Eksploitasi Platform Streaming Menjadi, Ini Tips Kaspersky Hindari Phishing Eksploitasi Platform Streaming Menjadi, Ini Tips Kaspersky Hindari Phishing ~ Teknogav.com

Eksploitasi Platform Streaming Menjadi, Ini Tips Kaspersky Hindari Phishing

Teknogav.com –Kaspersky mendeteksi lebih dari 93.000 upaya infeksi yang menyamar sebagai lima platform streaming teratas selama periode Januari 2020-Juni 2021. Lima platform streaming yang ditiru penjahat siber tersebut adalah Netflix, Disney+, Apple TV+, Amazon Prime Video dan Hulu. Temuan ini diungkapkan Kaspersky pada laporan terkini ‘Streaming wars continue- what about cyberthrats?”. Laporan tersebut menganalisis lanskap ancaman terkait streaming selama periode tahun 2020-2021.

Tak hanya mengeksploitasi platform streaming teratas, para penjahat siber juga mengeksploitasi serial orisinal dari platform streaming. Serial yang paling banyak dieksploitasi adalah The Mandalorian dan Money Heist. Para penjahat siber tersebut memanfaatkan serial populer ini untuk menyebarkan kegiatan berbahaya kepada korbannya.

Baca juga: Tips Palo Alto Networks Mengenali Cybersquatting

Pandemi memang memicu peningkatan permintaan sumber hiburan alternatif. Para pelaku kejahatan siber pun memanfaatkan hal ini sebagai peluang untuk melancarkan aksinya dengan skema penipuan. Kaspersky mendeteksi 93.095 upaya untuk menginfeksi 18.938 pengguna unik dengan 8.650 file berbeda selama periode 1 Januari 2020-30 Juni 2021. Netflix menjadi umpan yang paling sering digunakan pelaku kejahatan siber. Ada 89,93% pengguna yang menjadi korban serangan malware atau perangkat lunak berbahaya saat mencari Netflix dan konten terkait.

Distribusi Malware dan aplikasi yang tidak diinginkan berdasarkan platform, 1 Januari 2020-30 Juni 2021

Kaspersky mengungkapkan bahwa hampir 60% upaya infeksi terjadi hanya dengan menggunakan dua acara yang dijadikan penyamaran. Dua hit terbesar dalam beberapa tahun terakhir ini adalah The Mandalorian (28,72%) dan Money Heist (28,41%). Selain itu, serial yang paling sering dieksploitasi adalah Rick and Morty (9,69%), Peaky Blinders (9,25%) dan Westworld (7,17%).

Contoh halaman phishing yang menawarkan streaming Money Heist
Halaman pendaftaran Netflix palsu

“Makin banyak pengguna berlangganan platform streaming untuk menonton acara favorit mereka. Kami berharap jenis kegiatan berbahaya berkurang karena tak perlu mengunduh file apa pun untuk menonton konten. Tetapi ternyata para pelaku kejahatan siber beradaptasi dengan cepat terhadap tren baru dan menghasilkan jenis penipuan yang lebih relevan. Perbandingan data tahun 2021 dengan indikator tahun 2020 menunjukkan pengunduhan file berbahaya dengan kedok acara TV telah menjadi lebih jarang. Tetapi ini tidak menyelamatkan pengguna dari ancaman lain seperti phishing yang memanfaatkan popularitas layanan streaming. Ancaman ini memungkinkan penjahat dunia maya dapat mencuri kredensial dan uang pengguna,” ucap Anon V. Ivanov, pakar keamanan di Kaspersky.

Baca juga: Film James Bond Terkini Dicatut Pelaku Kejahatan Siber, Yuk Waspada!

Tips Kaspersky untuk Menghindari Ancaman Siber Saat Menggunakan Layanan streaming

Berikut ini adalah beberapa saran dari Kaspersky agar tidak menjadi korban program berbahaya ketika menggunakan layanan streaming.

  • Gunakan hanya halaman web resmi dan tepercaya untuk menonton atau mengunduh film. Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dengan memeriksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.
  • Gunakan layanan VPN yang andal seperti Kaspersky VPN Secure Connection untuk mengakses konten regional yang disediakan platform streaming.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Security Cloud, yang  bisa mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing
  • Hindari tautan yang menjanjikan tampilan awal konten, jika keaslian konten meragukan, maka hubungi penyedia hiburan tersebut
  • Waspada terhadap setiap transaksi yang menawarkan gimmick menggiurkan, seperti "langganan gratis satu tahun"
  • Bila memungkinkan, hanya mengakses platform streaming melalui langganan berbayar sendiri di situs web atau aplikasi resmi dari pasar resmi

Baca juga: Tips Menghindari Malware Saat Nonton Film atau Serial dari Web

Demikianlah beberapa tips dari Kaspersky agar menonton secara streaming tetap aman sehingga tak menjadi korban kejahatan siber.




Share:

Artikel Terkini