Tips Aman Pilih Obat dan Vitamin yang Tepat ala SehatQ Tips Aman Pilih Obat dan Vitamin yang Tepat ala SehatQ ~ Teknogav.com

Tips Aman Pilih Obat dan Vitamin yang Tepat ala SehatQ

Teknogav.com – Pesatnya peningkatan kasus positif COVID-19 memicu masyarakat untuk menjalani pola hidup lebih sehat dan bersih. Upaya ini dilakukan agar kekebalan tubuh meningkat sehingga tak mudah diserang penyakit. Perilaku ini pun meningkatkan permintaan akan obat, vitamin dan suplemen di apotek. SehatQ pun berusaha memberikan solusi atas tingginya permintaan tersebut.

SehatQ merupakan perusahaan rintisan health tech yang menjadi salah satu mitra Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam penanganan COVID-19. Platform ini memberikan layanan telekonsultasi bagi pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. SehatQ juga menyediakan solusi untuk memudahkan pembelian obat atau vitamin tanpa harus keluar rumah. Harga obat dan vitamin yang ditawarkan platform ini pun terjangkau. Solusi ini merupakan salah satu upaya SehatQ dalam menekan angka COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Likee Live Health Klinik Siap Layani Konsultasi Kesehatan Online Gratis

“Kami senantiasa hadir dan siap untuk memenuhi kebutuhan obat atau vitamin bagi masyarakat Indonesia. SehatQ berusaha memastikan setiap masyarakat Indonesia mendapatkan obat atau vitamin yang dibutuhkan. Apalagi saat penerapan aturan PPKM yang ketat dan keterbatasan stok di apotek, Tentunya hal ini juga perlu diseimbangi dengan edukasi pemakaian dan anjuran obat atau vitamin yang tepat,” ucap Pandu Budiarso selaku Director of Corporate and Regulatory Affairs SehatQ.

Saat ini di internet banyak informasi mengenai rekomendasi obat dan vitamin yang harus dikonsumsi selama pandemi. Informasi yang berseliweran tersebut sering mendong masyarakat membeli tanpa mengetahui efek samping dan kandungan obat tersebut. Padahal sembarangan mengkonsumsi obat dan vitamin bisa berakibat fatal jika tak diimbangi edukasi yang tepat. SehatQ berusaha mengatasi masalah tersebut dengan memberikan beberapa tips untuk membeli obat dan vitamin yang tepat.

Sesuaikan obat dan vitamin dengan usia dan jenis kelamin

Anjuran konsumsi setiap obat dan vitamin berbeda, tergantung faktor usia dan jenis kelamin. Perhatikan anjuran konsumsi yang tertera pada kemasan vitamin dengan saksama. Biasanya terdapat anjuran dosis berbeda bagi anak di bawah 12 tahun dan dewasa. Hal ini penting diperhatikan karena setiap obat dan vitamin memiliki efek samping yang berbeda pada setiap orang.

Perbedaan usia dan jenis kelamin seseorang juga mempengaruhi jumlah kebutuhan nutrisi. Jadi pastikan membaca petunjuk penggunaan yang tercantum pada kemasan obat dan vitamin ya.

Konsultasi dengan dokter atau apoteker

Jika memiliki penyakit bawaan, maka perlu konsultasi lebih lanjut untuk mengetahui aman tidaknya komposisi obat dan vitamin yang akan dikonsumsi. Hal ini penting, karena kandungan komposisi yang dilarang atau tak cocok diminum bersamaan bisa mengakibatkan reaksi yang fatal. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang menangani perawatan penyakit bawaan terlebih dahulu jika ingin disesuaikan dengan rekam medis yang ada.

Baca juga: Bayar Konsultasi Kesehatan di ALODOKTER Pakai ShopeePay, Cashback 30%

Konsultasi dengan dokter umum, dokter spesialis dan apoteker pun bisa dilakukan mengenai hal ini. Enaknya sekarang konsultasi bisa langsung dilakukan secara online melalui SehatQ tanpa harus keluar rumah. Pembelian obat dan vitamin pun bisa langsung dilakukan melalui aplikasi ini.

Pastikan keberadaan surat izin edar obat dan vitamin

Banyak obat-obatan dan vitamin yang beredar diperjualbelikan bebas. Nah, jangan sembarangan membeli, sebaiknya pastikan surat izin edar yang dikeluarkan pemerintah sebelum membeli obat dan vitamin. Biasanya surat izin edar tersebut berbentuk sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pengecekan izin BPOM ini isa dilihat melalui situs atau aplikasi resmi BPOM.

Perhatikan dosis kandungan vitamin

Sebagian besar orang ingin mengonsumsi vitamin untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, multivitasmin juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Tetapi hati-hati, jika tak diperhatikan secara saksama justru multivitamin bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Setiap vitamin yang masuk ke dalam tubuh memiliki batas dosis maksimum perhari. Contohnya adalah kebutuhan vitamin C tubuh yang hanya sekitar 75-mg. Jika mengonsumsi vitamin C dosis 1000 mg, maka sisanya akan dibuang melalui urin. Jadi penting untuk memperhatikan dosis vitamin yang terkandung, karena dosis tinggi belum tentu memberikan hasil positif.

Baca juga: 5 Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan Walau Sedang Pandemi

Informasi mengenai kesehatan dari dokter terpercaya bisa dipelajari lebih lanjut melalui aplikasi dan situs resmi SehatQ. Nah, kabar gembiranya, SehatQ menawarkan berbagai promo bulanan dan memberikan gratis ongkos kirim untuk memenuhi kebutuhan obat dan vitamin bagi seluruh masyarakat. Selama periode 15-21 Juli 2021, pengguna SehatQ bisa mendapatkan cashback sampai 100% selama periode kampanye ShopeePay Super Online Deals.

Share:

Artikel Terkini