VMware Tekankan Pentingnya Cloud-Smart Dibandingkan Cloud-First VMware Tekankan Pentingnya Cloud-Smart Dibandingkan Cloud-First ~ Teknogav.com

VMware Tekankan Pentingnya Cloud-Smart Dibandingkan Cloud-First

Teknogav.com – VMware menyelenggarakan VMworld 2021 pada 5-7 Oktober 2021 secara online dan global. Ajang ini menyajikan lebih dari 600 sesi dan labs dengan lebih dari 75 sponsor. Para eksekutif dapat menggali pengetahuan di bidang komputasi cloud dan infrastruktur digital. Pada ajang VMworld 2021 ini, VMware pun meluncurkan layanan VMware Cross-Cloud sebagai strategi baru perusahaan unuk mendukung pelanggan mengantisipasi era multi cloud.

Layanan VMware Cross-cloud merupakan sejumlah layanan terintegrasi bagi perusahaan-perusahaan digital yang ingin mulai bertransformasi ke cloud secara cerdas. Berbagai kapabilitas untuk membangun, menjalankank dan menerapkan keamanan aplikasi melengkapi layanan tersebut, terlepas dari jenis cloud yang digunakan. Perusahaan dapat menggunakan layanan ini dengan lebih fleksibel dan leluasa.
tantangan kompleksitas pendekatan multi-cloud
Di masa sekarang ini satu perusahaan menjalankan rata-rata 500 aplikasi yang tersebar di berbagai jenis cloud demi mendukung pertumbuhan bisnis. Sekitar 75% pelanggan VMware menggunakan dua jenis atau lebih layanan public cloud, bahkan 40% menggunakan tiga jenis atau lebih. 

Baca juga: Infrastruktur AWS Siap Dukung Berbagai Organisasi di Indonesia Berinovasi

Kecepatan dan inovasi aplikasi memang dapat ditingkatkan dengan pendekatan multi-cloud agar perusahaan lebih gesit dan tangguh. Kendati demikian, lingkungan multi cloud dengan berbagai jenis cloud lebih kompleks dan terdistribusi dalam pengelolaan. Kompleksitas ini seringnya merepotkan perusahaan, termasuk dalam menentukan harus memprioritaskan kegesitan atau pengelolaan risiko. Proses melakukan pertimbangan tersebut tentu memperlambat proses eksekusi bisnis dan membuat biaya makin tinggi.

Keandalan Layanan VMware Cross-cloud

Strategi VMware Cross-cloud memberikan keleluasaan dan kendali atas bisnis yang dibangun di lingkungan multi-cloud. Hal ini akan membantu pelanggan mengatasi tantangan dan pilihan yang sulit. Strategi yang diusung oleh VMware ini mampu membantu pelanggan mengatasi tantangan dan pilihan sulit tersebut, yakni dengan menghadirkan sekaligus keleluasaan dan kendali atas bisnis yang dibangun di lingkungan multi-cloud.

Raghu Rahuram, chief executive officer VMware

Raghu Rahuram, chief executive officer VMware mengungkapkan bahwa multi-cloud diprediksi akan menjadi model binis sampai 20 tahun mendatang. Hal ini karena makin banyak industri yang bertransformasi. Organisasi akan beralih menerapkan pendekatan ‘cloud smart’ dan meninggalkan pendekatan ‘cloud-first’.

“Keleluasaan dalam memilih cloud yang ‘tepat’ berdasarkan perhitungan strategi bisnis yang hendak dicapai didambakan oleh perusahaan. Pendekatan cloud-agnostic yang kami terapkan mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, saat ini maupun nanti. Kami berikan kuasa kepada organisasi agar dapat mempercepat inovasi dan memiliki kontrol sendiri di era multi-cloud ini,” ucap Raghu.

Richard Villars, group vice president IDC mengungkapkan bahwa banyak perusahaan berhasil menyelesaikan transformasi digitalnya tahun lalu. Transformasi digital tersebut dilakukan agar dapat sigap merespons perubahan-perubahan besar yang terjadi sangat cepat di seluruh dunia. Perusahaan pun harus bisa berinovasi secepatnya.

“Organisasi-organisasi sangat bergantung pada teknologi-teknologi cloud untuk berevolusi dan melakukan penyesuaian-penyesuaian skalabilitas, agar sigap bersaing dalam pesatnya perekonomian digital-first dunia. Strategi VMware dengan fokus pada multi cloud kian mengokohkan posisinya dalam mendukung perusahaan-perusahaan mengoptimalkan lingkungan multi cloud dan sumber-sumber daya mereka di data center. Ini diharapkan akan makin meningkatkan ketangguhan dan pemanfaatan teknologi yang makin tepercaya dalam menghadirkan pengalaman-pengalaman baru dan mewujudkan capaian-capaian bisnis ke depan,” ucap Richard Villars.

Berikut ini adalah tiga keunggulan utama layanan VMware Cross-cloud yang mendukung keberhasilan pelanggan menghadapi era multi-cloud:
  1. mendorong percepatan dalam suksesnya perjalanan perusahaan ke cloud
  2. biaya yang terjangkau
  3. menghadirkan fleksibilitas dan kontrol atas berbagai jenis cloud yang digunakan.

Luasnya Kapabilitas Layanan VMware Cross Cloud

Serangkaian kapabilitas yang luas terdapat pada layanan VMware cross-cloud. Kapabilitas ini juga terdapat pada portofolio produk-produk VMware untuk dunia multi cloud. Pelanggan dapat leluasa memilih layanan yang dibutuhkan untu berbagai jenis lingkungan cloud yang digunakan sesuai kebutuhan bisnisnya yang makin dinamis. Berikut ini adalah lima ranah yang menjadi garis besar inovasi dalam layanan VMware Cross-Cloud:

  • Platform canggih untuk membangun dan menerapkan aplikasi-aplikasi cloud natives
  • Infrastruktur cloud untuk mengoperasikan dan menjalankan aplikasi-aplikasi enterprise
  • Sistem manajemen cloud yang dapat memantau dan mengelola kinerja dan biaya seluruh aplikasi di berbagai penggunaan jenis cloud
  • Keamanan dan jaringan yang mencakup seluruh operasi multi cloud sehingga mampu terhubung sambil melindungi keamanan seluruh aplikasi secara lebih baik;
  • Digital workspace yang mendukung kinerja karyawan-karyawan yang bekerja dari lokasi-lokasi berbeda bersama solusi-solusi edge untuk menggelar sekaligus mengelola aplikasi-aplikasi edge-native

Baca juga: Solusi VMware Terus Optimalkan Mobilitas dan Akselerasi Transformasi Digital Bisnis

VMware juga mengumumkan sejumlah inovasi canggih yang mencakup layanan VMware Cross-Cloud pada ajang VMworld 2021, yang mencakup:

  • Infrastruktur dan Manajemen Cloud: peluncuran inovasi-inovasi multi-cloud mutakhir untuk membantu pelanggan beralih ke cloud dengan lebih cepat dan aman. Inovasi-inovasi tersebut akan mempercepat kelangsungan modernisasi aplikasi, dan pengadopsian model operasi cloud yang lebih baik.
  • Apps: peluncuran sejumlah peningkatan pada portofolio VMware Tanzu. Peningkatan-peningkatan tersebut memberikan otonomi bagi developer untuk membangun dan menggelar aplikasi-aplikasi di berbagai penggunaan jenis cloud
  • Edge: yaitu porfotolio produk untuk mendukung keseluruhan produk dalam menjalankan dan mengelola aplikasi-aplikasi edge-native. Dukungan ini berlaku untuk segala jenis penggunaan cloud dan berbagai lokasi aplikasi-aplikasi
  • Keamanan dan Jaringan: pengumuman serangkaian inovasi di sisi keamanan dengan menghadirkan arsitektur Zero Trust secara end-to-end. Keamanan ini diterapkan di dalam dan di seluruh jenis cloud maupun berbagai lingkungan aplikasi

Pelanggan dan Program bagi Mitra VMware

VMware telah menjadi solusi untuk mendukung perusahaan memenuhi dinamika kebutuhan pelanggan dengan menerapakan model digital business. Beberapa perusahaan yang telah merasakan dukungan VMware mencakup perusahaan manufaktur Jepang LIXIL Group, perusahaan manufaktur SGB-SMIT dan Wester Union.

Baca juga: Cisco Dukung Organisasi Kembangkan Strategi Adopsi Cloud Berdasarkan Pola Cloudification

Sejumlah program kemitraan baru yang selaras dengan strategi terkini VMware yang fokus pada pelanggan dan mitra pun diumumkan VMware. Beberapa program tersebut adalah sebagai berikut:

  • Program VMware Cloud Universal yang ditujukan khusus bagi mitra reseller
  • Program VMware Success 360 untuk meningkatkan kompetensi mitra dalam layanan (MSCs) sehingga bisa menyajikan layanan terbaik bagi pelanggan.
  • program VMware Customer Lifecycle Incentives untuk mendorong pertumbuhan mitra dalam meningkatkan layanan dan cloud

Informasi terkini mengenai cara VMware mendukung perusahaan-perusahaan digital memulai transformasinya secara cerdas dapat dilihat pada tautan ini.

Share:

Artikel Terkini