Platform Pengelolaan SDM Darwinbox Raih Pendanaan US$72 Juta Platform Pengelolaan SDM Darwinbox Raih Pendanaan US$72 Juta ~ Teknogav.com

Platform Pengelolaan SDM Darwinbox Raih Pendanaan US$72 Juta


Teknogav.com – Darwinbox merupakan platform Human Capital Management (HCM) berbasis cloud yang melayani kebutuhan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan. Baru-baru ini, perusahaan yang didirikan akhir tahun 2015 ini menerima pendanaan sebesar USD72 juta. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Technology Crossover Ventures (TCV) dan beberapa investor tetap. Darwinbox mendapat valuasi di tingkat unicorn dengan nilai pendanaan lebih dari USD1 miliar setelah pendanaan ini. 

TCV dikenal dengan investasi mereka di beberapa brand teknologi terkemuka seperti Airbnb, Facebook, GoDaddy, Netflix, dan Zillow. Investor-investor tetap yang ikut pendanaan Darwinbox kali ini mencakup 3One4Capital, Endiya Partners, JGDEV, Lightspeed, Salesforce Ventures, SCB 10X, dan Sequoia.

"Kami senang melakukan investasi kepada para pendiri visioner yang secara fundamental dapat mentransformasi industri besar dengan produk yang hebat. Saya senang dapat mendukung tim luar biasa yang melakukan transformasi teknologi SDM yang berdampak besar dan berkembang pesat. Kami pun senang bermitra dalam perjalanan mereka menuju kepemimpinan HCM global,” ucap Gopi Vaddi, General Partner di TCV.

Baca juga: CATAPA Gratiskan Solusi Manajemen Penggajian Bagi UMKM

Rencana Penggunaan Pendanaan

Darwinbox bertujuan untuk agresif berinvestasi dan mengembangkan sektor di Jakarta. Targetnya dalam enam bulan ke depan, perusahaan tersebut sudah memiliki lebih dari 100 anggota tim. Pendanaan terkini yang diterima Darwinbox akan digunakan untuk mendukung rencana ekspansi global dan mempercepat inovasi platform. Darwinbox juga akan memperkuat kehadiran di berbagai sektor pasar dengan memanfaatkan pendanaan tersebut.

Jayant Paleti, Co-Founder Darwinbox

“Investasi kali ini menegaskan misi kami untuk terus membangun teknologi yang memungkinkan berbagai organisasi mengeluarkan potensi terbaik karyawan mereka. Kami melakukan hal tersebut dengan membangun produk yang berfokus pada para karyawan dan menciptakan pengalaman berarti bagi mereka. Selama dua tahun terakhir, produk kami telah dikenal luas pada di dunia kerja; yang juga terus berubah. Ini karena perusahaan harus memikirkan kembali bagaimana mereka dapat menarik, mempertahankan, dan mengelola karyawan mereka,” ucap Jayant Paleti, Co-Founder Darwinbox. 

Baca juga: Solusi Pengelolaan SDM ASIKK Kini Hadir dengan Berbagai Fitur Baru

Tahun 2021 merupakan tahun yang menantang dan penting dalam menentukan masa depan cara karyawan bekerja. Banyak perusahaan terpaksa memikirkan ulang strategi pengelolaan SDM. Kondisi tersebut dipengaruhi konsep ‘remote working’ dan ‘hybrid working’ yang banyak diterapkan di dunia dan banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja. Akibatnya pengadopsian pengelolaan karyawan berbasis digital dipercepat menjadi tiga sampai lima tahun lebih cepat. Solusi-solusi yang disediakan Darwinbox pun berada di pusat perubahan tersebut. Darwinbox bergerak dan berada di pusat perubahan tersebut.

platform pengelolaan SDM Darwinbox

Baca juga: Serangkaian Solusi Mekari Bantu UKM Kembangkan Bisnis dengan Biaya Terjangkau

Solusi-solusi Darwinbox mencakup rekrutmen, onboarding, kehadiran, direktori, penggajian, perjalanan dan pengeluaran dinas, keterlibatan karyawan, manajemen kinerja, penghargaan, dan analisis karyawan. Peningkatan permintaan solusi-solusi digital di tempat kerja selama pandemi COVID-19 diperkirakan akan memicu Darwinbox untuk terus tumbuh di tahun 2022. Sejak penggalangan dana terakhir dari Sales Ventures 12 bulan lalu memicu pertumbuhan Darwinbox di Indonesia sampai 300%.

Chaitanya Peddi, Product Head dan co-founder Darwinbox menjelaskan mengenai strategi produk Darwinbox. Perusahaan akan terus berinvestasi dalam teknologi baru dan inovatif untuk mempermudah karyawan yang bekerja dari mana saja. Faktor utama yang menentukan keberhasilan pengguna Darwinbox adalah membangun produk yang cepat dan memberi pengalaman luar biasa.
"Berinvestasi pada teknologi pengelolaan SDM adalah strategi vital untuk keberhasilan perusahaan. Kemampuan Darwinbox untuk membangun solusi yang cepat, inovatif, dan mudah, serta mengerti akan kebutuhan penggunanya membuat mereka dipercaya berbagai perusahaan," ucap Jessica Neal, mantan Chief Talent Officer di Netflix dan Venture Partner di TCV.

Lebih dari 1,5 juta karyawan dari lebih 650 perusahaan di dunia sudah didukung solusi-solusi Darwinbox tersebut. Di Indonesia, perusahaan-perusahaan pengguna solusi-solusi Darwinbox mencakup Astra Life, Indorama, Kopi Kenangan, Mitra Adiperkasa, Protelindo, Pyridam Farma, dan Sari Roti. Sementara itu perusahaan global yang sudah menggunakan solusi-solusi Darwinbox mencakup AXA, Cigna, Dominos, Nivea. Starbucks. Tokio dan T-Systems.

Baca juga: CATAPA Gratiskan Paket CATAPAatHome, Solusi HR Perusahaan yang Dilengkapi AI

Darwinbox merupakan perusahaan termuda asal Asia satu-satunya yang berhasil masuk ke dalam Gartner’s Magic Quadrant for HCM. Peringkat tertinggi (4,8) secara global di Peer Insights yang merupakan platform ulasan pelanggan Gartner pun berhasil diraih Darwinbox. Prestasi ini membuat Darwinbox bersaing dengan perusahaan besar global sepeerti SAP, Oracle dan Workday. Tentu saja pencapaian ini dirah Darwinbox dengan teknologi yang inovatif, pemahaman mendalam mengenai konteks pasar,  dan pengalaman pengguna yang intuitif. Daya tarik pelanggan pun turut berkontribusi pada pencapaian tersebut.

Share:

Artikel Terkini