StraitsX Business Account Perluas Solusi stablecoin XIDR untuk Bisnis StraitsX Business Account Perluas Solusi stablecoin XIDR untuk Bisnis ~ Teknogav.com

StraitsX Business Account Perluas Solusi stablecoin XIDR untuk Bisnis

Teknogav.com – Xfers merupakan perusahaan perusahaan fintech asal Singapura yang memiliki lisensi dari Monetary Authority of Singapore (MAS) untuk penerbitan uang elektronik. Perusahan tersebut mengembangkan platform aset digital StraitsX yang beroperasi di Asia Tenggara. Kini StraitsX menghadirkan ‘StraitsX Business Account’ di Indonesia untuk memperluas solusi stablecoin XIDR. Akun tersebut menyediakan infrastruktur dan solusi aset yang terjangkau, mudah diakses dan developer-friendly bagi berbagai kalangan bisnis.

StraitsX Business Account dapat digunakan mulai dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sampai perusahaan multinasional. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk memperkenalkan agenda digital yang lebih inklusif dan adil. Banyak bisnis di Indonesia mengadopsi layanan pembayaran digital untuk dapat bertahan menghadapi dampak pandemi COVID-19. Secara regional, 28% merchant yang memanfaatkan platform digital meyakini tak dapat berhasil menghadapi pandemi jika tak memanfaatkan platform transaksi digital. Kini ada 98% pedagang menerima pembayaran digital sehingga layanan keuangan digital makin penting.

Baca juga: Tips Mining Bitcoin dengan Aplikasi CryptoTab Browser

Kinansyah Pramaditia, Business Development Manager StraitsX Indonesia
"Pandemi COVID-19 telah membuka peluang bagi Indonesia untuk mempercepat adopsi teknologi digital. Hal ini terlihat dari aktivitas ekonomi digital di Indonesia yang terus meningkat. Permintaan akan aset digital pun muncul tidak hanya dari investor kripto, tetapi juga dari pelaku usaha di Indonesia. Tren tersebut menunjukkan cara bisnis dan industri mendorong inklusi keuangan, di mana literasi digital memegang peranan penting,” ucap Kinansyah Pramaditia, Business Development Manager StraitsX Indonesia.

Datareportal.com menunjukkan bahwa 51,1% dari 270 juta penduduk Indonesia masuk dalam kategori underbanked atau unbanked. Tingkat penetrasi internet pun hanya 73,3%. Seiring pesatnya pertumbuhan fintech, blockchain dan aset digital Indonesia, maka permintaan stablecoin berdenominasi rupiah yang kompatibel pun makin tinggi. 

XIDR berupaya memberdayakan, mendemokratisasi dan mempercepat akses ke aset digital bagi individu dan bisnis di wilayah Asia dan sekitarnya. Upaya XIDR tersebut memudahkan masyarakat yang tak memiliki rekening bank untuk mengakses layanan keuangan. XIDR bertujuan untuk menjadi stablecoin rupiah yang paling hemat biaya dan memaksimalkan utilitas bagi pemiliknya. Platform StraitsX menggratiskan proses pencetakan dan penukaran XIDR ke rupiah dengan pembatasan biaya transaksi on-chain. XIDR dapat digunakan untuk mengirim rupiah dengan aman pada protokol blockchain Ethereum dan Ziliqa. 

Baca juga: Stablecoin Berdenominasi Rupiah, XIDR Gunakan Blockchain Ethereum dan Ziliqa

“Akun bisnis StraitsX menciptakan lebih banyak peluang bagi lembaga keuangan, bisnis, dan konsumen untuk melakukan transaksi dan pengelolaan keuangan. StraitsX berharap stablecoin XIDR makin berfungsi sebagai media yang cepat, nyaman, dan aman di Indonesia,” ucap Kinansyah.

Token XIDR dapat diperoleh dengan mendaftar akun StraitsX dan mentransfer rupiah ke akun tersebut. Tersedia juga akun bisnis dengan batas transaksi yang lebih tinggi dibandingkan akun pribadi. Selain itu akun bisnis juga menyediakan fitur tambahan advanced account management bagi bisnis.

Aymeric Salley, Head of StraitsX

"Kami bertujuan membangun ekosistem aset digital yang kuat dan dapat dioperasikan oleh mitra lokal dan internasional secara terpercaya. stablecoin StraitsX Indonesia (XIDR) memiliki potensi besar dalam ekosistem keuangan global, selain fungsi utamanya dalam transaksi cryptocurrency di blockchain publik. Keandalan teknologi blockchain, memungkinkan stablecoin membantu memfasilitasi pengiriman aset digital kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja dalam hitungan menit tanpa perantara apa pun, sehingga memberikan opsi pengiriman yang lebih cepat dan lebih murah," ucap Aymeric Salley, Head of StraitsX.

Baca juga: Proyek Kripto Indonesia Pertama, Toko Token (TKO) Resmi Diluncurkan Tokocrypto

Demi memenuhi misis untuk mempercepat akses digital bagi individu dan bisnis di Indonesia, StraitsX juga memiliki tim di Indonesia. Baru-baru ini StraitsX menunjuk Jume Analyes sebagai product lead. Jume sebelumnya merupakan co-founder IDRS, stablecoin rupiah di atas blockchain Solana.

Sampai sekarang, platform StraitsX sudah menyelesaikan lebih dari 130 ribu transaksi senilai lebih dari SGD2,5 miliar. Harapannya XIDR dapat menyusul keberhasilan peluncuran stablecoin XSGD yang didukung dolar Singapura sepenuhnya. Kini kapitalisasi pasar XSGD sudah mencapai lebih dari USD200 juta.

Share:

Artikel Terkini