AWS Private 5G Implementasikan Jaringan Mobile Privat dalam Hitungan Hari AWS Private 5G Implementasikan Jaringan Mobile Privat dalam Hitungan Hari ~ Teknogav.com

AWS Private 5G Implementasikan Jaringan Mobile Privat dalam Hitungan Hari


Teknogav.com – AWS mengumumkan layanan terkelola barunya di ajang AWS re:Invent, yaitu AWS Private 5G. Layanan tersebut membantu perusahaan mempersiapkan dan mengukur jaringan 5G privat di fasilitas mereka hanya dalam hitungan hari, bukan bulan. Cukup lakukan beberapa klik dalam konsol AWS untuk menentukan tempat pelanggan ingin membangun jaringan mobile mereka dan kapasitas jaringannya. Pengaturan hal tersebut sesuai kebutuhan perangkat-perangkat mereka.

Sementara pelanggan mengklik konsol, AWS memberikan dan mengelola berbagai hal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan jaringan 5G privat dan menghubungkan perangkat-perangkat. Persiapan tersebut mencakup unit radio sel kecil, inti 5G, perangkat lunak radio access network (RAN) dan SIM card. AWS Private 5G mengautomasi persiapan dan penerapan jaringan dan mengukur kapasitas permintaan untuk mendukung perangkat-perangkat tambahan dan meningkatkan trafik jaringan. Tak ada biaya di depan atau biaya per perangkat dengan AWS Private 5G. Biaya yang dikenakan hanya kapasitas jarngan dan throughput yang diminta pelanggan. 

Baca juga: Tokopedia Manfaatkan Jaringan Privat Epsilon untuk Koneksi Langsung Multi-Cloud

Saat ini makin banyak perusahaan yang perlu mengumpulkan, menganalisa dan mentransfer data dalam jumlah banyak dalam operasi mereka. Data tersebut mulai dari banyak sensor yang saling terhubung dan perangkat-perangkat edge yang umum digunakan perusahaan. Pelanggan ingin memanfaatkan teknologi seluler seperti 5G untuk kebutuhan konektivitas lokal mereka. Ini karena teknologi 5G menawarkan jangkauan yang jauh, jangkauan luar ruangan yang diperluas, mobilitas perangkat, dan perilaku jaringan yang andal. 

Teknologi seluler seperti 5G juga memungkinkan pelanggan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat dan lebih efektif untuk mengumpulkan dan mentransfer data. Hal ini tentu saja dapat dilakukan dengan lebih fleksibel dan andal dibandingkan teknologi jaringan kabel dan nirkabel saat ini. Jaringan 5G privat memberikan kelebihan dalam reliabilitas, cakupan lebih baik, latensi lebih rendah dan bandwidth lebih tinggi. Kemampuan tersebut memungkinkan perusahaan mengatur besar kecilnya jaringan sesuai perangkat yang ditambahkan.

Kelemahan Jaringan Mobile Privat Saat Ini

Jaringan mobile privat saat ini menuntut investasi dalam hal waktu, uang dan usaha untuk merancang jaringan demi mengantisipasi kapasitas puncak. Selain itu juga perlu upaya untuk mmbeli dan mengintegrasikan komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari beberapa vendor. Ketika jaringan terpasang, pelanggan harus melakukan proses pengadaan yang panjang lainnya demi meningkatkan kapasitas jaringan jika trafik melampaui kapasitas jaringan. Pelanggan juga harus mengelola kebijakan dan sistem keamanan yang berbeda untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan mobile privat, sehingga integrasi dengan sistem manajemen IT sulit.

Baca juga: Aruba ESP Hadirkan Keamanan Edge-to-Cloud di Lingkungan Perusahaan

Model pricing pada jaringan mobile privat saat ini pun mengenakan biaya untuk setiap perangkat yang terhubung. Hal ini memberikan kendala biaya untuk use case yang melibatkan ribuan perangkat yang terhubung. Halangan ini membuat banyak perusahaan tak bisa menerapkan dan mengoperasikan jaringan mobile privat.

Kelebihan AWS Private 5G

Perusahaan kini bisa melakukan pengadaan, menerapkan dan melakukan penenan ukuran jaringan mobile 5G mereka dengan AWS Private 5G. Upaya ini pun dapat dilakukan dalam hitungan hari bukan bulan. AWS Private 5G memungkinkan pelanggan login ke konsol AWS dan hanya dengan beberapa klik. Pada konsol tersebut mereka dapat menentukan jangkauan wilayah dalam lokasi geografi tempat mereka ingin menerapkan jaringan 5G privat. Mereka pun dapat menentukan jumlah trafik yang diinginkan dapat ditangani jaringan.

AWS memberikan dan mengelola berbagai hal yang dibutuhkan untuk mengoperasikan jaringan. Beberapa hal tersebut mencakup unit-unit radio seluler kecil, server, perangkat lunak RAN dan inti 5G, serta SIM card. Pelanggan pun tak perlu lagi melakukan pengadaan, pengintegrasian dan pengelolaan perangkat keras dan perangkat lunak dari beberapa vendor pihak ketiga. Ketika peralatan sudah terpasang dan dinyalakan, AWS Private 5G secara otomatis mengkonfigurasi dan menerapkan jaringan mobile. Pelanggan cukup memasang SIM card yang disediakan AWS ke perangkat mereka untuk menghubungkan perangkat ke jaringan privat.

Baca juga:  Ini Inovasi-inovasi Aruba ESP untuk Kelola Jaringan dan Permudah Integrasi

Administrator jaringan dapat mengendalikan langsung sumber daya perangkat mobile mana yang dapat mengakses jaringan mobile privat. Hal ini dilakukan menggunakan AWS Identity and Access Management (IAM) yang terintegrasi dengan AWS Private 5G. Pelanggan bisa mulai menggunakan jaringan kecil dengan perangkat yang lebih sedikit menggunakan AWS Private 5G. Ketika sudah beroperasi, pelanggan dapat menganalisa jaringan dan memanfaatkan elastisitas. AWS menawarkan tarif sesuai penggunaan untuk menskalakan jaringan mobile privat seiring penambahan perangkat. Implementasi AWS Private 5G dapat diterapkan dan dikelola dengan cepat tanpa harus melakukan pengadaan barang, penskalaan dan pengelolaan peralatan. Jadi tak perlu khawatir lagi saat perlu tambahan kapasitas ketika ingin menambah perangkat.

Share:

Artikel Terkini