Siap Tenagai Tablet, Ini Fitur-fitur Andalan MediaTek Kompanio 1300T Siap Tenagai Tablet, Ini Fitur-fitur Andalan MediaTek Kompanio 1300T ~ Teknogav.com

Siap Tenagai Tablet, Ini Fitur-fitur Andalan MediaTek Kompanio 1300T

Teknogav.com – Kompanio 1300T merupakan chipset besutan MediaTek yang menyajikan kinerja premium pada tablet. Berbagai teknologli andalan seperti 5G, multimedia, AI dan gaming dibekali pada chipset ini, siap untuk menyajikan pengalaman pengguna yang premium. Chipset ini dirancang untuk menyajikan pengalaman canggih di seluruh perangkat komputasi dan diproduksi menggunakan proses 6 nm TSMC.

Para OEM dapat menggunakan Kompanio 1300T untuk memproduksi tablet yang kuat, ringan dan portabel untuk kebutuhan belajar online. Berbagai kebutuhan seperti belajar mengajar online, bisnis, layanan streaming, game dan aplikasi-aplikasi AI siap disajikan tablet dengan chipset ini. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat dipenuhi OEM tablet dengan menghadirkan tablet yang kuat, ringan dan portabel dengan Kompanio 1300T.

Baca juga: MediaTek Paparkan Pertumbuhan Bisnis dan Jajaran Produk Terkini

“Saat ini ada peningkatan permintaan akan perangkat komputasi pribadi yang dirancang untuk kebutuhan kerja jarak jauh dan hiburan multimedia. Ini alasan MediaTek untuk fokus mengintegrasikan kemajuan terbaru dalam komputasi, komunikasi, multimedia, AI, gaming dan konektivitas nirkabel pada seri Kompanio. Chip Kompanio memungkinkan para produsen merancang tablet ringan dan produk komputasi pribadi dengan kinerja tangguh dan baterai  yang awet. Mereka pun bisa menghadirkna fitur inovatif dan pengalaman seluler baru bagi pengguna,” ucap PC Tseng, General Manager of Intelligent Multimedia Business Unit di MediaTek. 


Chipset Kompanio 1300T memiliki delapan inti prosesor yang terdiri dari Arm Cortex-A78 dan Arm Cortex-A55. Kinerja tinggi disajikan oleh Arm Cortex-A78 sedangkan Arm Cortex-A55 merupakan prosesor yang hemat daya. Dari sisi grafis, terdapat GPU sembilan inti Arm Mali-G77 dengan kinerja komputasi yang premium. GPU ini medukung frame rate yang tinggi untuk gaming lebih lama dan lancar.

Konektivitas dan Efisiensi Daya Kompanio 1300T

Perangkat yang ditenagai chipset Kompanio juga dapat memenuhi kebutuhan bisnis, hiburan streaming dan konferensi video. Hal ini berkat dukungan untuk konektivitas Wi-Fi yang cepat dan andal. Prosesor yang hemat daya akan mendukung kemampuan baterai untuk bisa bertahan sepanjang hari.

Konektivitas 5G terkini dari MediaTek pun disematkan pada Kompanio 1300T. Dukungan konektivitas tersebut mencakup 5G sub-6 GHz band, 5G-2CA, SIM 5G ganda, peningkatan 5G Elevator Mode dan 5G HSR Mode. Berbagai dukungan konektivitas tersebut menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi di berbagai aplikasi. Platform ini pun dapat menyesuaikan konsumsi daya secara otomatis berkat fitur 5G Ultrasave dari MediaTek untuk memperpanjang masa pakai baterai. Penyesuaian otomatis tersebut juga berlaku untuk konfigurasi lain berdasarkan jaringan perangkat dan kualitas transmisi data.

Baca juga: Laptop Gaming ASUS akan Gunakan Chipset Wi-Fi 6 dari MediaTek

Dukungan APU (AI processing unit) dari MediaTek memberikan daya komputasi AI yang kuat dan hemat energi pada chipset Kompanio 1300T. Kemampuan tersebut mendukung penggunaan aplikasi suara dan visual terkini. 

Multimedia pada Kompanio 1300T pun didukung teknologi canggih untuk memberikan pengalaman visual terbaik. Beberapa teknologi tersebut mencakup multi-scene HDR10+, AI-PQ (picture quality) dan mesin pelindung mata chip-level MediaTek untuk memfilter cahaya biru. Selaini tu tersedia juga dukungan untuk menggunakan monitor ganda dengan dua layar FHD. Kemampuan video 4K pada chipset ini didukung teknologi perekaman video HDR 4K, integrasi fitur pencitraan, encoding, decoding dan pemutaran terkini.

Fitur-fitur Platform Kompanio 1300T

Kompanio 1300T didukung oleh berbagai fitur canggih yang siap memberikan pengalaman prima, berikut ini adalah fiut-fitur tersebut:
  • Penyempurnaan tampilan warna dengan dukungan tampilan 2,5K dan refresh rate sampai 120 Hz. Selain itu juga terintegrasi dengan teknologi frame rate dinamis cerdas dan dukungan pemutaran video HDR10+. Atribut gambar yang mencakup saturasi, rona, kecerahan, ketajaman, resolusi dan refresh rate pun bisa diubah secara cerdas. Kemampuan disajikan oleh teknologi MiraVisooon MediaTek dan mesin pelindung mata yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas visual.
  • Pencitraan profesional yang menawarkan fotografi superior, perekaman video dan kemampuan streaming langsung disajikan oleh fitur-fitur sebagai berikut:
    • Desai multi-kamera dengan resolusi sampai 108 MP
    • Encoding dan decoding video 4K 60 fps
    • Perekaman video HDR 4K chip-level
    • Multi-Depth Smart Focus
    • AI-Clear Streaming
  • Pengenalan suara cerdas oleh asisten suara yang didukung AI dan integrasi fungsi voice on wakeup (VoW) yang sangat hemat daya. Berbagai fitur audio bawaan menyajikan decoding audio yang baik dan output audio multi-channel demi menyajikan pengalaman audio-visual.
  • Peningkatan pengalaman gaming dengan HyperEngine 3.0 dan optimasi gaming untuk jaringan, pengendalian, kinerja, penghematan daya dan kualitas gambar. Berbagai peningkatan tersebut akan menjadikan pengalaman gaming lebih andal sepersekian detik.
  • Koneksi Berkecepatan Tinggi dengan dukungan full band untuk 5G Sub-6 GHz dan 2CC Carrier Aggregation (2CC CA). Selain itu tentu saja chipset ini mendukung koneksi Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2. Berbagai fitur konektivitas ini mendukung koneksi jaringan berkecepatan tinggi di semua skenario, baik secara seluler maupun nirkabel.

Baca juga: MediaTek MT8192 dan MT8195, Chipset Chromebook Hemat Daya Berkinerja Tinggi

Selama beberapa tahun jajaran chipset Kompanio berperan penting dalam bisnis MediaTek. Kini chipset tersebut sudah diadopsi produsen perangkat secara luas untuk mentenagai perangkat komputasi seperti Chromebook dan tablet. Rencananya komputer tablet yang ditenagai Kompanio 1300T akan diumumkan pada kuartal ketiga tahun 2021. Informasi lebih lanjut mengenai chipset Kompanio ini dapat dilihat pada tautan ini.

Share:

Artikel Terkini