Review Infinix XE20, TWS yang Simpel dan Praktis Review Infinix XE20, TWS yang Simpel dan Praktis ~ Teknogav.com

Review Infinix XE20, TWS yang Simpel dan Praktis

Teknogav.com – Oktober 2021 lalu, Infinix Indonesia menghadirkan perangkat wearable TWS pertamanya, yaitu Infinix XE20. Peluncuran perangkat ini di Indonesia dilakukan berbarengan dengan Infinix Zero X Series. Tim Teknogav.com berkesempatan untuk mereview Infinix XE20 yang memiliki varian warna hitam. Pilihan warna TWS yang tersedia saat ini adalah hitam dan putih.

Ketika kemasan Infinix XE20 dibuka, kelengkapannya mencakup charging case berwarna hitam dengan earbuds yang juga berwarna hitam. Terdapat kabel USB ke USB tipe-C berwarna hitam untuk mengisi daya dari charger adaptor ke charging case. Selain itu terdapat panduan menggunakan dan kartu garansi. TWS ini tidak dilengkapi dengan ear tips dan ukuran earbuds yang masuk ke telinga cukup besar.

Baca juga: Infinix Lengkapi Portofolio Produk Wearable Audio dengan TWS XE20 

Saat dibuka, perangkat ini belum terisi daya yang memadai. Setiap earbuds pun masih tersegel dengan lapisan berwarna biru. Lepas semua segel tersebut untuk melakukan pengisian daya. Jika tidak menemukan outlet power, maka bisa menggunakan power bank untuk melakukan pengisian perangkat ini. Waktu pengisian daya pada charging case ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam sampai penuh sedangkan untuk earphone 2 jam.

Baterai pada charging case ini memiliki kapasitas 500 mAh sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk mengisinya sampai penuh. Sementara itu masing-masing earbuds memiliki kapasitas daya baterai 42 mAh. Ketika daya terisi penuh pada earbuds ini, maka bisa digunakan untuk mendengarkan musik selama 25 jam. Sedangkan baterai charging case dapat mengisi daya earbuds untuk melakukan playback sampai seminggu. 
isi kotak Infinix XE20

Desain realme Infinix XE20

Bentuk charging case Infinix XE20 ini bundar pipih berwarna hitam. Di bagian bawah charging case terdapat port untuk melakukan pengisian daya. Dekat port tersebut, dapat dilihat adanya lampu indikator yang terlilhat berkedip saat melakukan pengisian baterai. Sayangnya lampu indikator ini tidak memperlihatkan level pengisian daya. Pada bagian depan charging case, terdapat tulisan Infinix berwarna hitam muda tersamar. Di atasnya terdapat celah untuk membuka charging case tersebut. Dimensi charging case Infinix XE20 ini benar-benar terasa imut.

earphone Infinix XE20

Di dalam charging case, terdapat sepasang earbuds yang masing-masing dilengkapi dengan lampu indikator dan bidang sentuh untuk pengendalian. Ketika dikenakan di telinga, earbuds terasa agak mengganjal, perlu hati-hati juga saat mengenakan, karena agak mudah terjatuh. Earphones ini cukup tahan terhadap cipratan air atau keringat karena sudah menyandang sertifikasi IPX4.

Baca juga: Review Headphone 1MORE Stylish BT Pro, Nyaman Dikenakan, Baterai Awet

Konektivitas Infinix XE20

Pairing antara earbuds dengan smartphone atau laptop dapat dilakukan dengan mulus melalui Bluetooth. Versi Bluetooth yang dimiliki Infinix XE20 adalah 5.0. Jarak antara perangkat yang terhubung pun bisa sampai 10 meter. Di luar radius tersebut, perangkat akan terputus, tetapi dapat dengan mudah terkoneksi saat kembali masuk radius.

Sayangnya ketika sudah terhubung otomatis setelah terputus, kadang tidak lantas terhubung sempurna. Perlu memutuskan terlebih dahulu koneksi dan menghubungnkannya kembali agar suara dapat kembali terdengar. Kendati demikian antara earphone kiri dan kanan sudah dapat dengan otomatis terkoneksi. TWS Infinix XE20 ini juga tidak dilengkapi dengan teknologi Noise Cancelling, sehingga suara latar tetap terdengar saat melakukan panggilan telepon.

Baca juga: Review realme Buds Q2, TWS Seamless dan Hemat Daya

Ketika dikenakan untuk mendengarkan musik, konferensi video atau menonton film, terkadang koneksi agak tersendat namun bisa dengan otomatis terhubung kembali. Audio yang terdengar saat menonton film pun sinkron dengan tampilan video. Latensi Infinix XE20 ini cukup rendah, yaitu 60 milidetik. Ketika bermain game, perangkat ini didukung oleh mode Game.

Earbuds ini menggunakan diafragma komposit berdiameter 10 mm yang menghasilkan audio cukup standar dengan rentang tanggapan frekuensi 20 Hz–20 kHz. Bass yang dihasilkan pun tidak terlalu mendalam. Kami tak dapat menyesuaikan profil audio atau melakukan pengaturan equalizer pada earphone ini. Nampaknya Infinix perlu menyediakan aplikasi khusus yang bisa mendukung hal ini.

Pengendalian Infinix XE20

Bidang sentuh untuk pengendalian Infinix XE20 ini cukup sensitif. Terkadang hanya tersenggol sedikit saja musik atau film terhenti. Tentu ini memudahkan juga karena film tidak otomatis terhenti ketika earphone dilepas dari telinga. Berikut ini adalah pengendalian ketukan pada Infinix XE20:

  • Tekan dua detik untuk mematikan earphone
  • Ketuk sekali untuk Play dan Pause atau menerima dan menutup panggilan telepon
  • Ketuk tiga kali untuk kembali ke lagu sebelumnya
  • Ketuk dua kali untuk ke lagu berikutnya
  • Sentuh dan tahan untuk menolak panggilan telepon

Pengaturan ketukan tersebut tak dapat diubah menggunakan aplikasi tertentu. Sayangnya juga tak ada pengendalian untuk mengatur volume suara.

Kelebihan Infinix XE20

  • Desain yang begitu simpel
  • Koneksi yang cepat dengan perangkat sumber suara
  • Baterai awet dengan koneksi port USB tipe-C

Kekurangan Infinix XE20

  • Tidak bisa mengendalikan volume suara
  • Tidak ada aplikasi untuk melakukan pengaturan profil audio atau menentukan equalizer
  • Tidak otomatis menghentikan musik atau film saat earbuds dilepas dari telinga

Harga dan Ketersediaan

Klik untuk membeli Infinix TWS  XE20 di Shopee

Harga resmi yang dibanderol para Infinix XE20 ini adalah Rp209 ribu, tapi sekarang sedang diskon lho di Shopee jadi Rp157.800. Setiap pembelian realme Buds Q2 tersedia keanggotaan Joox gratis.
Spesifikasi Infinix XE20

  • Mikrofon
  • Waktu pengisian daya earphone 2 jam
  • Waktu pengisian daya charging case 2,5 jam
  • Total Playtime 30 jam
  • Tahan air dan keringat IPX4
  • Port pengisian daya USB tipe-C
  • Jangkauan Bluetooth: 10 meter
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 EDR, BLE
  • Chipset Bluetooth ATS3015
  • Tanggapan frekuensi 20 Hz - 20 kHz
  • Latensi 60 milidetik
  • Harga: Rp209 ribu
Share:

Artikel Terkini