OPPO A76, Smartphone Seri A Pertama dengan Teknologi SuperVOOC OPPO A76, Smartphone Seri A Pertama dengan Teknologi SuperVOOC ~ Teknogav.com

OPPO A76, Smartphone Seri A Pertama dengan Teknologi SuperVOOC

Teknogav.com – OPPO A76 resmi meluncur dengan mengusung tampilan yang menggunakan teknologi OPPO Glow pada penampang belakang. Tampilan tersebut memperlihatkan gradasi warna dinamis, tahan gores dan tak meninggalkan bekas sidik jari. Istimewanya, OPPO A76 menjadi smartphone seri A pertama yang didukung teknologi pengisian daya cepat 33 W SuperVOOC.

“Di sela persiapan peluncuran Reno7 Series, kami meluncurkan perangkat OPPO A76 untuk pasar Indonesia. OPPO A76 hadir membawa berbagai penyegaran baru. Penyegaran tersebut mulai dari penggunaan prosesor baru Snapdragon® 680, layar 90Hz hingga baterai besar 5000mAh yang didukung dengan teknologi SUPERVOOC™,” ucap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Baca juga: OPPO A95 Resmi Meluncur dengan Harga Rp3 Jutaan

Teknologi OPPO Glow telah dihadirkan sebelumnya pada OPPO A95 dan perangkat seri Reno. Penampang belakang yang mengadopsi teknologi OPPO Glow terasa lebih nyaman karena penggunaan bahan yang tak licin. Selain itu, teknologi OPPO Glow juga menghasilkan permukaan yang tahan terhadap noda dan sidik jari. Warna pun bisa berubah dinamis tergantung dari datangnya sinar. OPPO A76 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Glowing Black dan Glowing Blue. 

Perangkat Keras Pendukung Kinerja

Chipset yang digunakan pada OPPO A76 ini adalah Snapdragon 680 yang menyajikan pengalam pengguna mulus, bahkan saat untuk multitasking. Produksi chipset ini dilakukan menggunakan metode 6 nm yang meningkatkan efisiensi daya sampai 20%. CPU pada chipset terdiri dari Kryo 265 yang memiliki kecepatan clock 2,4 GHz. Sementara itu untuk pemrosesan grafis terdapat Qualcomm Adreno 610. Konektivitas pada chipset ini didukung Snapdragon X11 LTE Modem Cat 13 dengan kecepatan pengunduhan sampai 390 Mbos. Dalam hal AI, chipset didukung dengan Hexagon Vector eXtensions dan Qualcomm Sensing Hub.

Kinerja prosesor didukung oleh RAM berkapasitas 6 GB dan media penyimpanan internal 128 GB. Jika masih kurang, tersedia slot untuk menyematkan kartu microSD sampai 1 TB.

Baca juga: OPPO A95 Tangguh Dampingi Kegiatan Bisnis UMKM Sehari-hari

Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia dan Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia

Teknologi RAM Expansion juga tersedia pada OPPO A76 yang memungkinkan untuk menambah kapasitas RAM dari ruang di media penyimpanan. Selain itu tersedia juga fitur untuk menyimpan data aplikasi sistem dan media sosial ke kartu microSD.

Baterai dan Pengisian Daya

Sumber daya pada OPPO A76 mengandalkan baterai berkapasitas 5000 mAh. Baterai tersebut didukung teknologi pengisian daya  cepat 33 W SUPERVOOC. Cukup melakukan pengisian daya selama lima menit untuk melakukan panggilan telepon selama 47 menit.  Pengisian daya selama lima menit tersebut juga memberikan daya untuk melakukan panggilan video WhatsApp selama 62 menit atau menonton YouTube selama 2 jam 10 menit.

Penghematan penggunaan baterai pun telah dilakukan  dengan berbagai fitur canggih yang menjamin pengalaman yang tahan lama dan aman. Beberapa fitur tersebut mencakup Super Power Saving Mode, Super Nightime Standby, dan Optimized Nigh Charging.

Perangkat Lunak

Sistem operasi yang digunakan pada OPPO A76 menggunakan Android yang dikemas dengan antarmuka ColorOS. Fitur-fitur yang menyertainya termasuk System Booster, dan Link Boost 2.0. Sesuai namanya, System Booster berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja yang terdiri dari Super Touch, System Guard dan Memory Deep Clean. Sementara itu Link Boost menjamin koneksi internet berkecepatan tinggi. Ketika pengguna menggunakan dua kartu SIM, maka fitur ini otomatis mengalihkan koneksi dari satu kartu SIM ke kartu SIM lainnya,

Layar OPPO A76

Layar pada OPPO A76 berukuran 6,56 inci yang terasa lapang dengan rasio layar-ke-bodi 89,9%. Rasio tersebut dapat diperoleh berkat penggunaan desain punch-hole untuk menempatkan kamera depan pada layar. Refresh rate 90 Hz membuat layar responsif untuk bermain game, multimedia dan media sosial yang lebih baik. 

Sementara itu touch sampling 180 Hz menyajikan pengalaman imersif saat melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini mencakup bermedia sosial, menikmati konten multimedia dan bermain game pun disajikan fitur touch sampling 180 Hz pada layar.

Layar OPPO A76 ini memiliki resolusi HD+ (720 x 1612 piksel) dan kaya warna dengan akurasi warna 96% NTSC color gamut. Selain itu tersedia juga fitur All-day AI Eye Comfort untuk menjaga kenyamanan mata dalam menatap layar. OPPO juga menyediakan Vivid Mode dan Gentle Mode untuk dipilih pada layar.

Dimensi dan Desain OPPO A76

OPPO A76 tampil ringkas dengan 3D Slim Bodi yang dimensinya 164,4 x 75,7 x 8,4 mm dan bobot sekitar 189 gram. Pada bagiain samping terdapat sensor sidik jari yang memberi kesan modern pada smartphone. Fitur ini memungkinkan untuk mendaftarkan sampai lima sidik jari untuk memberikan kenyamanan saat membuka kunci.

OPPO A76 warna Glowing Blue

Kamera OPPO A76

Pada bagian belakang OPPO A76 terdapat kamera dengan konfigurasi kamera ganda. Kamera tersebut terdiri dari sensor utama 13 MP f/2,2 dan lensa portrait 2 MP. Mode portrait pada kamera tersebut dapat menghasilkan foto bokeh yang lebih presisi dan alami. Kamera juga didukung pembesaran digital sampai enam kali dan dapat membidik 20 kali secara beruntun terus menerus.

Penyuntingan pun dapat dilakukan langsung dengan palet kecerdasan buatan atau artificial intellegence (AI). Palet AI tersebut memungkinkan pengaturan warna berbeda sehingga mudah membuat foto dengan gaya yang sama. 

Baca juga: OPPO A95 Mudahkan Perekaman dan Penyuntingan Video untuk Bisnis

Bagi yang senang swafoto, OPPO menyediakan kamera depan 8 MP pada A76. Kamera tersebut memiliki bukaan lensa f/2,0 dan menghasilkan foto dengan ukuran piksel 1,12um dan resolusi sampai 3264 x 2448 piksel. Fitur untuk mempercantik foto pun sudah ditingkatkan hingga mencakup penghilang noda sambil tetap mempertahankan fitur wajah alami pengguna. Bidikan portrait sekarang dapat lebih cerah dan lebih jelas di lingkungan rendah cahaya dengan bantuan fitur 360° Fill Light.

Baik kamera depan maupun kamera belakang pada OPPO A76 sudah mendukung teknologi HDR. Teknologi tersebut dapat mempertahankan detail di area gelap, bahkan saat pemotretan dengan latar cahaya yang kuat.

Harga dan Ketersediaan

Penjualan OPPO A76 sudah dilakukan sejak 18 Februari 2022 dengan harga resmi Rp3.399.000 secara offfline dan online. Pembelian secara online dapat dilakukan melalui beberapa e-commerce di bawah ini.

Klik untuk membeli OPPO A76 di Blibli
Klik untuk membeli OPPO A76 di Bhinneka
Klik untuk membeli OPPO A76 di Tokopedia
Klik untuk membeli OPPO A76 di Lazada


Klik untuk membeli OPPO A76 di Shopee

Spesifikasi OPPO A76

Chipset

Qualcomm® Snapdragon™ 680

RAM + Media Penyimpanan

6 GB + 128 GB Ekspansi sampai 1 TB

Berat dan Ketebalan

Sekitar 8,4 mm

Sekitar 189 gram

Tampilan layar

Layar 6,56 inci

Refresh rate 90 Hz

Touch sampling rate 180 Hz

Rasio layar-ke-bodi 89,9%

Kamera Depan

8 MP

Kamera Utama

13 MP + 2 MP Kamera Bokeh

Sistem Kunci layar

Side Fingerprint Unlock

Baterai dan Pengisian Daya

33W SUPERVOOC™ 

5000 mAh

Sistem Operasi

ColorOS 11.1

Warna

Glowing Black / Glowing Blue

Harga

Rp3.399.000

Share:

Artikel Terkini