VMware Dukung Operator Telekomunikasi Cepat Migrasi ke Multi-Cloud VMware Dukung Operator Telekomunikasi Cepat Migrasi ke Multi-Cloud ~ Teknogav.com

VMware Dukung Operator Telekomunikasi Cepat Migrasi ke Multi-Cloud

Teknogav.com – VMware hadirkan sejumlah peningkatan pada Telco Cloud Platform untuk mempercepat transformasi digital operator telekomunikasi. Peningkatan tersebut mendukung delivery berbagai aplikasi di berbagai cloud, dari core maupun RAN, sampai edge atau cloud. Upaya ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan operator telekomunikasi dalam menggelar dan mengelola beban kerja secara konsisten dan fleksibel. Konsistensi dan fleksiblitas tersebut dapat disajikan dengan posisi penyimpanan beban kerja di mana saja. Hal ini seiring makin tersebarnya menempatan aplikasi dan data lintas cloud dan lokasi.

Operator telekomunikasi memanfaatkan cloud sebagai kunci untuk menyajikan aplikasi-aplikasi dan layanan yang inovatif dengan cepat bagi pelanggan. Cloud makin dibutuhkan seiring dengan gencarnya upaya melakukan modernisasi jaringan. Fokus operator telekomunikasi saat ini adalah cara untuk memonetasi layanan 5G dengan cepat. 

Baca juga: VMware terus Berinovasi Dukung Transformasi Multi-Cloud di Asia Tenggara

Cloud memungkinkan peluncuran layanan baru dengan waktu lebih singkat berkat arsitektur yang sudah cloud-native. Sebelumnya peluncuran ini perlu waktu bertahun-tahun atau berbulan-bulan. Kini hal tersebut dapat dilakukan dalam hitungan hari atau minggu. Lebih dari 150 CSP di seluruh dunia bergantung pada VMware Telco Cloud Platform untuk mempercepat time-to-revenue. Solusi ini juga dapat menyediakan automasi dan operasional yang konsisten untuk layanan 4G, 5G dan seterusnya,” ucap Sajay Uppal, Senior Vice President and General Manager, Service Provider and Edge, VMware.

Sejumlah kapabilitas VMware Telco Cloud Platform. mulai dari core sampai edge,  tak membatasi operator telekomunikasi memakai semacam arsitektur cloud saja. Operator telekomunikasi tersebut bebas memakai layanan dari berbagai macam arsitektur dan cara penerapannya. Pelanggan pun bisa lebih leluasa menerapkan 5G secara besar-besaran dalam waktu cepat. Berikut ini adalah beberapa peningkatan pada VMware Telco Cloud Platform:

VMware Telco Cloud Platform – Public Cloud

VMware menawarkan berbagai pilihan dan fleksibilitas menjalankan beban kerja operator telekomunikasi di lingkungan multi-cloud-dengan mudah. Operator telekomunikasi dapat dengan leluasa menghadirkan public cloud di seluruh arsitektur 5G yang dibangun. VMware Telco Cloud Platform – Public Cloud adalah perluasan dari VMware Telco Cloud Platform yang dibekali berbagai keandalan. Beberapa keandalan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cepat dan hemat memigrasi beban kerja telekomunikasi dan TI ke public cloud melalui infrastructure-as-a-service (IaaS), khususnya VMware Cloud on AWS. Pelanggan juga leluasa untuk kembali lagi ke on-premises telco clouds jika dibutuhkan.
  • Opsi menerapkan fungsi-fungsi jaringan pada layanan cloud terbaik melalui ekosistem mitra yang tersedia di VMware. Layanan yang diinginkan pun dapat dihadirkan sesuai ketersediaan layanan, biaya dan kinerja yang dibutuhkan.
  • Konsistensi operasi dengan automasi berlapis di lintas cloud telekomunikasi yang mencakup core, edge, RAN sampai public cloud.

Harapannya VMware Telco Cloud Platform – Public Cloud sudah tersedia secara luas di kuartal ke-4 tahun fiskal VMware 2022. Di awal, layanan ini mendukung penyedia layanan dalam menerapkan fungsi-fungsi jaringan di lungkungan VMware Cloud on AWS.

Baca juga: Peningkatan Baru VMware Cloud Dukung Migrasi Lebih Cepat dan Hemat

VMware Telco Cloud Platform – Edge

VMware Edge merupakan portofolio produk untuk mendukung organisasi menjalankan, mengelola dan melindungi keamanan aplikasi-aplikasi edge-native lebih baik. Layanan ini melandasi proses delivery layanan komunikasi dan komputasi generasi mendatang, baik di lingkungan penyedia layanan maupun di edge perusahaan. VMware Telco Cloud Platform – Edge ditujukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seiring makin pentingnya peran penyedia layanan bagi VMware. Signifikannya peran tersebut terutama dalam menyajikan strategi platform edge terpadu. Berikut ini adalah fitur-fitur dari VMware Telco Cloud Platform – Edge.

  • Landasan dalam menerapkan layanan komunikasi generasi mendatang. Layanan-layanan tersebut mencakup Multi-Acces Edge Computing (MEC), Private Mobile Networking (PMN), Content Delivery Networks (CDNs) dan masih banyak lagi
  • Kemampuan menerapkan aplikasi-aplikasi edge-native di lingkungan edge milik penyedia layanan maupun di edge yang ada di perusahaan
  • Automasi dan konsistensi operasi di lintas edge dan lokasi-lokasi jaringan lain
  • Penghubung dalam ekosistem mitra VMware yang kaya. Ekosistem tersebut mencakup para hyperscalers, penyedia peranti jaringan, ISVs, pengembang aplikasi edge-native dan lain-lain

Baca juga: VMware 5G Telco Cloud Platform Siap Fasilitasi Aplikasi-Aplikasi Teknologi Canggih

Kapabilitas-kapabilitas Baru VMware Telco Cloud Automation


Telco Cloud Automation adalah mesin orkestrasi dana automasi pada Telco Cloud Platform yang mencakup seluruh jaringan. Kapabilitas-kapabilitas baru VMware Telco Cloud Automation akan mendukung operasional multi-cloud di seluruh jaringan. Berikut ini adalah kapabilitas-kapabilitas baru tersebut:

  • Konsistensi operasi multi-cloud dengan memanfaatkan sumber-sumber pada public cloud Amazon Web Services (AWS). Operasi ini dapat melalui VMware Cloud on AWS atau Amazon Elastic Kubernetes Service (EKS)
  • Mempercepat proses onboarding dan menyediakan sejumlah pilihan untuk automasi lifecycle melalui kustomisasi CaaS dan infrastrruktur yang sudah diautomasi
  • Peningkatan operabilitas jaringan dengan dukungan operasional Day 2 yang sudah diautomasi untuk mendukung pembaruan pada operasional CaaS, BIOS dan firmware. Waktu pemeliharaan pun bisa lebih singkat dan pengelolaan lebih fleksibel di seluruh lingkungan data center.
  • Automasi untuk CI/CD teraugmentasi dengan SDK terkini. Fitur ini juga dapat menghemat biaya integrasi dan OPEX dengan memangkas kebutuhan penerapan aplikasi tekini dan waktu pembaruan.
  • Peningkatan automasi infrastruktur yang didukung Mount Bryce driver dan automasi jaringan pada Precision Time Protocol (PTP). Harapannya integrasi tersebut dapat mendukung automasi cara-cara manual dalam pengoperasian yang sebelumnya diterapkan di tingkat infrastruktur. Hal ini penting untuk mendukung jalannya vRAN dan aplikasi-aplikasi berkinerja tinggi lain.

Nantinya juga akan hadir kapablitas untuk melakukan slicing jaringan melalui Project Lattice yang saat ini masih dalam bentuk pratinjau teknologi. Kemampuan pengelolaan slicing dengan standar 3GPP akan memperluas kapabilitas Telco Cloud Automation. Operator telekomunikasi pun dapat merancang dan mempercepat proses slicing jaringan dari hulu ke hilir di berbagai macam domain. Beberapa domain tersebut mencakup RAN, edge, core sampai jaringan transport

Kapablitas slicing jaringan dengan modul add-on pada Telco Cloud Automation akan membantu operator telekomunikasi melakukan unifikasi seluruh domain yang ada. Potensi adanya celah pada layanan atau sumber-sumber jaringan yang dibutuhkan pun dapat dicegah, baik di infrastruktur fisik maupun cloud. Berbagai peningkatan kapabilitas pada Telco Cloud Automation ini siap diluncurkan pada kuartal ke-4 tahun fiskal VMware 2022.

Share:

Artikel Terkini