Segera Hadirkan Smartphone Reno Terbaru, OPPO Perkuat Slogan ‘Portrait Expert’ Segera Hadirkan Smartphone Reno Terbaru, OPPO Perkuat Slogan ‘Portrait Expert’ ~ Teknogav.com

Segera Hadirkan Smartphone Reno Terbaru, OPPO Perkuat Slogan ‘Portrait Expert’

Teknogav.com – OPPO mengusung fitur self portrait sebagai andalan sejak tahun 2016 dan menjadi top of mind sebagian besar konsumen di Indonesia. Di kuartal pertama tahun 2022 ini, OPPO pun akan memperkenalkan perangkat Reno terbaru dengan mengusung fitur portrait. Harapannya fitur portrait kan menjadi fitur menjadi andalan di tahun 2022.

Bekerja sama dengan Sony, OPPO berusaha menghadirkan fotografi komputasional yang memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Fitur tersebut dihadirkan dengan memanfaatkan kepiawaian Sony dalam menghadirkan sensor optik untuk smartphone yang terbaik. Kemudian dipadukan dengan kemampuan pemrosesan grafis dari prosesor pengolah gambar (NPU) dan penglihatan komputasional dari sistem pengolahan gambar yang mumpuni.

Perangkat Reno yang akan segera dihadirkan tersebut tak hanya akan menghasilkan foto portrait terbaik dari kamera depan. Kamera utama yang berada di bagian belakang smartphone tersebut pun akan dibekali fitur andalan tersebut. Tentunya hal ini dilakukan untuk memperkuat slogan ‘Portrait Expert’ yang diusung OPPO melalui seri Reno terkini.

Baca juga: Kamera pada OPPO Reno6 Dukung Videografi Bokeh Sinematik

hasil pemotretan foto portrait menggunakan teknologi kamera yang akan hadir pada seri Reno terbaru

“Setelah jargon ‘Selfie Expert’ yang menjadi identitas merek yang paling kuat di 2016 hingga 2019, OPPO berfokus pada kualitas keseluruhan perangkat kameranya. Melalui lini seri Reno, OPPO berupaya menghadirkan fitur unggulan yang terus dikembangkan berdasarkan kecerdasan buatan terutama portrait. Makin lama kemampuan portrait pada smartphone akan makin disukai pengguna dan akan menjadi fitur favorit pada smartphone di tahun 2022,” ucap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Salah satu faktor pengembangan kemampuan portrait pada smartphone adalah prosesor pengolah grafis yang berbasis AI. Neural Processing Unit (NPU) merupakan prosesor yang memberikan kemampuan mengolah gambar dengan AI sehingga memberikan hasil lebih baik. Prosesor tersebut berhasil dikembangkan OPPO secara mandiri dan telah diluncurkan tahun lalu dengan nama MariSilicon X.

Foto portrait berkualitas tinggi juga membutuhkan penggunaan sensor kamera terbaik saat memotretnya. Nah, smartphone seri Reno yang akan datang ini dibekali dengan sensor Sony IMX 709 yang dikembangkan Sony bersama OPPO. Pengembangan sensor tersebut dilakukan OPPO bersama Sony selama tiga tahun dengan melibatkan 300 insinyur dan menghasilkan 87 paten. Nilai investasi pada teknologi ini mencapai lebih dari USD1,5 juta.

Baca juga: OPPO Perkenalkan Empat Inovasi Pencitraan Smartphone Masa Depan

Hasilnya, Sony IMX 709 memiliki banyak keandalan, termasuk peningkatan kepekaan cahaya 60% dan pengurangan noise 35% dibandingkan sensor pada Reno6. Sensor tersebut memiliki kepekaan cahaya yang tinggi di lingkungan rendah cahaya. Penempatan sensor RGBW yang baru pun dilakukan OPPO untuk menghasilkan foto portrait lebih jernih dan alami.

algoritma penggabungan AI

OPPO pun terus melakukan pengembangan perangkat lunak untuk menghasilkan sistem AI yang dapat membaca segala situasi saat menangkap foto portrait. Sistem tersebut akan menghasilkan foto terlihat sangat alami dan terintegrasi dalam antarmuka ColorOS 12. Sistem AI tersebut memanfaatkan fitur Adaptive Brightness Enhancement, Adaptive Dynamic Range dan Adaptive Noise Reduction.

Peningkatan kecerahan adaptif dilakukan menggunakan eksposur otomatis (AE) Adaptive Gain untuk memastikan rasio sinyal terhadap noise di tingkat optimal. Sementara itu Adaptive Dynamic Range bekerja dengan menggabungkan beberapa tingkatan frame dengan teknologi HDR. Kemudian noise dikurangi dengan teknologi pemisahan gambar (adaptive noise reduction). 

Baca juga: Demi Percepat Inovasi, OPPO Bangun Pusat Litbang Baru

Perangkat Reno yang akan datang tak hanya mengusung pengembangan fitur dan teknologi terkini, namun juga perangkat keras terbaru. Selain mengandalkan fitur protrait, OPPO juga akan menghadirkan smartphone tersebut dengan teknologi jaringan 5G.

Share:

Artikel Terkini