ASUS Pamerkan Sederetan Laptop Inovatif Terkini di CES 2022 ASUS Pamerkan Sederetan Laptop Inovatif Terkini di CES 2022 ~ Teknogav.com

ASUS Pamerkan Sederetan Laptop Inovatif Terkini di CES 2022

Teknogav.com – Serangkaian produk dan inovasi teknologi terkini dipamerkan ASUS pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat. ASUS kembali mempertegas posisi sebagai perusahaan teknologi yang mengedepankan inovasi pada acara virtual yang betajuk ‘Incredible Unfolds’. Inovasi-inovasi ASUS dituangkan pada berbagai produk seperti Zenbook 17 Fold OLED dan Zenbook 14X OLED Space Edition. Selain itu diperkenalkan juga jajaran laptop baru untuk lini consumer, enterprise dan gaming.

“Kata Incredible selalu menjadi bagian dari ASUS. Kami sangat bangga dapat memberikan solusi komputasi yang komperhensif bagi semua, mulai dari kategori bisnis, kreator, gaming, dan lainnya,” ucap Samson Hu, co-CEO ASUS di acara Incredible Unfolds.

ASUS merevolusi PC sebagai perangkat penunjang kebutuhan komputasi tanpa henti, memprioritaskan mobilitas dan mendorong produktivitas di tahun 2022 ini. Hal ini diwujudkan melalui lini ASUS Zenbook terkini yang dirancang khusus bagi penggiat teknologi yang jumlahnya makin banyak. Para penggiat teknologi membutuhkan perangkat komputasi yang portabel dan lebih tangguh dari sebelumnya. ASUS pun membekali seri Zenbook terkini dengan prosesor Intel generasi terkini yang sanggup menyajikan kinerja terbaik. 

Baca juga: ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Tangguh yang Tipis

Produk-produk Zenbook terkini dibekali dengan fitur dan desain premium terbaik sehingga memberikan pengalaman komputasi yang mudah dan mobile. Berikut ini adalah jajaran laptop terkini ASUS yang diperkenalkan di acara ‘Incredible Unfolds’:

Zenbook 17 Fold OLED (UX9702)

ASUS Zenbook 17 Fold OLED

Bintang utama pada acara ‘Incredible Unfolds’ adalah Zenbook 17 Fold OLED yang merupakan laptop dengan layar yang bisa dilipat. Laptop ini merupakan hasil kolaborasi ASUS dan BOE Technology Group.  Ukuran layar laptop Zenbook 17 Fold OLED ini adalah 17,3 inci dengan resolusi 2,5 K (4:3).

Layar tersebut dapat dilipat dan ditransformasi menjadi dua layar berukuran 12,5 inci dengan resolusi 1920 x 1280 (3:2). Tampilan layar memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan didukung teknologi Dolby Vision HDR. Sertifikasi PANTONE Validated Display pun sudah disandang layar yang menjamin akurasi warna. Sementara itu untuk menjamin kenyamanan mata, layar laptop ini pun sudah menyandang sertifikasi eye-care dari TÜV Rheinland.

Zenbook 17 Fold OLED terlihat fleksibel dengan perpaduan keyboard dan touchpad nirkabel ASUS ErgoSense. Mode penggunaan laptop ini pun lebih beragam, yaitu mode PC, laptop, tablet, on-screen keyboard, book dan extend. Sistem audio dengan konfigurasi empat speaker yang disertifikasi Harman Kardon pun siap mendukung teknologi Dolby Atmos di laptop.

ASUS pun telah menyematkan sistem kamera pintar beresolusi 5 MP yang dapat mendeteksi keberadaan pengguna dengan modul IR HD camera. Kamera tersebut juga dapat menjadi sarana keamanan yang terintegrasi dengan Windows Hello. Ketika kondisi minim cahaya, kamera tetap dapat menangkap gambar dengan jernih berkat teknologi ASUS 3D Noise Cancelling. Selain itu juga ada sensor khusus untuk membaca kondisi warna dan temperatur di sekitar pengguna. Data sensor tersebut dimanfaatkan untuk menyesuaikan hasil tangkapan kamera utama sehingga dapat memberikan hasil terbaik.

Kinerja Zenbook 17 Fold OLED ini mengandalkan CPU dan GPU terintegrasi terkini dari Intel. Laptop ini bahkan menyandang sertifikasi Intel EVO yang menjamin kinerja, portabilitas, daya tahan baterai dan pengalaman pengguna. Konektivitas  pada laptop dilengkapi dua port USB tipe-C yang menggunakan teknologi Thunderbolt 4 dan power delivery sampai 75 watt.

Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401)

ASUS Zenbook 14X OLED

ASUS memperkenalkan Zenbook 14X OLED Space Edition untuk mengenang pencapaian ASUS P6300 dalam menjalankan misi di stasiun luar angkasa MIR. Pada tahun 1997, ASUS P6300 berhasil menjalankan misi di MIR selama 600 hari tanpa kendala. Kini Zenbook 14X OLED hadir dengan desain dan tema luar angkasa yang unik dengan warna Zero-G Titanium.

Di balik layar utama Zenbook 14X OLED Space Edition, terdapat layar tambahan berukuran 3,5 inci, yaitu ZenVision. Layar tambahan ini bisa menampilkan animasi, pesan, sampai gambar sesuai kebutuhan pengguna. Beralih ke layar utama, terdapat layar ASUS OLED dengan resolusi 2,8 K (16:10) 90 Hz dan color gamut 100% DCI-P3. Sertifikasi yang disandang layar tersebut mencakup PANTONE Validated Display, VESA DisplayHDR True Black 500, serta eye-care dari TÜV Rheinland.

Kinerja laptop ini mengandalkan prosesor terkini dari Intel yang didukung RAM sampai 32 GB. Media penyimpanan laptop menggunakan 4 SSD PCIe 4.0. Konektivitas nirkabel terkini, Wi-Fi 6E menjamin kinerja laptop yang cepat untuk berbagai kegiatan.

Ketangguhan laptop ini untuk skenario penggunaan di luar angkasa sudah teruji dengan menyandang sertifikasi US Space Systems Command Standard SMC-S-016A. Pengujian tersebut termasuk suhu ekstrem (-24⁰ - 61⁰C) dan operasional pada tingkat getaran tinggi (20-2000 Hz).

Zenbook 14 OLED (UX3402)

ASUS Zenbook 14 OLED

Desain yang diusung Zenbook OLED lebih modern dan elegan dibandingkan generasi sebelumnya. Nuansa Zenbook pada desain baru ini sangat kental, yaitu dimensi ringkas dengan ketebalan hanya 16,9 mm dan bobot 1,39 kg. Pilihan warna yang tersedia adalah Aqua Celadon dan Ponder Blue.

Layar Zenbook 14 OLED ini berukuran 14 inci dengan resolusi 2,8 K (16:10) 90 Hz. Bezel layar sangat tipis berkat fitur NanoEdge Display. Tingkat reproduksi warna pada layar pun sangat tinggi dengan color gamut 100% DCI-P3. Sertifikasi PANTONE Validated Display, VESA DisplayHDR True Black 500, dan eye care dari TÜV Rheinland pun sudah disandang layar tersebut.

Kinerja laptop tetap tangguh berkat penggunaan CPU dan GPU terintegrasi dari Intel generasi terkini. Prosesor tersebut pun sudah didukung dengan RAM berkapasitas sampai 16 GB. Media penyimpanan pun sudah menggunakan SSD PCIe 4.0. Sedangkan konektivitasnya menggunakan Wi-Fi 6E dan port USB tipe-C dengan teknologi Thunderbolt 4. Sumber daya laptop pun mengandalkan baterai berkapasitas 75 Whr yang mampu bertahan seharian. Laptop ini pun sudah menyandang sertifikasi Intel EVO sehingga dijamin kinerjanya optimal.

ASUS Chromebook Flip CX5 (CX601)

ASUS Chromebook Flip CX5

Chromebook Flip CX5 dirancang untuk memenuhi kebutuhan komputasi modern, yang mencakup bekerja, berlajar dan menikmati hiburan. Perangkat ini hadir dengan desain convertible yang layarnya bisa diputar sampai 360˚. Layar tersebut mengadopsi teknologi NanoEdge sehingga hadir dengan bezel yang tipis. Rasio layar pun 16:10 yang terasa lebih lapang dibandingkan layar dengan rasio 16:9, sehingga dapat menampilkan konten lebih banyak.

Baca juga: ASUS Chromebook Flip C434 dan C436, Desain Premium dan Fleksibel 

Prosesor yang digunakan pada Chromebook Flip CX5 ini adalah Intel generasi terkini yang siap menunjang produktivitas. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM dengan kapasitas sampai 16 GB. Konektivitas sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6E (802.11ax) yang didukung fitur ASUS Wi-Fi Master. Selain itu tersedia juga versi khusus yang ditenagai Intel vPro dan bisa disesuaikan untuk kebutuhan Chrome Enterprise dan Chrome Education.

ASUS ExpertBook B5 Series (B5402C dan B5402F)

ASUS ExpertBook B5

Dua pilihan form-factor dihadirkan pada laptop ultra-ringan ExpertBook B5 Series, yaitu clamshell dan convertible. Ukuran layar laptop ini 14 inci, melengkapi seri sebelumnya yang memiliki layar berukuran 13 inci. Kinerja laptop ini tangguh mengandalkan prosesor Intel generasi terkini yang didukung RAM sampai 48 GB. Berbagai fitur cerdas yang disematkan pada laptop ini siap meningkatkan produktivitas pengguna. Fitur-fitur tersebut termasuk AI Noise Cancellation, ASUS NumberPad dan SSD ganda dengan konfigurasi RAID untuk meningkatkan kinerja.

Baca juga:  ASUS ExpertBook B5 Flip, Laptop Bisnis dengan Layar ASUS OLED

Konektivitas pada ASUS ExpertBook B5 pun sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6E. Sementara itu keamanan diperkuat dengan Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Akses ke sistem juga bisa lebih praktis menggunakan sensor sidik jari dan pemindaian wajah menggunakan IR Camera.

Bahan premium yang digunakan pada laptop ini adalah magnesium-aluminium. ASUS ExpertBook B5 dirancang secara presisi untuk tampil ringkas, ringan dan kokoh. Ketangguhannya telah menyandang sertifikasi MIL-STD 810H yang merupakan standar militer Amerika Serikat.

ASUS TUF Gaming F15 dan F17

ASUS TUF Gaming F15 dan F7

Desain baru TUF Gaming terinspirasi dari mecha anime dengan durabilitas bodi yang tangguh. Ketangguhan laptop gaming ini pun telah menyandang sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer Amerika Serikat, yaitu MIL-STD810H. Kinerja TUF Gaming F15 dan F17 pun tangguh mengandalkan prosesor Intel generasi terbaru. Sementara itu dari sisi grafis sudah menggunakan GPU NVIDIA generasi terkini dengan TGP sampai 140 W. Perpaduan perangkat keras tersebut tentunya tangguh untuk bermain game

Baca juga: ASUS TUF Gaming F15 (FX506), Tangguh dengan Harga Terjangkau 

ASUS juga membekali MUX Switch pada seri TUF Gaming terbaru ini untuk meningkatkan kinerja gaming. Cara kerja MUX Switch adalah dengan mengalihkan jalur data dari GPU langsung ke layar tanpa melalui GPU terintegrasi di CPU. MUX Switch dapat meningkatkan kinerja gaming sampai 10% di sebagian besar game modern yang ada saat ini. Layar laptop TUF Gaming ini tersedia dalam dua opsi, yaitu Full HD 300 Hz atau QHD 165 Hz.

Sistem pendinginan TUF Gaming F15 dan F17 menggunakan dua kipas Arc Flow yang memiliki 84 bilah kipas. Ketebalan setiap bilah kipas tersebut hanya 0,1 mm di bagian ujungnya. Desain ini dapat mengurangi turbulensi yang akan memperlancar aliran udara tanpa harus mempercepat putaran kipas. Sistem pendinginan pun bisa lebih hening tapi bisa mengalirkan udara 13% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

TUF Dash F15

TUF Dash F15

Laptop gaming portabel TUF Dash F15 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2021. Kini TUF Dash F15 ditenagai prosesor Intel generasi terkini dan disertai fitur MUX Switch pada GPU. Kinerja prosesor tersebut juga didukung RAM DDR5 4800 MHz dan media penyimpanan SSD PCIe 4.0 untuk menyajikan pengalaman gaming terbaik.

Baca juga: Hasil Benchmarking Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15 (FX516) 

Kerennya, layar pada TUF Dash F15 ini memiliki resolusi QHD dan refresh rate 165 Hz. Layar tersebut dapat mereproduksi warna dengan color gamut 100% DCI-P3 sehingga cocok digunakan pembuat konten. Konektivitas pada laptop pun sudah didukung port USB tipe-C dengan teknologi Thunderbolt 4 dan Power Delivery sampai 100 W.

Demikianlah jajaran beberapa laptop inovatif ASUS yang diperkenalkan pada ajang CES 2022.

Share:

Artikel Terkini