AWS dan Lenovo Berkolaborasi Hadirkan Platform AI Canggih ThinkEdge SE70 AWS dan Lenovo Berkolaborasi Hadirkan Platform AI Canggih ThinkEdge SE70 ~ Teknogav.com

AWS dan Lenovo Berkolaborasi Hadirkan Platform AI Canggih ThinkEdge SE70


Teknogav.com – ThinkEdge SE70 merupakan platform edge artificial intellligence (AI) hasil kolaborasi Lenovo dan Amazon Web Service (AWS). Platform AI ini merupakan solusi edge yang didukung platform NVIDIA Jetson Xavier NX dan memanfaatkan AWS Panorama. Lenovo memperkenalklan ThinkEdge SE70 tersebut pada acara tahunan TechWorld yang diselenggarakan pada September 2021.

Saat ini ada banyak pilihan aplikasi komputasi edge AI. Perkembangan edge AI yang pesat ini seiring makin cerdasnya transformasi operasi dan layanan dengan kemampuan analitik dan otomatisasi bisnis. IDC memprediksi bahwa pada tahun 2023, 70% penerapan Internet of Things (IoT) mencakup solusi AI untuk pengambilan keputusan otonom. Solusi AI ini akan memenuhi kebutuhan operasional dan strategis suatu organisasi.

Baca juga: Platform AI IoT i700 Mediatek Siap Dukung Produk-produk AI IoT 

Desain ThinkEdge SE70 ini kokoh, demikian juga dari sisi pemrosesannya pun kuat. Platform edge AI ini juga memiliki konfigurasi yang fleksibel dan merupakan infrastruktur penting untuk jaringan pintar. Otomatisasi yang ditawarkan ThinkEdge SE70 dapat mendukung pengambilan keputusan secara real-time dalam model bisnis hybrid baru.

Penerapan edge AI pada Computer Vision

Salah satu penerapan edge AI yang berkembang sangat pesat adalah Computer Vision (CV). Hasil survei IDG menunjukkan bahwa 96% responden yakin CV berpotensi meningkatkan pendapatan. Sementara itu 97% mengatakan teknologi akan menghemat waktu dan uang organisasi. ThinkEdge SE70 dirancang untuk mengerahkan kemampuan penerapan CV untuk perusahaan. 

Baca juga: Telkom Kembangkan Computer Vision Berbasis AI dengan NVIDIA DGX A100

“Penerapan AI pada edge memiliki potensi besar untuk transformasi bisnis yang cerdas. Contohnya adalah penggunaan penglihatan komputer untuk melacak operasi pergudangan dan logistik atau mengotomatisasi proses manufaktur. Portofolio ThinkEdge terus berkembang untuk mencakup kekuatan, kinerja, dan fleksibilitas yang dibutuhkan pelanggan untuk membangun jaringan edge tingkat berikutnya,” ucap Jon Pershke, Vice President of Strategy and Emerging Business untuk Lenovo’s Intelligent Devices Group.

AWS Panorama

Suatu versi dari ThinkEdge SE70 disertai dengan AWS Panorama yang merupakan Software Development Kit (SDK) pembelajaran mesin atau machine learning. AWS Panorama dapat menghadirkan CV pada kamera on-premise untuk membuat prediksi secara lokal dengan akurasi tinggi dan latensi rendah. Suatu organisasi pun dapat mengubah kamera IP menjadi kamera ‘pintar’ yang menjalankan aplikasi CV melalui teknologi edge.

Kegiatan yang biasanya membutuhkan pemeriksaan oleh manusia dapat diotomatisasi menggunakan AWS Panorama untuk meningkatkan visibilitas terhadap potensi masalah. Contoh penggunaan AWS Panorama adalah untuk melacak asetdan memantau inventaris di rak retail. Canggihnya, pengoperasian AWS Panorama ini dapat dilakukan di lokasi dengan bandwidth internet terbatas.

Baca juga: Solusi Cloud Computing AWS Dukung Pelanggan Pecahkan Masalah Dunia

ThinkEdge SE70 merupakan sistem modul berkinerja tinggi dengan form factor kecil. Platform edge AI ini kuat dan fleksibel untuk digunakan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan transformasi cerdas yang berkembang. Penggunaan platform ini dapat dilakukan di bidang logistik, smart city, retail, transportasi, manufaktur dan perawatan kesehatan.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Lenovo dan NVIDIA, dua pemimpin pasar dalam teknologi edge. Produk baru ini menyatukan kinerja GPU yang kuat dari NVIDIA, keahlian sistem perangkat keras dari Lenovo, dan CV. AWS dapat dengan mudah mengubahkan ke dalam paket hemat biaya dan kompetitif. Pelanggan pun dapat menggunakan paket tersebut untuk menyelesaikan tantangan bisnis,” ucap Ankur Mehrotra, Direktur AWS AI.

Teknologi NVIDIA pada ThinkEdge SE70

NVIDIA Jetson Xavier NX yang mentenagai ThinkEdge SE70 merupakan sistem modul yang berkinerja tinggi dan hemat daya. Sistem ini dikelola cloud untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan pelatihan dan penerapan berbagai AI dan model machine learning (ML) canggih. Kinerja ThinkEdge SE70 menawarkan komputasi yang dipercepat sampai 21 triliun operasi per detik (TOPS). Kemampuan tersebut dapat menjalankan jaringan modern secara paralel dan memproses data dari beberapa sensor resolusi tinggi.

Serangkaian perangkat lunak AI menyeluruh NVIDIA CUDA-X  digunakan pada sistem modul NVIDIA Jetson Xavier NX ini.  NVIDIA CUDA-X ini dioptimalkan demi mengurangi kompleksitas dan mempercepat waktu pemasarannya. Lenovo ThinkEdge S70 akan tersedia di negara tertentu mulai semester pertama tahun 2022.

Spesifikasi ThinkEdge SE70

 

 

 

 

 

Kinerja

 

Kekuatan AI

CPU: 6-core NVIDIA Carmel Arm®v8.2 64-bit CPU

GPU: 384-core NVIDIA Volta™ GPU, 48 Tensor Cores

Performance: 21 TOPS (INT8)

 

Konektivitas

2 GbE

Dapat dikonfigurasi hingga 8 POE

Serial/CAN Bus/DIO

Penyimpanan

PCIe Gen.4

 

 

Keandalan

Form factor

Kisaran suhu operasi tanpa kipas hingga -20 hingga 60℃

Peringkat IP

IP51

Jangkauan DC

9-48v

 

Fleksibilitas

Basis Desain Tunggal dengan 2 form dactor

Form factor umum

Form factor yang diperluas dengan beberapa POE dan opsi    daya

Share:

Artikel Terkini