MediaTek Kompanio 1380 Chipset Chromebook yang Dukung Penghematan Daya Baterai MediaTek Kompanio 1380 Chipset Chromebook yang Dukung Penghematan Daya Baterai ~ Teknogav.com

MediaTek Kompanio 1380 Chipset Chromebook yang Dukung Penghematan Daya Baterai

 

Teknogav.com – MediaTek mengumumkan chip Kompanio 1380 yang hadir dengan kinerja lebih tinggi dan fitur-fitur andalan untuk Chromebook premium. Salah satu perangkat yang menggunakan chipset ini adalah Acer Chromebook Spin 513. Kompanio 1380 menawarkan pengalaman komputasi portabel yang mendukung penghematan daya baterai pada perangkat yang ringkas dan ringan.

Produksi chipset Kompanio 1380 dilakukan menggunakan metode 6 nm sehingga menawarkan efisiensi. Kelebihan chipset ini terletak pada kinerja pemrosesan, kelancaran cloud gaming serta fitur multimedia dan AI.

“Kompanio 1380 melanjutkan peninggalan MediaTek sebagai produsen chip untuk Arm-based Chromebook. Chipset ini meningkatkan pengalaman Chromebook premium dengan kinerja level berikutnya dan masa pakai baterai ekstra lama,” ucap PC Tseng, General Manager of Intellegient Multimedia Business Unit di MediaTek.  

Baca juga: Siap Tenagai Tablet, Ini Fitur-fitur Andalan MediaTek Kompanio 1300T

Banyak produsen perangkat telah mengadopsi chipset Kompanio besutan MediaTek untuk mentenagai perangkat komputasi seluler mereka. Beberapa perangkat tersebut termasuk laptop dan tablet Chromebook. Tak lama lagi perangkat yang ditenagai chipset Kompanio 1380 pun akan segera beredar di pasaran.

“Pengguna Chromebook telah berharap lebih banyak dari Chromebook mereka. Mereka makin mencari perangkat untuk mencapai keseimbangan sempurna antara kinerja, bobot, dan efisiensi daya. Kompanio 1380 merupakan bagian integral dari memberikan pengalaman luar biasa untuk pengguna. Hal ini terlepas mereka bekerja dari rumah, menikmati media saat bepergian, atau apa pun. Kami senang melihat keserbagunaannya terlihat nyata di Acer Chromebook Spin 513, produk pertama yang dirilis dengan chip ini,” ucap John Solomon, VP Chrome OS di Google.

Baca juga: MediaTek Kompanio 900T Dukung Komputasi Laptop dan Tablet

Fitur-fitur Utama Kompanio 1380

  • Berikut ini adalah beberapa fitur andalan dari Kompanio 1380
  • Kompanio 1380 dibekali CPU delapan inti yang siap menyajikan pemrosesan andal. Empat inti prosesor Arm Cortex-A78 yang siap meningkatkan responsivitas dengan kecepatan clock 3 GHz. Kinerja prosesor tersebut didukung LPDDR4X 2133 MHz lima kanal yang memastikan banyak bandwidth data. Dari segi grafis, chipset ini dibekali GPU Arm Mali-G57 lima inti yang mendukung visual secara jelas dan cepat.
  • Prosesor multi-core AI MediaTek APU 3.0 siap mempercepat penerapan AI-camera dan AI-voice, serta mengoptimalkan masa pakai baterai
  • Chipset ini mendukung sampai dua layar 4K 60 Hz, atau satu layar 4K 60Hz dan dua layar 4K 30 Hz. Kemampuan tersebut memberikan berbagai opsi resolusi, kinerja dan konektivitas eksternal pada produsen perangkat untuk merancang segala jenis produk
  • Fitur decoding AV1 Hardware yang menyajikan streaming film dan acara TV 4K dengan pengaturan kualitas terbaik bagi konsumen. Proses tersebut dapat dilakukan sambil tetap menjaga ketahanan masa pakai baterai.
  • Penerimaan bunyi digital signal processor (DSP) yang memberikan kemampuan khusus voice on wakeup (VoW) berdaya sangat rendah. Kemampuan ini mendukung penggunaan berbagai layanan asisten suara.
  • Konektivitas Wi-Fi 6/6E dan Bluetooth 5, yang menawarkan transfer data nirkabel lebih cepat.
Baca juga: Wi-Fi Alliance Pilih MediaTek untuk Uji Coba Wi-Fi 6E

Demikianlah sekilas spesifikasi dan berbagai informasi yang diusung MediaTek Kompanio 1380.

Share:

Artikel Terkini