Samsung Galaxy Tab A8 Andalkan Baterai Awet dengan Harga Terjangkau Samsung Galaxy Tab A8 Andalkan Baterai Awet dengan Harga Terjangkau ~ Teknogav.com

Samsung Galaxy Tab A8 Andalkan Baterai Awet dengan Harga Terjangkau

Teknogav.com – Tablet terkini dari Samsung Electronics Indonesia resmi hadir di Indonesia, yaitu Samsung Galaxy Tab A8. Keistimewaan dari tablet ini terletak pada kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 7.040 mAh. Sementara itu layarnya berukuran 10,5 inci yang cukup memadai untuk mendukung kegiatan belajar anak. Selain tersedia dalam pilihan warna yang menarik, tablet ini juga tersedia dalam varian koneksi Wi-Fi saja atau dengan LTE. Desain tablet ini cukup ramping dengan dimensi 246,8 x 161,9 x 6,9 mm. Tablet ini tersedia dalam pilihan warna abu-abu, perak dan pink gold. Pada punggung tablet terdapat logo Samsung dan Camera Deco dengan resolusi 8 MP yang dilengkapi fitur autofokus. Beralih ke depan, terdapat kamera dengan resolusi 5 MP.

Samsung Galaxy Tab A8 warna abu-abu

Layar Samsung Galaxy Tab A8 ini cukup memadai untuk menikmati konten dan mendukung tampilan saat melakukan panggilan video. Bezel layar hanya 10,2 mm sehingga membuat layar terasa lapang dan memiliki rasio layar-ke-bodi sampai 80,1%. Sementara itu rasio aspek layar adalah 16:10. Saat menikmati hiburan, audio terdengar jernih dan bebas distorsi dengan mengandalkan quad-speaker yang terletak di keempat sudut tablet. Pengalaman audio pun terasa lebih kaya dengan 3D sound dan Dolby Atmos untuk menonton film, mendengarkan musik dan suara.

Baca juga: Nokia T20, Tablet yang Hemat Daya dengan OZO Audio

Perangkat Keras

Prosesor yang digunakan pada Galaxy Tab A8 adalah UniSoc Tiger T618 yang memiliki delapan inti dengan kecepatan clock 2 GHz. Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB untuk varian yang koneksi internetnya hanya didukung Wi-Fi. Sedangkan untuk varian yang sudah didukung oleh koneksi LTE, kinerja prosesor didukung oleh RAM berkapasitas 4 GB. Pengguna dapat melakukan multitasking dan menikmati hiburan mengandalkan kinerja prosesor tersebut.

Kapasitas media penyimpanan setiap varian pun berbeda, yaitu 32 GB untuk varian Wi-Fi. Varian yang sudah didukung koneksi LTE memiliki kapasitas media penyimpanan lebih besar, yaitu 128 GB. Jika kapasitas tersebut masih kurang, maka bisa menyematkan kartu micro SD sampai 1 TB sebagai memori eksternal. Ruang media penyimpanan yang cukup lapang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan tugas sekolah anak-anak yang memanfaatkan tablet ini untuk belajar online.

Seperti disinggung di awal, tablet ini dibekali baterai berkapasitas besar, sehingga tak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah kegiatan padat. Baterai tersebut sudah didukung fitur fast charging 15 W untuk pengisian daya lebih cepat.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G, Tablet Penunjang Kreativitas

Samsung Galaxy Tab A8 warna perak dan pink gold

Perangkat Lunak

Samsung menargetkan tablet Samsung Galaxy Tab A8 untuk mendukung kegiatan digital anak.  Kegiatan anak dapat dipantau dengan menerapkan fitur parental control. Fitur tersebut memungkinkan orang tua menentukan konten yang dapat dilihat anak atau memberikan screen time tertentu bagi anak. Anak juga bisa belajar melalui konten pendidikan interaktif yang disediakan Samsung Kids, sehingga mereka bermain dan melatih kemampuan berpikir kritis.

Orang tua pun dapat memanfaatkan tablet ini untuk menikmati kebersamaan dengan anak. Fitur Multi-Active Window memungkinkan tampilan dua aplikasi sekaligus pada layar Samsung Galaxy Tab A8. Orang tua dapat browsing tips sehat sambil menemani anak menonton konten YouTube Kids. Fitur ini juga bermanfaat untuk melakukan dua kegiatan sekaligus saat ekerja, misalnya browsing web sambil mencatat. Keamanan pada Samsung Galaxy Tab A8 pun terjamin oleh platform Knox yang menyajikan perlindungan berlapis. 

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A7 Dampingi Segala Kegiatan Keluarga

Pre-Order dan Harga

Samsung membuka pre-order tablet Galaxy Tab A8 ini selama periode 24-31 Januari 2022. Harga yang dibanderol pada tablet ini mulai dari Rp2.999.000 untuk varian yang hanya dibekali koneksi Wi-Fi. Sedangkan untuk varian yang sudah dilengkapi koneksi LTE, harga yang dibanderol adalah Rp4.999.000. Tersedia juga bonus yang nilainya sampai Rp968 ribu untuk pembelian secara pre-order. Bonus tersebut mencakup Book Cover (untuk varian Wi-Fi) dan Galaxy Fit 2 (untuk varian LTE). Selain itu tersedia juga layanan Samsung Care+ selama enam bulan dan cashback dari bank tertentu sampai Rp250 ribu.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A8

Layar 

TFT  10,5 inci 1920 x 1200 piksel (WUXGA)

Sistem operasi

Android 11

Dimensi

246,8 x 161,9 x 6,9 mm

Bobot

Wi-Fi / LTE: 508 gram

Kamera

[Belakang] 8 MP AF

[Depan] 5 MP

Memori

Wi-Fi: RAM 3 GB dengan media penyimpanan 32 GB

LTE: RAM 4 GB dengan media penyimpanan 128 GB

Slot microSD sampai 1 TB

*Ketersediaan ukuran media penyimpanan yang sebenarnya bisa berbeda tergantung perangkat lunak pra-instal dan menurut pasar, model, ukuran file, dan format.

**Kartu MicroSD dijual terpisah.

Prosesor

Octa-Core Unisoc Tiger T618, 2 GHz

Baterai 

7.040 mAh (mendukung 15 W Adaptive Fast Charging**)

*Nilai khusus diuji di bawah kondisi laboratorium pihak ketiga. Nilai khusus adalah nilai rata-rata yang diestimasi berdasarkan penyimpangan dalam kapasitas baterai di antara sampel baterai yang diuji menurut standar IEC 61960.

** 15W Adaptive Fast Charger dijual terpisah.

Konektivitas

LTE

Wi-Fi 5 (802.11 a/b/g/n/ac)

Wi-Fi Direct, Bluetooth® v5.0

Warna

Abu-abu, Perak, Pink Gold

Konektor

USB 2.0 tipe-C, jack audio 3,5 mm

Sensor

Accelerometer, Compass, Gyro, Light, Hall Sensor

GPS

GPS+GLONASS, Beidou, Galileo

Audio

Quad Stereo Speakers, Dolby Atmos®

Keamanan

Samsung Knox, Face Recognition

Aksesori*

Book Cover, Protective Standing Cover

*Aksesoris dijual terpisah.

Share:

Artikel Terkini