Ruangguru Ajak Memaknai Prestasi dengan Pro-Growth Mindset dan Kampanyekan #IniBaruJuara Ruangguru Ajak Memaknai Prestasi dengan Pro-Growth Mindset dan Kampanyekan #IniBaruJuara ~ Teknogav.com

Ruangguru Ajak Memaknai Prestasi dengan Pro-Growth Mindset dan Kampanyekan #IniBaruJuara


Teknogav.com - Ruangguru adalah perusahaan teknologi pendidikan dengan layanan mencakup video belajar berlangganan, bimbingan belajar langsung dan pelatihan soft skills online. Seiring dengan dimulainya semester baru, Ruangguru menyelenggarakan riset untuk memahami aspirasi dan persepsi masyarakat terhadap makna pendidikan dan prestasi. Berdasarkan temuan-temuan pada penelitian tersebut, Ruangguru pun meluncurkan kampanye bertajuk #IniBaruJuara yang mengusung semangat inklusivitas pendidikan.

Penelitian Ruangguru dilakukan pada lebih dari 360 responden di seluruh Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responen percaya pendidikan adalah kunci jaminan masa depan lebih sejahtera. Sebagian responden juga menyatakan bahwa makna juara adalah saat dapat membuat perubahan yang lebih baik dalam hidup. 

Kendati demikian mayoritas responden merasa bahwa sistem pendidikan terkadang masih berpihak pada pelajar yang meraih peringkat atas. Mereka lebih suka dengan pendidik yang merangkul semua pelajar dan mengajarkan materi secara menyenangkan.

hasil penelitian Ruangguru

Baca juga: Tingkatkan Pengalaman Belajar, Quipper Hadir dengan Fitur dan Wajah Baru 

Kampanye #IniBaruJuara mengajak para pemangku kepentingan dalam sistem pendidikan untuk memaknai ulang prestasi dan merayakan perubahan diri menjadi lebih baik. Ruangguru menegaskan bahwa pendidikan berkualitas, tidak berjarak dan fleksibel merupakan hak pelajar.

“Kami mengerti bahwa kesuksesan dan prestasi memiliki keanekaragaman makna, dan senantiasa dijadikan sebagai cerminan atau refleksi nilai diri setiap pribadi. Nilai akademis dan ranking seharusnya hanya berfungsi sebagai tolok ukur pemahaman materi dan landasan strategi dalam mengatur program studi. Fungsi nilai bukan sebagai patokan kesuksesan dan standar prestasi siswa yang bersifat final,” ucap Ignatius Untung Surapati, VP Marketing, Ruangguru.

Nicholas Saputra, Duta Belajar Ruangguru pun merasa bahwa pesan kampanye tersebut relevan. Berdasar pengalamannya, banyak pihak yang mendefinisikan prestasi sebagai pencapaian signifikan yang hanya diukur dari nilai akademis

“Sejak saya sekolah hingga sekarang, masih banyak pihak yang memandang prestasi akademis sebagai tolok ukur utama dan cerminan nilai diri. Itulah sebabnya, ketika nilai ujian kurang baik, semangat pelajar rentan patah. Pesan kampanye ini menegaskan pentingnya pendidikan yang inklusif untuk mencerdaskan anak bangsa. Makna belajar adalah proses pengenyaman ilmu dan keterampilan untuk menjadi versi diri yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi seharusnya setiap pencapaian, baik besar ataupun kecil, patut diakui dan dihargai,” ucap Nicholas Saputra

Hal senada pun diungkapkan oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak dan Remaja. Menurutnya orang tua dan pendidik berperan penting membantu menanamkan pro-growth mindset sejak dini. Pengukuran prestasi dilakukan dari segala pencapaian demi kebaikan diri. Penanaman pola pikir yang mengakui segala bentu pencapaian harus dilakukan orang tua dan pendidik dalam menuntun anak-anak. Hal ini penting untuk membangun rasa percaya diri dan kebaikan diri sehingga pencapaian signifikan memiliki makna lebih dalam.

Baca juga: Migo Belajar Mudahkan Belajar Tanpa Perlu Koneksi Internet

Ignatius Untung mengungkapkan bahwa Ruangguru juga mengajak seluruh pelajar untuk memacu diri dalam menciptakan perubahan yang lebih baik. Kampanye ini mengajak seluruh pelajar dari berbagai latar belakang tanpa kecuali. Pelajar diajak terus berjuang demi kemajuan sekecil apa pun di berbagai kondisi dan tantangan demi mewujudkan versi diri lebih baik.

Selaras dengan kampanye #IniBaruJuara, berbagai ajang interaktif seru dan bermanfaat disediakan Ruangguru bagi pelajar dan anak muda Indonesia. Ajang ini adalah Ruangguru Youth Summit, yaitu konferensi bagi seluruh pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Tujuan ajang ini adalah memberikan inspirasi dalam memaknai perjuangan dan keberhasilan berbagai tokoh inspirasional dari berbagai latar dan industri. Konferensi ini diselenggarakan selama periode 29-30 Januari 2022 secara virtual. Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri di ruangguru.com/summit.

Baca juga: Acer for Education, Solusi Pendidikan Menyeluruh dengan LMS Berstandar Internasional 

Ruangguru juga menyediakan sistem tata kelola pembelajaran untuk sekolah dan aplikasi pelatihan untuk korporasi. Kini Ruangguru sudah digunakan lebih dari 25 juta pelajar di Indonesia, Thailand dan Vietnam.

data hasil penelitian Ruangguru
Share:

Artikel Terkini