Wacom dan ClassPoint Berkolaborasi Tawarkan Solusi Efektif Kegiatan Belajar Mengajar Wacom dan ClassPoint Berkolaborasi Tawarkan Solusi Efektif Kegiatan Belajar Mengajar ~ Teknogav.com

Wacom dan ClassPoint Berkolaborasi Tawarkan Solusi Efektif Kegiatan Belajar Mengajar

Teknogav.com – Perkembangan teknologi digital begitu pesat, terutama sejak pandemi COVID-19 melanda. Tak hanya kegiatan bekerja dan berbelanja saja yang beralih ke digital, demikian juga dalam hal belajar mengajar.  Tentunya ini menjadi tantangan bagi pendidik, karena harus mengasah keterampilan dalam mengoperasikan berbagai perangkat digital dan perangkat lunak terkini. Upaya ini penting agar dapat memberikan bahan pembelajaran yang menarik, efektif dan interaktif bagi murid-muridnya.

Solusi metode pembelajaran yang lebih interaktif, efektif dan mudah dihadirkan oleh kolaborasi PT Datascrip sebagai distributor resmi Wacom dengan ClassPoint. Selama ini Wacom dikenal sebagai perangkat untuk menggambar secara digital. Sementara itu ClassPoint merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk memudahkan pengajar membuat metode pembelajaran yang lebih menarik.

Baca juga: Wacom One, Pen Display untuk Membuat Sketsa atau Sunting Foto

Kolaborasi antara PT Datascrip dengan ClassPoint ini memungkinkan perangkat Wacom untuk dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar. Aplikasi ClassPoint terhubung dengan Microsoft PowerPoint sehingga memudahkan pengajar dalam presentasi atau menjalaskan materi bagi murid-muridnya, baik offline maupun online.

“Saat mengajar secara online ada beberapa keterbatasan seperti tidak bisa menerangkan materi menggunakan papan tulis. Hal ini menyebabkan berkurangnya interaksi lebih antara siswa dan pengajar. Perangkat tablet digital Wacom dan aplikasi ClassPoint memudahkan proses belajar mengajar, terutama mata pelajaran yang membutuhkan interaksi lebih. Pelajaran-pelajaran tersebut seperti matematika, fisika, kimia hingga pelajaran seni menggambar. Layaknya menulis di buku ataupun papan tulis, Wacom memberikan keleluasaan bagi pengajar dalam menyampaikan materi dengan mudah, efektif dan interaktif,” ucap Raditya Nyoardinata, Assistant Marketing Manager PT Datascrip.

Baca juga: Acer for Education, Solusi Pendidikan Menyeluruh dengan LMS Berstandar Internasional

Fitur-fitur yang tersedia pada ClassPoint mencakup pembuatan kuis dengan berbagai jenis pertanyaan sehingga cocok untuk diterapkan dalam berbagai mata pelajaran. Jenis-jenis pertanyaan tersebut mencakup pilihan ganda, lawan kata, jawaban singkat, menggambar singkat, unggah gambar sampai soal menggambar. Pengajar dapat leluasa membuat soal mata pelajaran matematika, kesenian, geografi, ilmu pengetahuan alam dan lain-lain dengan berbagai jenis pertanyaan tersebut.

kegiatan belajar mengajar secara online

Ketika menyampaikan materi belajar secara online, terkadang agak ribet jika menggunakan mouse, terutama saat menjelaskan dengan cara menggambar. Perangkat digital pen tablet atau pen display dari Wacom dapat berfungsi seperti papan tulis. Kemampuan ini memberi keleluasaan bagi penngajar untuk menulis, menggambar atau memberikan coretan yang langsung ditampilkan pada monitor siswa di rumah.

kegiatan belajar mengajar secara tatap muka langsung

Pada kegiatan belajar mengajar secara tatap muka langsung, perangkat Wacom pun dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan materi lebih efektif. Pengajar tak perlu membelakangi siswa saat menulis di papan tulis, bahkan usah jinjit atau membungkuk saat menulis atau menerangkan materi. Pen display Wacom memungkinkan untuk menulis dari podium atau meja tanpa harus beranjak ke papan tulis.  Materi tersebut akan langsung tampil d layar proyektor. Selain itu pengajar pun tak menghalangi pandangan murid-muridnya saat memperhatikan papan tulis. Pengajar pun dapat menjaga kontak mata dengan murid saat menerangkan materi pada pen display Wacom.

kegiatan belajar mengajar secara hybrid

Pengajar bisa berhadapan langsung di depan murid-murid yang ada di kelas dan di depan webcam dengan memanfaatkan Wacom dan ClassPoint. Saat mengajar, pengajar tak perlu beranjak ke depan papan tulis, sehingga tetap tampil di layar murid-muridnya di rumah. Kemudahan yang ditawarkan solusi belajar mengajar menggunakan Wacom dan ClassPoint ini juga memungkinkan metode pembelajaran hybrid. Metode ini menerapkan kegiatan belajar mengajar secara online dan tatap muka di sekolah secara bersamaan.

Baca juga: Epson Hadirkan Berbagai Inisiatif dan Jajaran Produk Pendukung Edukasi

“Penggunaan ClassPoint dan Pen Tablet Wacom, memungkinkna siswa lebih fokus saat proses pembelajaran, dari awal hingga akhir. Solusi ini juga membantu saya sebagai pengajar mata pelajaran Matematika, membuat proses belajar mengajar jadi lebih asyik dan menyenangkan,” ucap Frans Cilia Mahdalena, guru SMA PESAT School of Talent, Bogor.

Sebagai distributor resmi Wacom di Indonesia, PT Datascrip menawarkan promo menarik dari hasil kolaborasi dengan ClassPoint ini. Promo tersebut memberikan bonus penggunaan aplikasi ClassPoint Pro selama tiga bulan untuk pembelian segala tipe Pen Tablet Wacom.

Share:

Artikel Terkini