Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Hadirkan Konektivitas Fleksibel Berskalabilitas Tinggi Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Hadirkan Konektivitas Fleksibel Berskalabilitas Tinggi ~ Teknogav.com

Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Hadirkan Konektivitas Fleksibel Berskalabilitas Tinggi

Teknogav.com – Konstelasi satelit O3b mPOWER adalah konstelasi sistem satelit non-geostationary satellite orbit (NGSO) generasi kedua dari sistem SES O3b MEO. Sistem satelit O3b mPOWER ini terdiri dari 11 satelit sekaligus yang siap menyajikan konektivitas yang fleksibel dan berskalabilitas tinggi. Konektivitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh enterprise dan pemerintahan di seluruh dunia pada tahun 2022 yang akan datang.

SES merupakan penyedia solusi konektivitas global untuk konten-konten yang didukung satelit. Berbagai layanan konektivitas sampai multi-gigabit dapat disajikan konstelasi satelit O3b mPOWER bagi berbagai industri di seluruh dunia. Industri tersebut mencakup telekomunikasi, maritim, penerbangan dan institusi-institusi pemerintahan dan internasional. 

Baca juga: Nex Parabola Siarkan Liga Champion dan Liga Eropa via SES-9

Konstelasi satelit O3b mPOWER dilakukan SES bersama dengan Boeing yang berperan sebagai mitra dalam manufaktur. Kini konstelasi satelit tersebut sedang memasuki tahap uji coba dan pengintegrasian sistem di fasilitas satelit milik Boeing di El Segundo. Peluncuran konstelasi satelit ini akan dilakukan pada bulan Desember yang akan datang.

Kehadiran konstelasi satelit O3b mPOWER akan memperkuat komitmen SES sebagai mitra terpercaya bagi institusi pemerintahan di  kawasan Asia Tenggara. Hal ini seiring dengan pesatnya transformasi digital yang dilakukan negara-negara di kawasan tersebut.

Baca juga: Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Jembatani Kesenjangan Digital Bangsa Indonesia

Konstelasi satelit O3b mPOWER merupakan satu-satunya sistem NGSO yang mengacu pada model yang sudah teruji di lapangan. Pengujian telah berhasil dilakukan dari sisi teknis dan komersial. O3b mPOWER merupakan sistem komunikasi berbasis perangkat lunak yang dapat menghadirkan konektivitas berbasis kecerdasan. Kecepatan konektivitas sistem ini mulai dari puluhan megabits sampai multi-gigabits per detik. Kemampuan tersebut dapat membantu mengoptimalkan ketersediaan bandwidth dan meningkatkan resiliensi jaringan bagi kalangan enterprise dan lembaga-lembaga pemerintahan di seluruh dunia.

Kolaborasi SES dengan Mitra dan Pelanggan

Bersamaan dengan perkenalan konstelasi satelit O3b mPOWER, SES juga megumumkan penandatanganan kesepakatan dengan Microsoft sebagai pelanggan terbaru layanan tersebut. Rencananya Microsoft akan memanfaatkan layanan MEO dalam memperluas jaringan, resiliensi layanan dan konektivitas jaringan. Upaya tersebut dilakukan seiring dengan makin tingginya beban kerja krusial prusahaan yang kini dialihkan ke cloud.

SES juga melakukan kerja sama dengan pelanggan global lain dalam memanfaatkan O3b mPOWER. Beberapa pelanggan tersebut mencakup Carnival Cruises, iSat Africa, Orange dan Virgin Voyages. Kemitraan juga dilakukan SES dengan sejumlah layanan cloud untuk menyajikan konektivitas yang aman dan terdedikasi untuk aplikasi-aplikasi berbasis cloud. Upaya ini dilakukan SES seiring pesatnya adopsi cloud oleh kalangan enterprise dan pemerintah di kawasan Asia Tenggara. Konektivitas yang aman dan terdedikasi tersebut dapat dihadirkan di kota-kota besar padat penduduk, wilayah-wilayah terpencil dan pedesaan.

Harsh Verma, Director of Sales untuk kawasan Asia Tenggara, SES
Pengembangan lingkungan operasional yang berskala dapat dilakukan SES menggunakan O3b mPOWER. Upaya ini dilakukan dengan mengoptimalkan jaringan cloud untuk mendukung berbagai layanan seperti analitik data, peranti-peranti geospasial, AI dan machine learning.

“Proses manufaktur satelit O3b mPOWER dilakukan oleh Boeing. Nantinya satelit-satelit ini akan dapat mengorkestrasi layanan konektivitas secara cerdas di jaringan seluruh dunia, termasuk di kawasan Asia Tenggara. Komitmen tersebut selaras dengan kebijakan-kebijakan strategis demi mendukung perwujudan transformasi digital yang dicanangkan pemerintah-pemerintah di kawasan regional,” ucap Harsh Verma, Director of Sales untuk kawasan Asia Tenggara, SES.

Baca juga: Kemkominfo dan PSN Berkolaborasi Persiapkan SATRIA Sediakan Koneksi Broadband Nasional

Sejumlah lembaga seperti BAKTI di Indonesia sampai MYDigital di Malaysia memiliki misi yang selaras dengan komitmen SES. Misi tersebut adalah memperkuat konektivitas yang sudah terbangun dan menghadirkan akses digital sampai ke pelosok. 

“SES berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya dalam mendukung misi pemerintah mewujudkan transformasi digital bagi bangsa. Konstelasi satelit O3b mPOWER dibangun sedemikian rupa agar mampu beradaptasi. Kemampuan tersebut menghasilkan tingkat skalabilitas bandwidth tinggi yang selaras dengan dinamika pertumbuhan kebutuhan pelanggan secara real-time. Kapabilitas ini merupakan yang pertama di industri satelit dan ruang angkasa. Kami bangga bisa menjadi pelopor di bidang sistem satelit berbasis software,” lanjut Harsh.

jadwal deployment konstelasi satelit O3b mPOWER

Proses peluncuran satelit O3b mPOWER tahap pertama akan dilakukan SpaceX di Cape Canaveral pada Desember 2021. Kemudian dua satelit berikutnya akan diluncurkan pada tahun 2022. Harapannya konstelasi satelit tersebut siap menyediakan layanan pada kuartal ketiga tahun 2022.

Share:

Artikel Terkini