmati hiburan digital seperti layanan streaming video dan main game. Hal ini memicu peningkatan kebutuhan laptop dengan kualitas visual yang baik. 

Baca juga: ASUS ExpertBook B5 Flip, Laptop Bisnis dengan Layar ASUS OLED

Kebutuhan tersebut dipenuhi ASUS melalui serangkaian laptop yang mengusung teknologi layar ASUS OLED. Teknologi ini menawarkan kualitas visual dengan berbagai fitur dan teknologi terdepan saat ini. Jajaran laptop tersebut ideal bagi pembuat konten dan penikmat hiburan digital. Yuk, simak, mengapa teknologi ASUS OLED ini ideal.

Ideal bagi Pembuat Konten

Pembuat konten membutuhkan laptop dengan layar berkualitas karena berkaitan dengan kemampuan reproduksi warna di layar laptop. Jika layar berkualitas rendah dan tak dikalibrasi, maka tampilan warna hasil pengolahan video dapat berbeda ketika diputar di perangkat lain. Kondisi yang sama pun terjadi saat mengolah foto yang akan hasil cetaknya dapat berubah warna. Hal ini membuat layar laptop dengan standar industri dan sudah dikalibrasi menjadi sangat dibutuhkan pembuat konten.

ASUS OLED dirancang bagi para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat. Kemampuan tersebut sesuai dengan standar industri perfilman saat ini. ASUS OLED memiliki kemampuan reproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 yang setara dengan 133% warna pada color space sRGB. Hasil tampilan visual pun memiliki warna yang lebih kaya dan detail lebih baik.

Baca juga: Resmi Diperkenalkan, Ini 5 Keandalan Teknologi Layar ASUS OLED 


Kendati demikian, tingginya tingkat reproduksi warna juga percuma jika tak didampingi tingkat akurasi warna yang juga tinggi. Sejak awal, ASUS mengkalibrasi laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED demi menghasilkan warna yang sangat akurat. Standar kalibrasi warna pada ASUS OLED pun tinggi dan sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated Display.

Ideal untuk Hiburan Digital

Layanan streaming video seperti Netflix, Disney+ dan HBO makin populer seiring meningkatnya minat hiburan digital di berbagai kalangan masyarakat. Ini karena berbagai kelebihan yang dimiliki layanan streaming video dibandingkan televisi tradisional. Salah satunya adalah kemampuan untuk menampilkan format multimedia modern seperti HDR. Apalagi kini jumlah konten yang tersedia dalam format HDR makin banyak. Berdasarkan data hd.report.com, terdapat lebih dari 400 film yang sudah mendukung HDR. Jumlah tersebut belum termasuk video HDR di YouTube dan layanan streaming video lain..


Dukungan HDR merupakan salah satu fitur andalan ASUS OLED karena dapat dipakai untuk memutar video konten HDR. ASUS OLED juga sudah menyandang sertifkasi VESA DisplayHDR True Black dan dapat menghasilkan warna dengan rasio kontras sampai 1.000.000:1.

Baca juga: ASUS VivoBook Ultra 15 OLED, Cocok untuk WFH dan PJJ 

Waktu respon layar pun begitu cepat, yaitu samai 0,2 milidetik atau 50 kali lebih cepat dibandingkan layar laptop biasa. Cepatnya waktu respon membuat tampilan visual gerak cepat disajikan lebih tajam dan detail yang tinggi. Kemampuan tersebut mengatasi blur pada tampilan gerak cepat seperti pada film laga dan teks berjalan. Ini berarti layar ASUS OLED merupakan pilihan terbaik untuk menikmati hiburan digital.

Hasil Survei

Keandalan layar ASUS OLED untuk menyajikan hiburan digital pun dibuktikan oleh hasil penelitian Detik Network bersama ASUS. Sebanyak 10 dari 10 pembuat konten dan pakar di Indonesia mengakui kemampuan ASUS OLED menyajikan kualitas visual lebih baik. Ketika menatap layar ASUS OLED seharian, 9 dari pembuat konten dan pakar mengakui tidak merasa kelelahan mata. Hal ini berkat fitur Eye Care pada ASUS OLED. Fitur tersebut dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar sampai 70%. Laptop dengan teknologi ASUS OLED pun jadi lebih nyaman digunakan dan menjaga kesehatan mata pengguna, khususnya anak-anak.

Baca juga: Survei Tunjukkan Masyarakat Pertimbangkan Kesehatan Mata Saat Memilih Laptop 

 “ASUS OLED hadir untuk memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang menginginkan laptop dengan kualitas layar terbaik dan tersedia untuk berbagai kalangan. Teknologi ini hadir sebagai solusi bagi para pembuat konten pemula sampai profesional agar lebih mudah, nyaman dan produktif saat berkarya. Harapannya dapat tercipta lebih banyak mahakarya dari tangan-tangan kreatif anak bangsa,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Harga dan Ketersediaan

Saat ini jajaran laptop ASUS dengan teknologi layar ASUS OLED sudah tersedia di Indonesia, baik seri ZenBook, VivoBook maupun ExpertBook. Berikut ini adalah harga dari masing-masing laptop tersebut:

  • ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dengan harga mulai Rp8.599.000.
  • ASUS ZenBook Pro 15 OLED Rp23.999.000
  • ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED Rp42.999.000
  • ASUS ZenBook Flip S OLED (UX371)  dengan harga mulai dari Rp24.999.000
  • ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302F) dengan harga mulai dari Rp15 jutaan

Informasi lebih lanjut mengenai ASUS OLED dapat dilihat pada tautan ini.

Share:

Artikel Terkini