DANA Berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Semarang Wujudkan Smart City DANA Berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Semarang Wujudkan Smart City ~ Teknogav.com

DANA Berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Semarang Wujudkan Smart City

Teknogav.com – Komitmen dompet digital DANA dalam meningkatkan inklusi keuangan terus diwujudkan melalui kolaborasi dengan berbagai ekosistem dan pemangku kepentingan. Kali ini komitmen tersebut diwujudkan melalui kolaborasi dengan Pemerintah Kota Semarang. Kolaborasi tersebut dituangkan dalam Kesepakatan Bersama mengenai Pemanfaatan Fasilitas dan Layanan Dompet Digital untuk Mendukung Semarang Smart City.

Pemerintah Kota Semarang akan memanfaatkan dompet digital untuk memperluas dan meningkatkan transaksi nontunai di kota tersebut. Kolaborasi dengan dompet digital DANA juga akan menjadikan Kota Semarang sebagai smart city dan mewujudkan Indonesia Cashless Society. Saat ini pembayaran pajak dan penerimaan daerah sudah dapat menggunakan DANA, demikian juga dengan transportasi Trans Semarang.

Baca juga:  Kupang Gunakan Qlue Demi Menjadi Smart City

Penandatanganan Kesepakatan Bersama tersebut dilakukan oleh pihak Pemerintah Kota Semarang dan DANA. Iswar Aminuddin, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Semarang hadir menandatangani kesepakatan mewakili Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang. Sedangkan dari pihak DANA, penandatanganan dilakukan oleh Vince Iswara, CEO dan Co-founder DANA.

“Kami mengapresiasi jajaran Pemerintah Kota Semarang yang sudah aktif mengajak berbagai pihak untuk pengembangan di sektor digitalisasi ekonomi di Semarang. DANA merupakan aplikasi teknologi finansial yang punya misi menjadikan keuangan digital makin inklusif. Dengan demikian, DANA bertanggung jawab mendukung berbagai ekosistem ekonomi guna mendorong kemudahan bertransaksi nontunai, termasuk untuk pembayaran pajak daerah.  DANA menawarkan satu solusi terintegrasi untuk berbagai kebutuhan. Hal ini untuk mendorong masyarakat taat atas kewajibannya terhadap negara dan berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi,” ucap Vince.

Baca juga: DANA Dukung Pengembangan Potensi Generasi Muda dengan ‘DANA untuk Negeri’

DANA juga mendukung transformasi digital pelaku usaha, khususnya UMKM di Kota Semarang. Dukungan tersebut diberikan dalam hal proses penerapan teknologi digital dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para pelaku usaha. Penyelenggarakan pelatihan bagi UMKM sudah dilakukan sejak 30 Oktober 2021. Pelatihan tersebut diberikan melalui program  DANA Acedemy di Spiegel Semarang. Jumlah peserta program tersebut mencakup 30 mitra UMKM terpilih.

Pengguna DANA saat ini sudah mencapai lebih dari 85 juta, dan 460 ribu dari jumlah tersebut merupakan masyarakat semarang. Jumlah total pelaku usaha sudah mencapai 300 ribu, termasuk UMKM pengguna DANA Bisnis. Sebanyak 18% dari jumlah tersebut merupakan UMKM asal Semarang.

Baca juga: DANA Gelar Serangkaian Kegiatan Pendukung Festival Joglosemar 2021

Inisiatif DANA dalam melakukan transformasi digital Kota Semarang pun diapresiasi Walikota Semarang. Penyampaian apresiasi tersebut disampaikan oleh Iswar Aminuddin, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Semarang sebagai perwakilan. Menurutnya keterlibatan dan kolaborasi industri teknologi finansial seperti DANA merupakan kunci penting saat pandemi.

“Kami percaya kerja sama antara DANA dengan Pemerintah Kota Semarang akan memperkokoh kedudukan dan identitas Kota Semarang sebagai Smart City,” ucap Iswar.

Share:

Artikel Terkini