WIR Group dan Pemkot Makassar Siap Kembangkan Metaverse Makassar WIR Group dan Pemkot Makassar Siap Kembangkan Metaverse Makassar ~ Teknogav.com

WIR Group dan Pemkot Makassar Siap Kembangkan Metaverse Makassar

Teknogav.com – Pemerintah kota (Pemkot) Makassar bekerja sama dengan perusahaan berbasis augmented reality (AR), WIR Group dalam mengembangkan platform Metaverse Kota Makassar. Kerja sama tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Mou) yang ditandatangani pada Selasa, 15 Maret 2022. Penadatanganan dilakukan oleh Danny Pomanto, Walikota Makassar dan Daniel Surya, Executive Chairman WIR Group.

Upaya pengembangan platform metaverse oleh Pemkot Makassar dilakukan agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Makassar. Pengembangan ini dilakukan dengan mengadopsi teknologi digital dengan menghadirkan realitas virtual.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

“Kerja sama ini memungkinkan Kota Makassar akan memiliki realitas virtual. Kami berharap nantinya masyarakat kota Makassar khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dapat memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Metaverse ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah, terutama bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan bagi warganya. Selain itu platform Metaverse memiliki potensi yang besar untuk masyarakat bisa berinteraksi, bekerja, belajar dan berkarya, “ ucap Danny.

Baca juga: Huawei Harapkan Kolaborasi Industri untuk Bangun Ekosistem 5G + AR

Kerja sama antara Pemkot Makassar dan WIR Group ini juga menegaskan komien WIR Group dalam mengembangkan platform metaverse. Selain metaverse Makassar, pengembangan metaverse juga sudah dilakukan di kota-kota lain, termasuk Jakarta, Bali dan Ibu kota Negara (IKN) Nusantara. Pengembangan Metaverse Makassar merupakan hal positif yang menambah satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform Metaverse Indonesia.

“Metaverse Kota Makassar akan hadir dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai-nilai dan kearifan lokal dan budaya bangsa. Pembangunan Metaverse Indonesia memang membutuhkan waktu cukup lama dan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024. Hal ini mengingat pengembangan metaverse memiliki kompleksitas yang tinggi,” ucap Stephen Ng, Chief Metaverse Officer WIR Group.

Baca juga: Fitur-fitur OPPO X 2021, OPPO AR Glass dan CyberReal AR

WIR Group telah menerima banyak pengakuan internasional yang terbukti dari penghargaan-penghargaan yang telah diterima.  Apresiasi terkini terlihat atas masuknya WIR Group dalam daftar “Metaverse Companies to Watch in 2022” yang disusun Forbes GE. Sejumlah entitas dari berbagai sekto bisnis pun sudah menandatangani kesepakatan kerja sama untuk bergabung dalam ekosistem Metaverse Indonesia. Sektor-sektor yang telah bekerja sama, termasuk perbankan, pendidikan, properti, sampai budaya dan kuliner. Selain itu, WIR Group juga akan memperkenalkan purwarupa Metaverse Indonesia yang dirancang dengan teknologi AI, VR dan AR. Rencananya Metaverse Indonesia akan diperkenalkan WIR Group pada perhelatan Presidensi G-20  yang digelar di Bali, Indonesia.

Share:

Artikel Terkini