OneWeb dan DTP Berkolaborasi Bangun SNP#38 OneWeb dan DTP Berkolaborasi Bangun SNP#38 ~ Teknogav.com

OneWeb dan DTP Berkolaborasi Bangun SNP#38

Teknogav.com Satellite Netwok Portal (SNP) merupakan gerbang komunikasi penghubung konstelasi satelit orbit rendah atau Low Earth Orbit (LEO) dengan statiun bumi. Penyedia jaringan komunikasi OneWeb berkolaborasi dengan PT Dwi Tunggal Putra (DTP) untuk membangun SNP No. 38 (SNP#38). Pembangunan dan pengoperasian SNP tersebut akan dilakukan oleh DTP yang memegang lisensi penyedia Teleport di Indonesia.

SNP No. 38 tersebut akan dibangun di daerah Ciruas, Serang di lahan yang luasnya mencapai 10 hektar. Pengoperasian Teleport tersebut akan menyerap lebih dari 40 tenaga kerja ahli dan profesional di dalam negeri, terutama para teknisi satelit. Pembangunan SNP#38 ini diharapkan selesai pada Juli 2022. 

DTP juga berharap dapat melakukan transfer pengetahuan dalam pengoperasian teleport satelit LEO pertama di Indonesia. Hal ini tentunya selaras dengan program literasi digital yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Literasi digital merupakan salah satu prioritas terpenting dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia Indonesia.

Baca juga: Data Center AREA31 Siap Beroperasi di Kuartal I 2022

Selain berperan sebagai penyedia Teleport, DTP juga akan menjadi satu-satunya reaknan distribusi layanan OneWeb yang utama di Indonesia. Kolaborasi tersebut dituangkan dalam kesepakatan kerja sama yang resmi ditandatangani pada 15 Oktober 2019. 

DTP juga berkomitmen untuk berperan mewujudkan inklusi digital di Indonesia dan meningkatkan aksesibilitas komunikasi data sehingga dapat memicu pertumbuhan digital. Tentu saja pertumbuhan digital dapat meningkatkan perekonomian dan mewujudkan inklusi keuangan melalui digital banking.

Ketersediaan komunikasi data juga dapat memberikan konektivitas komunikasi dan menghubungkan sekolah, fasilitas kesehatan, UMKM, pemerintahan ke dunia global. Konektivitas juga mendukung pengumpulna data-data statistik yang lebih akurat karena dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Hal ini akan mempercepat persiapan daerah-daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) untuk menghadapi revolusi Industri 4.0.

Keandalan OneWeb

Jaringan komunikasi Oneweb didukung oleh konstelasi 648 satelit LEO yang memungkinkan konektivitas berkecepatan tinggi dan latensi rendah. Latensi OneWeb hanya 50-70 milidetik, jauh lebih rendah dibanding latensi telekomunikasi satelit Geosynchronous yang latensinya 700-1000 milidetik. Layanan ‘Fiber-Like-Internet’ dari OneWeb memungkinkan pengguna mengakses sejumlah aplikasi yang saat ini tak dapat diakses melalui layanan telekomunikasi satelit Geosynchronous. Aplikasi-aplikasi yang kini dapat diakses tersebut mencakup ERP Software, game online dan stock trading.

Baca juga: Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Jembatani Kesenjangan Digital Bangsa Indonesia

Satelit OneWeb merupakan network gateway station yang menyediakan layanan komunikasi dengan bandwidth tinggi yang berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau. Layanan tersebut memungkinkan untuk terhubung ke masa depan IoT dan jalur ke 5G bagi semua orang. Pemerintah, bisnis dan berbagai komunitas di seluruh dunia dapat menggunakan layanan tersebut. Ketersediaan layanan OneWeb memiliki Service Level Agreement (SLA) 99%, termasuk efek dari rain fade.

Uji coba layanan Gen 1 OneWeb sudah dilakukan sejak kuartal keempat tahun 2020. Gen 1 tersebut akan tersedia mulai tahun 2022 dengan kapasitas 20 Gbps. Kemudian pada tahun 2025, OneWeb akan menyediakan layanan dengan kapasitas 100 Gbps.

Baca juga:  Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Hadirkan Konektivitas Fleksibel Berskalabilitas Tinggi

Terminal pengguna sudah terpasang dalam satu perangkat dengan kapabilitas hub dan modem dengan harga yang murah dan bandwidth terjangkau. Pemasangan terminal tersebut mudah dilakukan dan juga mudah dioperasikan hanya dengan plug and play. Terminal pengguna tersebut dapat dilacak untuk tujuan lisensi dan pengawasan, sehingga jika tak berlisensi maka dapat diblokir atau dinonaktifkan. OneWeb menyediakan layanan untuk terminal tetap dan bergerak bagi industri maritim, penerbangan dan sistem pertahanan.

Share:

Artikel Terkini