Stablecoin Berdenominasi Rupiah, XIDR Gunakan Blockchain Ethereum dan Ziliqa Stablecoin Berdenominasi Rupiah, XIDR Gunakan Blockchain Ethereum dan Ziliqa ~ Teknogav.com

Stablecoin Berdenominasi Rupiah, XIDR Gunakan Blockchain Ethereum dan Ziliqa

 

Teknogav.com  - XIDR resmi diterbitkan PT Xfers StraitsX Indonesia, yang merupakan anak perusahaan Fazz Financial Group di Indonesia. Fazz Financial Group memiliki izin penerbitan e-money dan transfer dana dari Bank Indonesia. Setiap token XIDR ini setara dengan Rp1 yang ada di ekosistem StraitsX, platform aset digital yang dikembangkan oleh Xfers.

Xfers adalah perusahaan financial technology (fintech) asal Singapura. XIDR merupakan stablecoin kedua yang diluncurkan StraitsX menggunakan blockchain Ethereum dan Ziliqa. Sebelumnya StraitsX menerbitkan XSGD, stablecoin berdenominasi dolar Singapura yang didukung fiat. StraitsX pun memiliki izin dari Monetary Authority of Singapore (MAS) untuk penerbitan uang elektronik.

StraitsX memberikan alternatif untuk melakukan transaksi keuangan atas nama nasabah yang tak memiliki rekening bank atau akses ke bank. Hal ini selaras dengan misi Fazz Financial Group untuk memberdayakan masyarakat dan mendorong adopsi keuangan digital.

Baca juga: Tips Mining Bitcoin dengan Aplikasi CryptoTab Browser

“Riset Google menyebutkan 66% dari 275 juta penduduk Indonesia tidak memiliki rekening bank. Seiring dengan pertumbuhan luar biasa yang sedang terjadi di bidang  FinTech, blockchain, dan ruang aset digital di Indonesia, serta permintaan yang kuat atas stablecoin berdenominasi Rupiah, XIDR memberikan jalan untuk mendemokratisasi, mempercepat, dan membuka akses ke aset digital bagi individu dan bisnis-bisnis di Asia dan sekitarnya,” ucap Aymeric Sally, Head of StraitsX.

Visi XIDR

XIDR memiliki visi menjadi stablecoin Rupiah paling hemat biaya, dengan membebaskan biaya untuk mencetak dan menukar XIDR melalui platform StraitsX. Selain itu, biaya transaksi keluar di atas blockchain akan dibatasi. Layaknya XSGD, tujuan XIDR adalah menjadi stablecoin berdenominasi Rupiah terbesar di Indonesia.

Baca juga: Proyek Kripto Indonesia Pertama, Toko Token (TKO) Resmi Diluncurkan Tokocrypto

Pada Oktober 2021, transaksi aset digital XSGD mencapai lebih dari SGD2 miliar di platform pembayaran StraitsX. Pertumbuhan transaksi tersebut menunjukkan peningkatan minat investor pada aset digital sebagai investasi alternatif. 

Keberhasilan XSGD tersebut ingin diulang StraitsX dengan meluncurkan XIDR yang memungkinkan pengguna memanfaatkan stablecoin untuk mengirim Rupiah menggunakan blockchain. Pengiriman tersebut tentu saja dapat dilakukan dengan aman tanpa membutuhkan pihak ketiga. Pengguna juga bisa mentransfer menggunakan dan menerima XIDR dengan daftar mitra ekosistem StraitsX yang terus berkembang.

Baca juga: Tokocrypto Kembangkan Token CeDeFi TKO pada Binance Smart Chain

StraitsX memiliki banyak mitra yang akan mendukung kehadiran XIDR. Mitra tersebut terdiri dari dompet, bursa, solusi penyimpanan institusional, platform DeFi dan platform analitik blockchain. Selain itu akan hadir juga mitra-mitra baru lain sesuai upaya StraitX dalam memperluas kemitraan untuk mendukung XIDR.

Token XIDR dapat diperoleh masyarakat Indonesia dengan membuat akun StraitsX dan mentransfer Rupiah ke akun mereka. XIDR dapat dikonversi setiap saat dengan perbandingan satu banding satu dengan Rupiah di platform StraitsX.

Share:

Artikel Terkini