Sambut Imlek, Sampoerna Academy Tanamkan Nilai-nilai IGNITE Melalui Kegiatan Edukatif Sambut Imlek, Sampoerna Academy Tanamkan Nilai-nilai IGNITE Melalui Kegiatan Edukatif ~ Teknogav.com

Sambut Imlek, Sampoerna Academy Tanamkan Nilai-nilai IGNITE Melalui Kegiatan Edukatif


Teknogav.com
– Sampoerna Academy merayakan tahun baru Imlek dengan menyelenggarakan festival bertema The Spirit of Tiger secara virtual.  Tahun Baru Imlek banyak dirayakan di berbagai negara di Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Vietnam dan Taiwan. Sebagai sekolah interkultural, Sampoerna Academy mengajak siswa dan orang tua merayakan Tahun Baru Imlek ini untuk menjunjung keragaman budaya. Para siswa dapat mendemonstrasikan nilai-nilai Integrity, Growth-Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork dan Excellence (IGNITE) dalam serangkaian kegiatan di festival ini.

“Pada perayaan tahun baru Imlek kali ini, kami mendorong para siswa untuk menerapkan nilai-nilai IGNITE. Selama ini nilai-nilai tersebut selalu kami tanamkan dalam setiap kesempatan. Misalnya, kali ini para murid Sampoerna Academy akan membawakan tarian Barongsai. Kegiatan ini secara langsung dan tidak langsung mengajak mereka mempelajari makna dan filosofi dari tradisi barongsai, sekaligus mempraktekkan gerakan tariannya. Selama latihan intensif tiga bulan terakhir, para murid diajak berkolaborasi, bekerjasama, dan berpikiran terbuka terharap tradisi dan budaya yang berbeda. Berbagai hal ini menjadi representasi perwujudkan nilai-nilai IGNITE yang dimiliki murid Sampoerna Academy,” ucap Dr Mustafa Guvercin, School Director Sampoerna Academy.

Baca juga: Sampoerna Academy Ajari Anak Lestarikan Bumi dengan HEARTs Workshop

Selain pertunjukan Barongsai dan pagelaran yang ditampilkan para siswa, ada begitu banyak kegiatan interaktif dan edukatif lainnya yang memeriahkan festival. Beberapa kegiatan tersebut termasuk Live Cooking bersama Chef Vania dan Little Chef Chiellyn Ashely, serta Live Chinese Calligraphy

Sesi live cooking akan diisi Chef Vania Wibisono untuk memasak Eight Treasure Rice. Sesuai namanya, hidangan ini terdiri dari delapan manisan buah dan biji-bijian. Angka delapan sendiri merupakan angka keberuntungan dalam budaya Asia. Dalam bahasa Mandarin, angka tersebut dilafalkanyang bermakna tumbuh menjadi kaya dan sejahtera. Kedelapan buah dan biji-bijian tersebut juga mengandung filosofi yang mendalam lho. Berikut ini adalah makna dari masing-masing bahan tersebut:

  • Biji teratai melambangkan pernikahan atau keluarga harmonis dan kebahagiaan
  • Lengkeng merupaakan lambang persatuan
  • Jeruk melambangkan keberuntungan
  • Jujube menggambarkan keinginan untuk mendapatkan anak
  • Manisan ceri dan melon madu menggambarkan kemanisan hidup
  • Bubur jelai bermakna umur panjang dan keberkahan
  • Biji bunga matahari menggambarkank kehidupan yang seimbang dan damai

“Setiap orang pasti ingin sejahtera dan makmur, karena itulah kita bisa lihat bahwa makanan ini sangat popular selama festival Imlek,” ucap Chef Vania. 

Baca juga: Sampoerna Academy Berkolaborasi dengan Buumi PlayScape Gelar STEAM PlayDay

Dr Mustafa Guvercin, School Director Sampoerna Academy

Perayaan yang dilakukan Sampoerna Acedemy ini sesuai dengan filosi pengajaran yang mendorong siswa untuk mengeksplorasi, berinovasi dan berkomunikasi. Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathemetics (STEAM) yang fokus pada pengembangan kompetensi diterapkan pada kegiatan tersebut. STEAM fokus pada pengembangan kompetensi Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity, and Character (5C).  Setiap program atau acara yang digelar Sampoerna Academy dirancang dengan pendekatan STEAM untuk menjadi sarana pendidikan.

Baca juga: Sampoerna Academy Berkolaborasi dengan Hello Library Gelar Literacy Club

“Melalui acara ini, Sampoerna Academy juga mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sejahtera dan diberi kesehatan. Tahun ini merupakan tahun Macan dan dalam filosofi Asia, macan dikenal sebagai simbol kekuatan dan keberanian. Kita selalu dapat menggunakan The Spirit of Tiger yang penuh keberanian dalam mengatasi berbagai tantangan tidak terduga,” tutup Dr Guvercin.

Share:

Artikel Terkini