Enseval Kembangkan Platform Distribusi Digital EMOS dengan Solusi AWS Enseval Kembangkan Platform Distribusi Digital EMOS dengan Solusi AWS ~ Teknogav.com

Enseval Kembangkan Platform Distribusi Digital EMOS dengan Solusi AWS

Teknogav.com  - Electronic Mobile Order System (EMOS) merupakan platform distribusi digital khusus produk-produk kesehatan yang dikembangkan Enseval, anak perusahaan Kalbe Group. Pengembangan EMOS dilakukan Enseval dengan memanfaatkan teknologi Amazon Web Services (AWS). PT Emos Global Digital yang merupakan unit bisnis Enseval menjalankan sebagian besar teknologi informasi (TI) EMOS di cloud AWS.

Enseval merupakan perusahaan yang menyediakan produk-produk farmasi, kesehatan dan nutrisi besar di Asia Tenggara. Platform distribusi digital EMOS akan memastikan pesanan produk-produk yang disediakan Enseval tersebut diterima penyedia layanan kesehatan di berbagai daerah. Berbagai usaha yang bergerak di bidang kesehatan seperti apotek dan rumah sakit dapat memesan berbagai produk melalui marketplace digital EMOS.

Baca juga: KlikDokter Lakukan Modernisasi Sektor Kesehatan dengan Dukungan AWS

Dalam EMOS terdapat sistem pengelolaan pemesanan, platform pemasaran yang terintegrasi, sistem pembayaran nontunai, dan program loyalitas digital. Fungsi-fungsi tersebut memudahkan penyedia layanan kesehatan untuk memesan berbagai produk yang dibutuhkan sehingga produk-produk kesehatan makin mudah dijangkau. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan akses kesehatan bagi jutaan penduduk dan menyelamatkan banyak jiwa.

Penggunaan Solusi AWS pada EMOS

EMOS sendiri telah diluncurkan sejak 8 Agustus 2015. Kini platform EMOS memanfaatkan kapabilitas AWS yang komprehensif, termasuk dalam ranah komputasi dan database. Penggunaan solusi AWS memungkinkan untuk menyederhanakan proses operasional, menghemat biaya infrastruktur ketimbang on-premise dan mempercepat penyediaan infrastruktur lebih cepat. Kini penyediaan infrastruktur dapat dilakukan dalam hitungan menit, bukan lagi hari.

Timotius Samanuli, Direktur EMOS

“Kami dapat mengembangkan layanan-layanan digital baru di AWS dengan kecepatan tinggi. Produk kesehatan menjadi lebih mudah diakses, sehingga akses kesehatan masyarakat pun makin baik. Dengan menjalankan platform distribusi EMOS kami di cloud AWS, kami dapat menikmati kelincahan dan skalabilitas. Hal ini memampukan kami meningkatkan ketersediaan produk-produk kesehatan dan memajukan kesehatan masyarakat. Kami juga bisa menyediakan pengalaman transaksi yang lebih cepat dan mulus bagi pelanggan kami dengan memanfaatkan AWS,” ucap Timotius Samanuli. Direktur EMOS.

Ekspektasi pada pengalaman digital yang mudah dan menyenangkan meningkat seiring dengan tumbuhnya jumlah pelanggan yang berbelanja secara online di gawainya. Tuntutan tersebut berusaha dipenuhi Enseval dengan menghadirkan layanan digital yang makin cepat dan andal. 

Baca juga: 5 Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan Walau Sedang Pandemi

Penskalaan beban kerja EMOS dilakukan secara otomatis menggunakan solusi Amaon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2). Amazon EC2 adalah layanan berbasis web yang menawarkan komputasi yang aman dan scalabel menggunakan cloud. Solusi tersebut dapat mendukung EMOS melayani permintaan yang meningkat drastis di waktu-waktu puncak seperti akhir bulan atau saat melakukan promosi. Durasi transaksi di aplikasi EMOS pun dapat dipercepat dari hitungan menit menjadi detik, sehingga pelanggan merasakan tahap pemesanan yang lebih cepat dan nyaman.

Sementara itu pengoperasian relation database di cloud dipermudah menggunakan solusi Amazon Relational Database Service (Amazon RDS). Solusi ini memungkinkan PT Emos Global Digital untuk mempersingkat waktu dalam pengeloaan database. Penghematan waktu tersebut pun dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan layanan, fitur dan aplikasi baru dengan cepat. Tentunya hal ini akan berdampak positif pada pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

layanan dan solusi EMOS

Baca juga: Tips Aman Pilih Obat dan Vitamin yang Tepat ala SehatQ 

“Enseval menggandeng AWS untuk melaksanakan visinya, yakni menjadi distributor layanan kesehatan nomor satu di Indonesia. Berkat kapabilitas AWS, platform EMOS milik Enseval dapat berinovasi dan menskalakan layanan ecommerce-nya ketika dibutuhkan. Hasilnya, produk kesehatan tiba lebih cepat, dan pelayanan pelanggan juga terus ditingkatkan,” ucap Gunawan Susanto, Country Manager at AWS Indonesia.

Share:

Artikel Terkini