OPPO Reno7 Andalkan Sensor SONY IMX709 dan Microlens 30x OPPO Reno7 Andalkan Sensor SONY IMX709 dan Microlens 30x ~ Teknogav.com

OPPO Reno7 Andalkan Sensor SONY IMX709 dan Microlens 30x


Teknogav.com – OPPO Reno7 merupakan seri terakhir dari lini Reno7 series yang diluncurkan. Sebelumnya OPPO telah meluncurkan Reno7 5G dan Reno7 Z 5G pada 2 Maret 2022 lalu. Reno7 tentu saja mengandalkan kinerja fotografi yang siap memperkuat slogan ‘Portrait Expert’. OPPO berkolaborasi dengan SONY dalam mengembangkan sensor IMX709 yang merupakan sensor RGBW generasi baru untuk mendukung swafoto. Selain itu hadir juga Microlens yang dapat memperbesar sampai 30x, semuanya dikemas dalam desain smartphone klasik dengan tekstur kulit fiberglass.

Peningkatan kinerja fitur swafoto pada Reno7 ini sangat signifikan berkat kehadiran sensor IMX709 yang mendukung Ultra-Sensing Selfie. Selain itu hadir juga fitur Bokeh Flare Portrait dan Microlens 30x  yang meningkatkan kinerja fotografi lini seri Reno.
OPPO Reno7 Sunset Orange
“OPPO memberikan peningkatan perangkat keras termasuk baterai 4.500mAh dengan teknologi pengisian daya cepat SUPERVOOCTM 33W. Peningkatan pada perangkat lunak disajikan sistem operasi ColorOS 12 yang menghadirkan pengalaman penggunaan yang sangat lancar. Ultra-Slim Retro Design pada Reno7 tersedia dalam dua warna dengan desain kulit fiberglass atau OPPO Glow yang ikonik. OPPO Reno7 dijual dengan harga Rp5.199 juta di Indonesia dan dapat dipesan mulai 25 Maret 2022,” ucap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Baca juga: Serangkaian OPPO Reno7 Series Siap Meluncur, Ini Fitur-fitur Utamanya!

Kualitas Gambar Tajam

Pada punggung smartphone Reno7 terdapat kamera dengan konfigurasi tiga kamera. Ketiga kamera tersebut adalah 64 MP AI Triple Camera, 2 MP Depth Camera, dan 2 MP Microlens. Sebelumnya Microlens ini hadir pada OPPO FindX3 Pro dengan pembesaran sampai 60x. Pada OPPO Reno7, pembesaran menggunakan Microlens ini dapat dipilih sampai 15x atau 30x. Uniknya fitur Microlens ini didukung lampu tambahan Orbit Light di sekelilingnya yang menyala saat fitur digunakan. Lampu tersebut juga dapat berpendar ketika menerima panggilan dan pesan, bermain game, juga saat mengisi daya baterai.

respons Orbit Light sesuai situasi

Sensor IMX709 hasil kolaborasi OPPO dan SONY mendukung kamera 32 MP yang disematkan pada layar smartphone. Kehadiran sensor tersebut di Indonesia merupakan yang perdana. Sensor RGBW dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan OPPO dihadirkan pada sensor IMX709 tersebut. Perpaduan teknologi tersebut meningkatkan kompatibilitas lintas platform dan efisiensi pemrosesan gambar. Algoritma ini memungkinkan sensor meningkatkan pasokan cahaya tanpa mengurangi informasi warna.

Piksel putih sensor RGBW dapat menangkap spektrum penuh dari cahaya, sehingga lebih peka cahaya dibandingkan piksel lain. Karakteristik piksel putih tersebut memungkinkan menangkap lebih banyak cahaya. Sensor RGGB tradisional tidak memiliki piksel putih ini. Jika dibandingkan sensor RGGB, maka sensor RGBW bisa menangkap 60% cahaya lebih banyak, sambil mengurangi noise sampai 35%. Kemampuan tersebut menghasilkan gambar yang lebih cerah dan jelas saat digunakan pada kondisi yang pencahayaannya rendah.

OPPO Reno7

Baca juga: Segera Hadirkan Smartphone Reno Terbaru, OPPO Perkuat Slogan ‘Portrait Expert’

Berikut ini adalah fitur-fitur kamera yang dihadirkan pada Reno7:

  • Bokeh Flare Portrait yang terdapat pada kamera depan dan kamera belakang. Algoritma AI digunakan fitur ini untuk menentukan sumber cahaya di latar belakang dan membuat titik cahaya bokeh berdasarkan jarak. Fitur ini mampu meniru efek bokeh yang diberikan kamera profesional. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, pada Bokeh Flare Portrait terkini, efek bokeh lebih bertekstur dan peningkatan warna kulit, terutama pada saturasi warna tinggi.
  • Selfie HDR yang dapat mendeteksi kondisi cahaya menggunakan AI dan otomatis menerapkan algoritma peningkatan gambar berdasarkan kondisi yang terdeteksi. Hasil swafoto yang dihasilkan lebih tajam, cerah dan alami pada semua kondisi cahaya, baik terang atau gelap.
  • Portrait retouching yang bisa digunakan pada kamera belakang dan kamera depan. Fitur ini memanfaatkan 393 titik wajah utama dari algoritma pengenalan wajah sehingga memberikan efek kecantikan yang halus dan alami pada foto dan video potret. Efek kecantikan yang berbeda dapat diterapkan bagi setiap individu menggunakan fitur ini.
  • AI Scene Enhancement mengoptimalkan warna, saturasi dan kontras untuk lebih dari 20 pemandangan berbeda. Saat mengambil foto, objek seperti bunga, makanan atau matahari terbenam dapat dikenali oleh algoritma kecerdasan buatan ini.
  • Ultra-Clear 108 MP Image merupakan algoritma resolusi super untuk mengambil gambar sampai 108 MP yang sangat jernih dan tajam.
  • Flash Snapshot mengabadikan gambar yang jernih saat subjek bergerak dengan memanfaatkan OPPO Image Clear Engine

Selain itu kamera pada OPPO Reno7 juga dibekkali dengan fitur AI Palette.

Desain Ultra-Ramping

OPPO Reno7 mengusung desain Ultra-Slim Retro dengan bingkai tengah yang datar. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Sunset Orange dan Cosmic Black. Warna jingga cerah dan desain kulit fiberglass ditampilkan oleh pilihan warna Sunset Orange. Desain ini menggunakan lapisan dengan tekstur kulit leci dan penutup pelat yang memadukan bagian belakang smartphone dengan bingkai tengah. Sementara itu desain OPPO Glow dengan warna hitam yang premium diusung oleh varian warna Cosmic Black.

OPPO Reno7 warna Sunset Orange dan Cosmic Black

Kedua varian warna smartphone tersebut hadir dalam ketebalan yang berbeda. Ketebalan varian Cosmic Black hanya 7,49 mm, sedangkan varian Sunset Orange tebalnya 7,54 mm. Sementara itu bobot kedua varian smartphone sama, yait 175 gram.

OPPO Reno7 menggunakan panel AMOLED berukuran 6,4 inci. Layar tersebut memiliki refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate sampai 180 Hz. Kemampuan layar ini menyajikan tampilan visual yang halus dan nyaman. Sertifikasi Netlfix HDR, Amazon HDR dan YouTube HD telah disandang layar, sehingga menjamin pemutaran video berkualitas tinggi.

Kinerja OPPO Reno7

Chipset Snapdragon 680 4G yang berkinerja cepat dan hemat daya diandalkan untuk mentenagai smartphone Reno7. Baterai smartphone memiliki kapasitas 4.500 mAh dan didukung pengisian daya cepat SUPERVOOC™ 33 W. Teknologi pengisian daya cepat tersebut dapat mengisi baterai dari kondisi kosong sampai penuh hanya dalam 60 menit. Cukup mengisi daya selama lima menit saja untuk dapat memutar film selama 1,68 jam.

Kinerja prosesor pada smartphone ini didukung RAM 8 GB dan media penyimpanan berkapasitas 256 GB. Kapasitas RAM tersebut dapat diperluas dengan virtual RAM yang memanfaatkan ruang pada media penyimpanan. Tambahan virtual RAM tersebut tersedia dalam pilihan 2 GB, 3 GB atau 5 GB. Perluasan kapasitas RAM ini mendukung untuk menjalankan beberapa aplikasi bersamaan tanpa mengalami penurunan kinerja.

Baca juga: Desain OPPO Reno7 5G Makin Kinclong dengan LDI

Sistem operasi Android 12 dikemas secara apik oleh antarmuka ColorOS12 yang menunjang kenyamanan dan kelancaran perangkat. Pengguna dapat memanfaatkan desain inklusif dan ikon 3D pada ColorOS secara lebih intuitif dan mudah. Alokasi sumber daya dapat diptimalkan menggunakan AI System Booster yang diusung ColorOS12. Fitur tersebut juga dapat mengurangi fragmentasi memori untuk menjamin kelancaran dan kecepatan kerja Reno7. Pengalaman dalam menggunakan OPPO Reno7 juga ditunjang fitur-fitur Quick Startup, Game Focus Mode, AI Frame Rate Stablizer dan Ultra Touch Response.

Fitur Air Gestures memudahkan menjawab dan menonaktifkan panggilan telepon, atau menggulir halaman media sosial hanya dengan menggerakkan tangan di udara. Layar pun dapat dipertahankan tidak meredup saat pengguna masih menatap layar dengan memanfaatkan fitur Adaptive Sleep. OPPO juga senantiasa melindungi privasi dengan fitur Smart Notification Hiding yang akan menyembunyikan tampilan layar saat orang lain menatap layar. Keamanan dan privasi data pengguna pun dijamin oleh sertifikasi ISO, ePrivacy dan TrustArc yang disajikan ColorOS 12.

Ketersediaan dan Harga

Pre-order OPPO Reno7 sudah dimulai sejak hari ini, yaitu 25 Maret 2022, sampai 1 April 2022. Tersedia hadiah eksklusif Bluetooth speaker Reno7 Digisound senilai Rp599 ribu untuk pembelian secara pre-order. Selain itu tersedia juga bundling paket data Telkomsel sampai 192 GB senilai Rp300 ribu. Total hadiah yang tersedia bagi pembeli pada pembelian pre-order ini adalah Rp1.999.000. OPPO juga menyediakan diskon Rp300 ribu untuk pembelian Reno7 secara bundling dengan OPPO Watch Free.


OPPO juga menawarkan program pembiayaan dengan diskon sampai Rp800 ribu untuk pemesanan di OPPO Store. Program tersebut menggunakan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit dengan layanan pembiayaan AEON Fast, Home Credit, Indonada, krediplus, dan Payku. Pre-order dapat dilakukan di situs resmi OPPO Indonesia, jaringan OPPO Store dam mitra retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.

Spesifikasi OPPO Reno7

Prosesor

Snapdragon™ 680 4G

Kamera Depan

32 MP Sony IMX709

Kamera Utama

64 MP Kamera Utama

2 MP Kamera Bokeh

2 MP Kamera Mikro

Pilihan Warna

Sunset Orange dan Cosmic Black

Ketebalan

Sunset Orange: Sekitar 7.54 mm

Cosmic Black: Sekitar 7.49 mm

Berat

Sekitar 175 gram

Bahan Penutup Belakang

Sunset Orange: Fiberglass-leather Design

Cosmic Black: OPPO Glow

Layar

6.4“AMOLED Display

90 Hz Refresh Rate

Sidik Jari

In-display Fingerprint Unlock

Baterai

4500mAh, 33W SUPERVOOCTM

RAM & Penyimpanan

RAM 8 GB +  Ekspansi RAM hingga 5 GB

Media penyimpanan internal 256 GB dukungan microSD hingga 1 TB

Sistem Operasi

ColorOS 12 berbasis Android 12

Harga

Rp5.199.000

Share:

Artikel Terkini