MediaTek Demonstrasikan Teknologi Wi-Fi 7 Filogic, Ini Keandalan Teknologinya! MediaTek Demonstrasikan Teknologi Wi-Fi 7 Filogic, Ini Keandalan Teknologinya! ~ Teknogav.com

MediaTek Demonstrasikan Teknologi Wi-Fi 7 Filogic, Ini Keandalan Teknologinya!


Teknogav.com – MediaTek memamerkan dua demo Wi-Fi 7 untuk pertama kalinya pada pelanggan utama dan kolaborator industri.  Teknologi yang akan datang ini memilki kemampuan transmisi dengan latensi rendah dan kecepatan sangat tinggi. Demo tersebut memperlihatkan cara teknologi Wi-Fi Filogic memberikan kecepatan maksimum yang ditentukan oleh IEEE 802.11be. Teknologi multi-link operation (MLO) pada Wi-Fi 7 Filogic tersebut pun didemonstrasikan oleh MediaTek.

 “Peluncuran Wi-Fi 7 akan menandai pertama kalinya bahwa Wi-Fi dapat menjadi pengganti kabel/Ethernet sesungguhnya untuk aplikasi bandwidth super tinggi. Teknologi Wi-Fi 7 MediaTek akan menjadi tulang punggung jaringan rumah, perkantoran, dan industri. Wi-Fi 7 menyediakan konektivitas tanpa batas. mulai aplikasi AR/VR multi-pemain, cloud gaming, panggilan 4K hingga streaming 8K dan sebagainya,” ucap Alan Hsu, Corporate Vice President and General Manager Intelligent Connectivity Business MediaTek. 

Baca juga: Chipset MediaTek Seri Filogic Terkini Tawarkan Konektivitas Cepat dan Andal

Permintaan teknologi Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E dan Wi-Fi 7 dipicu oleh kebutuhan internet broadband yang lebih cepat.  Aplikasi-aplikasi dengan tuntutan tinggi seperti streaming video dengan resolusi dan game VR pun turut memicu permintaan teknologi ini. Wi-Fi 7 memiliki peningkatan dalam hal lebar kanal, QAM dan dibekali fitur-fitur baru seperti MLO. 

ilustrasi modem ruter Wi-Fi
“Konsumen saat ini menginginkan koneksi Wi-Fi yang selalu terhubung, andal, dan cepat untuk banyak aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut mencakup panggilan video, hiburan TV 4K/8K, game realtime, dan lainnya. Teknologi Wi-Fi 7 MediaTek dapat memenuhi kebutuhan saat ini untuk semua aplikasi yang dinikmati konsumen saat ini. Peluang untuk aplikasi AR/VR masa depan pun terbuka, yang bahkan tidak dapat kita bayangkan hari ini,” ucap Moon Ho Lee, President Korea Mercury. 

Baca juga: MediaTek Dukung Konektivitas Wi-Fi 6E pada TV 8K Besutan Samsung

Beberapa kanal pita frekuensi berbeda digabungkan teknologi MLO pada saat yang sama. MLO mengurangi latensi dengan mentransmisikan Wi-Fi pada beberapa beberapa pita. Metode ini memberikan trafik jaringan yang lancar walau terjadi gangguan atau kemacetan pada pita frekuensi tersebut. Teknologi MLO dapat menyajikan streaming video, game dan aplikasi lain dengan lebih cepat dan andal. Kemampuan tersebut dapat memenuhi throughput yang konstan, berkelanjutan dan realtime.

Keunikan Wi-Fi 7 adalah kemampuan yang benar-benar baru di semua spektrum yang tersedia untuk penggunaan Wi-Fi. Spektrum tersebut mencakup2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Kecepatan Wi-Fi 7 akan lebih tinggi 2,4 kali dibandingkan Wi-Fi 6, bahkan dengan jumlah antena yang sama. Hal ini dimungkinkan karena Wi-Fi 7 dapat memanfaatkan saluran 320 MHz dan mendukung teknologi modulasi amplitudo kuadratur (QAM) 4K. Demi menghindari dan melakukan mitigasi peningkatan interferensi, maka pada Wi-Fi 7 ini digunakan fitur unit sumber daya multi-pengguna (MRU). 

Baca juga: Wi-Fi Alliance Pilih MediaTek untuk Uji Coba Wi-Fi 6E 

Keandalan teknologi Wi-Fi 7 sangat menarik untuk disematkan pada berbagai perangkat seperti smartphone, PC, dan berbagai perangkat lain. Industri vertikal seperti sektor retail dan manufaktur pun dapat memanfaatkannya. Pengembangan standari Wi-Fi 7 telah melibatkan MediaTek sejak awal. Perusahan tersebut telah menjadi salah satu pengadopsi pertama teknologi Wi-Fi 7. Produk-produk dengan Wi-Fi 7 diperkirakan akan mulai dipasarkan mulai tahun 2023.

“Penyedia layanan pun mulai menyebarkan spektrum hotspot yang lebih luas di seluruh segmen pasar ini,” ucap Mario Morales, Group Vice President, Semiconductors IDC.

Share:

Artikel Terkini