Perkuat Kolaborasi, Rektor UGM Kunjungi Huawei Innovation Center Perkuat Kolaborasi, Rektor UGM Kunjungi Huawei Innovation Center ~ Teknogav.com

Perkuat Kolaborasi, Rektor UGM Kunjungi Huawei Innovation Center

Teknogav.com – Huawei dan Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menjalin kolaborasi sejak tahun 2013. Baru-baru ini kolaborasi tersebut diperkuat dengan kunjungan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., ke Huawei Innovation Center. Prof. Panut mendorong Huawei dan pengembang teknologi lain untuk terus mendukung dan berkontribusi nyata bagi pendidikan tinggi di Indonesia. Kontribusi ini dibutuhkan demi mencetak talenta digital yang memadai.

Kolaborasi UGM dengan Huawei adalah bagian dari mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.  Kebijakan tersebut digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset dan Teknologi. Kunjungan UGM ke Huawei Innovation Center menegaskan komitmen kedua pihak terhadap peningkatan talenta digital di Indonesia. 

“UGM berharap kerja sama yang sudah berjalan ini dapat ditingkatkan dan diperluas, mengingat Indonesia masih berkewajiban untuk menguasai bidang siber. Hal ini agar Indonesia  tidak terlena kemajuan-kemajuan di bidang teknologi informasi yang terus bertransformasi dan mentransformasikan kehidupan kita secara drastis,” ucap Prof. Panut.

Baca juga: Huawei Berikan Pelatihan Pelatihan AI dan Pemanfaatan AI Atlas 200DK

Serangkaian kerja sama telah dilakukan Huawei dan UGM sebelumnya. Beberapa kerja sama tersebut adalah sebagai berikut:

  • pameran kerja dan kesempatan magang
  • berbagi pengetahuan dalam Huawei Tech Day yang diselenggarakan sejak tahun 2015
  • program sertifikasi datacom bagi mahasiswa
  • program ICT Academy sejak tahun 2018
  • pengembangan kurikulum AI sejak tahun 2020
  • pelatihan tentang edge computing melalui Huawei Asia Pacific Atlas Edge Computing Indonesia eBootcamp pada tahun 2020
  • perlombaan ICT Competition untuk kategori Network, Cloud, dan AI. UGM pun telah berhasil meraih juara pertama pada kategori Network di tahun 2021. Sebelumnya UGM meraih peringkat kedua di tingkat nasional pada tahun 2019 dan 2020.

Baca juga: ITB Wakili Indonesia di Huawei ‘ICT Competition 2019-2020’ Pasifik Selatan

“Selama lebih dari 21 tahun hadir di Tanah Air, Huawei menaruh perhatian yang sangat dalam kepada pengembangan talenta digital Indonesia, di samping membangun konektivitas dan mendukung transformasi digital. Kami senang dapat terus berkolaborasi dengan UGM sebagai universitas negeri ternama yang konsisten menghasilkan lulusan berkualitas,” ucap Dani K. Ristandi, HR Director Huawei Indonesia Dani K. Ristandi.

Pada tahun 2020, Huawei menegaskan komitmennya untuk mempersiapan talenta digital di Indonesia secara konkret. Komitmen tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman dengan Kantor Staf Presiden. Huawei berkomitmen menyiapkan 100 ribu talenta digital di Indonesia pada tahun 2025 di bawah payung komitmen I Do Contribute. Komitmen ini demi mendukung target pemerintah untuk menyiapkan 600 ribu talenta digital setiap tahun. Talenta digital ini merupakan kebutuhan utama dalam menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital yang patut diperhitungkan di kancah global.

Baca juga: Ditjen Diktiristek Anugerahkan Penghargaan Kontributor Talenta Digital Terbaik bagi Huawei

Perwujudan komitmen Huawei tersebut tentunya membutuhkan kolaborasi dengan perguruan tinggi yang aktif melakukan pendidikan dan penelitian.

“Huawei dan UGM akan menjalin kerja sama yang makin erat. Kerja sama tersebut khususnya dalam perekrutan lulusan baru tingkat sarjana dan pascasarjana serta pemagangan mahasiswa. Kami berharap, kolaborasi tersebut dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan peluang ekonomi, dan terlebih mendorong alih pengetahuan dan teknologi kepada lulusan UGM yang akan menjadi para calon pemimpin masa depan,” ucap Dani.

Share:

Artikel Terkini