Nokia T20, Tablet yang Hemat Daya dengan OZO Audio Nokia T20, Tablet yang Hemat Daya dengan OZO Audio ~ Teknogav.com

Nokia T20, Tablet yang Hemat Daya dengan OZO Audio

Teknogav.com – Pada Oktober 2021 ini, HMD Global meluncurkan tablet terkini, yaitu Nokia T20. Keandalan dari tablet ini terletak pada layar dengan resolusi 2K serta OZO Audio dan OZO Playback. Tentu saja kualitas klasik ponsel Nokia pun diusung pada tablet ini, dengan fitur yang serbaguna. Perangkat ini cocok digunakan untuk bekerja, belajar maupun bersantai. Semua dengan jaminan pembaruan OS selama dua tahun dan keamanan bulanan selama tiga tahun yang menjadi ciri khas perangkat Nokia.

Kegiatan hybrid working dan belajar secara online terus meningkat, demikian juga dengan penggunaan media sosial. Hal ini memicu peningkatan minat pada tablet. Berdasarkan laporan Connected Consumer Radar, 27% pemilik tablet merasakan nilai lebih perangkat tersebut sejak pandemi melanda. HMD Global pun menghadirkan tablet Nokia T20 yang juga menjadi pertanda kehadiran seri terkini, yaitu seri-T. Harapannya tablet ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan teknologi yang serbaguna.

Baca juga: Xiaomi Pad 5 Sajikan Pengalaman Audio Video dengan Teknologi Dolby


Desain tablet ini terlihat sederhana layaknya ponsel Nokia dengan bagian tepi dan permukaan yang memudahkan pemakaian sejak awal. Struktur bodi tablet ini terbuat dari logam padat dan bingkai layar 3D yang halus. Desain tersebut memungkinkan layar besar terpasang sempurna pada rangka metal yang ramping. Dimensi perangkat ini 247,6 x 157,5 x 7,8 mm dengan bobot 470 gram. Selain itu tersedia juga versi yang lebih ringan, yaitu 465 gram, tetapi koneksinya hanya mengandalkan Wi-Fi.

Spesifikasi Nokia T20

Chipset yang digunakan pada Nokia T10 adalah Unisoc Tiger T610 yang memiliki delapan inti. Kedelapan inti prosesor tersebut mencakup dua ARM Cortex-A75 dan enam ARM Cortex-A55. Kecepatan masing-masing inti prosesor tersebut adalah 1,8 GHz. Kinerja prosesor didukung memori yang terdiri dari dua pilihan konfigurasi. Pilihan pertama adalah RAM 3 GB dengan media penyimpanan berkapasitas 32 GB. Dan pilihan kedua adalah RAM 4 GB dengan media penyimpanan berkapasitas 64 GB. Kapasitas media penyimpanan masih bisa ditambah menggunakan micro SD sampai 512 GB.

Tablet ini disertai dua kamera, yaitu kamera belakang 8 MP dengan autofokus dan kamera depan 5 MP. Pada kamera belakang disertai dengan flash berupa LED, sedangkan kamera depan didampingi mikrofon dan speaker stereo. 

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G, Tablet Penunjang Kreativitas

Sumber daya pada Nokia T20 mengandalkan baterai berkapasitas 8200 mAh yang hemat daya. Kapasitas daya yang besar tersebut menunjang penggunaan tablet untuk menjelajahi internet selama 15 jam dan conference call selama tujuh jam. Jika ingin bersantai, tablet ini kuat mendampingi menonton film terkini selama 10 jam. Pengisian daya pun didukung oleh teknologi fast charging.

Layar tablet ini berukuran 10,4 inci dengan resolusi 2K yang siap menunjang kegiatan menonton atau panggilan video. Nokia T20 juga menyandang blue light certificate yang menjamin mata tetap nyaman walau menggunakan tablet cukup lama.  Tingkat kecerahan layar sampai 400 nits dengan dukungan fitur Brightness boost.

Perpaduan speaker stereo dan OZO Playback memungkinkan suara terdengar detail, sehingga bisa nyaman mendengarkan musik favorit atau buku audio. Selain itu tersedia juga dua mikrofon built-in dan AI noise reduction untuk mendukung komunikasi tetap lancar dengan suara yang jernih. Suara dapat terdengar jernih walau dalam kondisi bising.

Nokia T20 ini juga dapat bekerja selaras dengan HMD Enable Pro, yaitu solusi enterprise mobility management. Solusi tersebut dirancang untuk memudahkan penggunaan dan pengelolaan perangkat dengan antarmuka terpadu.

Konektivitas pada Nokia T20 didukung USB tipe-C, jack audio 3,5 mm, Wi-Fi dan bluetooth 5.0. Selain itu tersedia juga dukungan slot SIM card berukuran nano. Tombol-tombol pada tablet mencakup tombol volume dan daya. Keamanan pada tablet ini juga didukung oleh fitur Face unlock.

Dukungan Google dan Ekosistem Aksesori

Nokia T20 tergabung dalam jajaran perangkat Android Recommended device (AER) terluas yang memenuhi persyaratan Google. Hal ini menjamin perangkat terpercaya untuk mendukung bisnis.


Dukungan bagi anak-anak agar tetap aman namun tetap kreatif dihadirkan Nokia T20 dengan Google Kid Space. Mode tersebut memungkinkan anak-anak mengeksplorasi aplikasi, buku dan video untuk mengembangkan keingintahuan dengan aman. Orangtua dapat membantu anak mengelola akun Google mereka dengan Family Link. Dukungan keamanan juga diberikan oleh ExpressVPN yang melindungi privasi online. Layanan ini tersedia di Nokia T20 dengan uji coba gratis selama 30 hari.

Baca juga: ASUS ExpertBook B5 Flip, Laptop Bisnis dengan Layar ASUS OLED

Selain pembaruan OS rutin, tablet Nokia T20 juga dilengkapi dengan ekositem aksesori terkini untuk menambah kenyamanan dan pemakaian lebih lama. HMD Global menyediakan Rugged cover khusus untuk memberikan perlindungan tambahan pada tablet. Flip cover Nokia T20 dengan desain yang serbaguna pun siap mendukung Nokia T20 selalu baru.

Dalam hal audio, terdapat Micro dengan teknologi charge-through yang unik dengan charger case yang sangat tipis. Perangkat ini mampu mendukung penggunaan sampai sembilan jam, dan tambahan 18 jam dari daya pada charger case. Kendati memiliki bentuk yang ringkas, perangkat ini tetap mempertahankan kualitas suara.

Perangkat ini juga disertai dengan akses ke Spotify untuk mendengarkan sampai 70 juta lagu dan 2,9 juta podcast.

Share:

Artikel Terkini