Alfamart Perluas Jangkauan Bisnis dan Layanan Retail di Metaverse Alfamart Perluas Jangkauan Bisnis dan Layanan Retail di Metaverse ~ Teknogav.com

Alfamart Perluas Jangkauan Bisnis dan Layanan Retail di Metaverse

Teknogav.com – Kini banyak perusahaan dari berbagai sektor melirik peluang untuk memanfaatkan teknologi metaverse untuk dapat memperluas jangkauan pelanggan. Perusahaan dapat meningkatkan pemasaran dam menyajikan pengalaman pelanggan yang makin baik dengan teknologi metaverse. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang merupakan perusahaan perdagangan retail dengan nama bisnis Alfamart pun tak ketinggalan akan memasuki metaverse.

Dalam memanfaatkan teknologi metaverse, Alfamart berkolaborasi dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group). WIR Group adalah perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Kolaborasi tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman antara Alfamart dan WIR Group yang ditandatangnai Kamis, 14 April 2022. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Anggara Hans Prawira, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan Daniel Surya, Executive Chairman dan Co-founder WIR Group. 

Baca juga: SALT Dukung Industri Retail Garap Metaverse

“Saat ini teknologi digital telah membawa pola baru bagi bisnis termasuk perubahan dalam pola konsumen berbelanja yang tidak terbayangkan sebelumnya. Tanpa mengadopsi kemajuan teknologi digital, pelaku usaha akan sulit mengikuti perkembangan maupun untuk terus berada dalam kompetisi yang kian ketat. Alfamart harus mampu mengubah cara pandang kita dengan cepat mengingat akselerasi kemajuan teknologi digital sangat tinggi,” ucap Hans.

Hans memaparkan bahwa banyak potensi metaverse yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk lebih maju berkembang. Metaverse akan berkembang menjadi tempat baru bagi pelanggan untuk merasakan pengalaman belanja virtual di Alfamart. Reputasi, kredibilitas dan rekam jejak WIR Group menjadi alasan Alfamart untuk menunjuk perusahaan tersebut sebagai mitra untuk menggarap metaverse. Kerja sama Alfamart dan WIR Group telah dijalin sejak tahun 2015 untuk berinovasi mengembangkan jaringan toko virtual Almamind. Kedua perusahaan tersebut telah mempelopori penggunaan teknologi AR di rak penjualan toko-toko pada tahun 2015 melallui sarana promosi digital DAV.

Baca juga: WIR Group Gandeng Sour Sally Group untuk Bergabung di Metaverse

Kolaborasi antara Almafart dan WIR Group dikatakan Daniel Surya sebagai kolaborasi strategis. Hal ini mengingat kuatnya jaringan retail Alfamart. Menurut Daniel memberikan nilai tambah dengan kehadiran Alfamart di Metaverse merupakan tantangan bagi WIR Group. Kehadiran Alfamart di Metaverse tentu saja dapat meningkatkan layananan dan pengalaman bagi pelanggan Alfamart.

WIR Group akan terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas digital dengan kehadiran sektor-sektor usaha di metaverse sesuai dengan tipe binisnya. Upaya ini dilakukan untuk menyediakan solusi teknologi yang tepat bagi setiap sektor industri.

Baca juga:WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

“Keikutsertaan kekuatan retail di Indonesia seperti Alfamart di metaverse, kami harapkan dapat mendorong sektor-sektor lain untuk dapat mengikuti jejak. Hal ini agar mereka  mampu meningkatkan ekosistem metaverse yang kuat dan beragam. Hadirnya kekuatan bisnis ini juga dapat mendukung percepatan transformasi digital dan penerapan ekonomi digital yang direncanakan pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat,” ucap Daniel.

Daniel juga mengatakan bahwa kemampuan dan keahlian WIR Group telah terbukti dan diakui berbagai negara di dunia. Hal ini terlihat dari proyek-proyek yang berhasil diselesaikan WIR Group di 20 negara. Keahlian dan pengalaman WIR Group siap menyediakan solusi bagi klien-klien di dalam dan luar negara.  Solusi-solusi tersebut pun berkontribusi dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini