Data Center AREA31 Siap Beroperasi di Kuartal I 2022 Data Center AREA31 Siap Beroperasi di Kuartal I 2022 ~ Teknogav.com

Data Center AREA31 Siap Beroperasi di Kuartal I 2022

Teknogav.com – Kebutuhan data center makin meningkat, seiring pesatnya digitalisasi bisnis di era pandemi COVID-19 yang menuntut organisasi untuk melakukan transformasi digital. PT Dwi Tunggal Putra (DTP) melalui anak perusahaan PT Dunia Virtual Online (DVO) pun siap menghadirkan data center terkininya. data center tersebut adalah AREA31 yang dibangun di lahan seluas 20.000 m2 dengan konsep yang ramah lingkungan. Ini merupakan data center keenam milik DTP, dan pertama di bawah naungan DVO.

AREA31 akan hadir sebagai penyedia tier III hyperscale data center dan teleport facilities yang dikenal sebagai Purpose-Built Data Center (PBDC). Data Center ini ditujukan untuk memenuhi lonjakan volume data dan memenuhi ekspektasi pasar data center yang makin meningkat. Berbeda dengan konsep data center pada umumnya, konsep yang diusung pada AREA31 adalah military bunker. Keamanan data center ini dijamin dengan delapan lapis keamanan tingkat tinggi.

Baca juga: Princeton Digital Group Sediakan Data Center Ramah Lingkungan di Indonesia

Peresmian Ground Breaking Ceremony yang menandakan awal proses pembangunan AREA31 telah dilakukan pada 19 Juli 2019. Proses pembangunan tersebut dibagi menjadi dua tahap, saat ini proses pembangunan berada di tahap 1. AREA31 memiliki kapasitas 10 MegaWatt (MW) dan akan menyediakan delapan Data Hall yang bisa mengakomodasi 1.200 rack. Perkiraannya AREA31 akan siap melayani pada kuartal pertama tahun 2022 dengan ketersediaan empat Data Hall untuk mengakomodasi 600 rack.

AREA31 tepatnya berada di Jl. Raya Tapos No. 31, Depok, Jawa Barat. Lokasi ini berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Jakarta dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit. Posisi tersebut memuat AREA31 cocok dijadikan data center utama maupun data center cadangan yang biasa disebut Disaster Recovery Center (DRC). Biasanya lokasi data center DRC berjarak 30 km sampai 60 km dari data center utama pelanggan.

Baca juga: Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Jembatani Kesenjangan Digital Bangsa Indonesia

Keandalan AREA31

Data center AREA31 menjamin ketersediaan layanan 99.99%. Demi mendukung ketersediaan layanan tersebut, AREA31 dilengkapi komponen elektrikal 2N, cooling infrastructure N+2 dan generator infrastructure N+1. Selain itu AREA31 memelengkapi spesfikasi bangunannya dengan beberapa keandalan. Berikut ini adalah beberapa keandalan spesifikasi bangunan tersebut:

  • Struktur bangunan M-Cast Panel yang dikenal durable, tahan peluru, Fire-Self Extinguishing, dan ramah lingkungan
  • Struktur bangunan Seismic-Proof yang mampu menahan getaran gempa sampai 8 Magnitude.
  • Kapasitas muatan lantai sampai 1,2 ton per m2 di setiap tingkat bangunan.
  • Atap beton berlapis ganda yang dapat mencegah kebocoran ke area Data Hall

Baca juga:  Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Hadirkan Konektivitas Fleksibel Berskalabilitas Tinggi

Seperti telah disinggung di awal, AREA 31 juga menyediakan fasilitas Telecommunication Port (Teleport) di area Rooftop dengan luas dari 1750 m2. Fasilitas ini ditujukan bagi Satellite Communication Provider untuk colocation stasiun bumi. Kapasitas tersebut sampai tujuh unit antena stasiun bumi berdiameter sembilan meter. Keandalan dari spesifikasi bangunan AREA31 tentu saja dapat mendukung ketangguhan dari fasilitas tersebut.

Share:

Artikel Terkini