DANA Raih Dua Penghargaan Internasional dalam Inovasi Teknologi DANA Raih Dua Penghargaan Internasional dalam Inovasi Teknologi ~ Teknogav.com

DANA Raih Dua Penghargaan Internasional dalam Inovasi Teknologi

Teknogav.com – Dompet digital DANA selalu menekankan komitmen mereka terhadap keamanan dan perlindungan data pengguna mereka. Hal ini pun dibuktikan dengan dua penghargaan berskala internasional dari International Data Group (IDG) yang berhasil diraih. Kedua penghargaan tersebut adalah CIO75 2021 dan CSO30 ASEAN Awards 2021.

IDG adalah perusahaan media, data dan layanan pemasaran teknologi internasional. Penghargaan CIO75 2021 diberikan bagi 75 senior ekskutif Cyber Innovation yang berhasil mendukung inovasi, memperkuat ketahanan dan menghadirkan perubahan signifikan. Tahun ini ada lebih dari 150 nominator di lebih dari 20 sektor industri. Sementara itu CSO30 ASEAN Awards 2021 diberikan bagi 30 eksekutif Cyber Security dengan lebih dari 70 nominator yang ada. Setiap nominator kedua penghargaan tersebut merupakan pemimpin yang berperan penting secara nasional, regional dan global dalalm organisasi masing-masing.

Baca juga: IDC Future Enterprise Awards 2021 Anugerahkan DANA Dua Penghargaan

Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA berhasil meraih penghargaan CIO75 2021. Sementara itu Andri Purnomo, VP of IT Security DANA mendapatkan anugerah CSO30 ASEAN Awards 2021. Kedua eksekutif DANA tersebut dinobatkan berhasil masuk dalam jajaran pemimpin terknologi terdepan di Asia Tenggara dan Hong Kong. Penghargaan tersebut akan menyemangati DANA untuk terus meningkatkan keamanan pelanggan secara menyeluruh dengan mengadopsi teknologi terkini sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan.

“Perkembangan teknologi yang makin mutakhir senantiasa menjadi perhatian kami. Ini karena teknologi adalah komponen penting yang mampu mendukung jalannya dompet digital DANA. Teknologi tersebut tidak hanya untuk kemudahan bertransaksi nontunai, tetapi juga melindungi keamanan data pengguna. Oleh karena itu, dompet digital DANA didukung beragam inovasi teknologi terkini yang mampu membangun kepercayaan pengguna. Hal ini nantinya ikut mendorong adopsi serta inklusi keuangan digital untuk masyarakat Indonesia,” ucap Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA. 

Baca juga: Tips Keamanan Transaksi Digital dan Data Pribadi

DANA menerapkan keamanan berlapis yang memadukan teknologi terkini dan solusi biometrik. Layanan pun dapat diakses dan digunakan dengan cepat tanpa perlu mengingat kata kunci yang biasanya dibuat cukup kompleks. Teknologi yang digunakan tersbut adalah DANAVIZ (Visual Identity AuthoriZation) untuk melakukan autentikasi wajah manusia. Beberapa contoh lain penerapan perpaduan teknologi tersebut adalah sebagi berikut:

  • Sistem Pendeteksian Penipuan atau Fraud Management System (FMS)
  • Sistem Pendeteksian yang bukan dilakukan oleh manusia atau Robotics Detection System (RDS) berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI)

Keamanan dalam dompet digital DANA pun dijamin dengan inovasi teknologi. Informasi sensitif seperti informasi kredensial (kata sandi, token dan lain-lain) dilindungi sepenuhnya dengan enkripsi. DANA juga memberikan jaminan proteksi 100% untuk kenyamanan dan keamanan saat bertransaksi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Dompet Digital DANA Sandang Sertifikasi Keamanan ISO 27001:2013

Sertifikasi keamanan global yang disandang DANA pun diperbarui setiap tahun untuk membuktikan keseriusan DANA dalam memprioritaskan keamanan. Beberapa sertifikasi yang dimiliki DANA tersebut antara lain adalah:

  • Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yang berkaitan dengan bank penerbit kartu dan jaringan kartu pembayaran bermerek
  • Sertifikasi ISO 27001:2013 yang mencakup perlindungan terhadap keamanan data pelanggan.

“Sekarang kami dapat menunjukkan kepada dunia bahwa keamanan siber menjadi bagian dari fokus utama DANA. DANA mengimplementasikan standar global yang sama dengan sederet perusahaan lainnya guna memberikan pengalaman bertransaksi digital terbaik. Tidak hanya untuk perusahaan, kepedulian DANA terhadap keamanan siber juga ditunjukkan dengan mengadakan edukasi berbentuk kampanye maupun webinar. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan literasi masyarakat mengenai keamanan bertransaksi digital sekaligus memajukan industri,” ucap Andri Purnomo, VP of IT Security DANA.

Share:

Artikel Terkini