Review Xacti CX-MT100 360˚, Kamera Konferensi Video Super Luas Review Xacti CX-MT100 360˚, Kamera Konferensi Video Super Luas ~ Teknogav.com

Review Xacti CX-MT100 360˚, Kamera Konferensi Video Super Luas


Teknogav.com – Sejak pandemi melanda, kegiatan konferensi video sudah tak asing lagi dilakukan, baik untuk bekerja, reunian, belajar dan lain-lain. Seiring dengan kondisi pandemi yang sudah mereda, sebagian kegiatan pun berangsur-angsur beralih menjadi hybrid. Saat sebagian karyawan sudah berada di kantor, sebagian tetap dapat berkoordinasi di rumah, meeting pun dapat dilakukan secara hybrid. Xacti CX-MT100 360˚ merupakan kamera yang dapat mendukung kegiatan ini. Apalagi keistimewaan kamera ini adalah kemampuan untuk menangkap gambar dan suara 360˚.

Saat melakukan konferensi video secara hybrid. Peserta rapat yang berada di kantor dapat tertangkap kamera tanpa harus berdempet-dempetan. Cukup posisikan kamera secara horisontal di atas meja. Jika kamera dipasang berdiri menggunakan dock, maka kamera sanggup menangkap gambar dengan sudut pandang sangat lebar. Fitur ini sangat berguna bagi instruktur olahraga seperti yoga, atau bagi yang janjian berolahraga bersama. Cukup dudukkan kamera tak terlalu jauh dari posisi untuk berlatih, maka sesi latihan pun dapat ditampilkan secara jelas dan utuh.

Baca juga: EOS Webcam Utility, Dukung Konferensi Video dengan Kamera Canon

isi paket kamera Xacti CX-MT100 360˚

Desain dan Pairing Kamera Xacti CX-MT100 360˚

Isi di dalam paket kamera CX-MT100 360˚ mencakup kamera dengan penutup lensa berbahan karet, docking dan kabel micro USB. Desain kamera persegi dengan panjang yang sama di keempat sisi dan sudut melengkung. Pada bagian depan kamera terdapat penutup lensa. Beralih ke bagian belakang terdapat lubang mounting untuk memasang kamera pada tripod. Sementara itu di pinggiran bagian belakang terdapat port micro USB.

lubang mounting di bagian belakang kamera Xacti CX-MT100 360˚

Fungsi port micro USB tentu saja untuk menghubungkan kamera dengan PC, baik itu laptop atau desktop. Proses pairing antara kamera dengan laptop berjalan mulus, hanya menunggu beberapa saat, kamera langsung terdeteksi. Pengujian pun dilakukan menggunakan aplikasi konferensi video Zoom. Ternyata kamera otomatis dapat digunakan pada aplikasi tersebut. Pairing antara kamera dengan laptop tidak membutuhkan aplikasi khusus.

port micro USB kamera Xacti CX-MT100 360˚

Pada bagian depan kamera terdapat tiga lubang kecil tempat mikrofon disematkan. Mikrofon ini sangat membantu penangkapan audio secara jernih dengan jangkauan 360˚. Jadi tak perlu menggunakan mikrofon tambahan saat melakukan konferensi video.

Tangkapan Gambar Kamera Xacti CX-MT100 360˚

Ketika kamera diletakkan secara horisontal di meja dengan lensa menghadap ke atas, maka kamera berada di mode panorama. Semua orang di sekitar kamera Xacti ini dapat tertangkap kamera dengan tampilan yang terbagi menjadi dua bagian. Kedua tampilan dalam mode panorama ini memperlihatkan sudut horisontal masing-masing 360˚, dan sudut vertikal 50˚.

Tampilan video yang ditangkap kameraa Xacti CX-MT100 360˚ terlihat jernih dan lebih luas, bahkan bisa menjangkau sampai 360˚. Fitur ini membuatnya cocok digunakan untuk konferensi video di ruang rapat, sehingga bisa menampilkan banyak peserta tanpa harus berdempetan.

Baca juga: BenQ DuoBoard Interactive Flat Panel Perluas Kolaborasi Rapat Tanpa Batas 

Sementara itu saat diletakkan di atas dock, gambar yang ditangkap cukup lebar. Pada review kali ini, tim Teknogav.com meletakkan matras yoga sepanjang 173 cm dengan jarak hanya terpaut satu lengan. Dapat terlihat bahwa matras yoga terlihat begitu jelas, bahkan masih bisa menampilkan banyak ruang di sekitarnya. Tentunya kamera ini cocok digunakan instruktur yoga atau olahraga lain yang membutuhkan ruang luas. Ketika menggunakan mode vertikal, jangkauan kamera ini bisa sampai 101˚. Sayangnya saat kamera didudukkan pada dock, tampilan gambar yang ditayangkan seperti menggunakan efek fish eye.

kamera Xacti CX-MT100 360˚ diletakkan di sebelah laptop

tampilan tangkapan gambar kamera Xacti CX-MT100 360˚

tampilan tangkapan gambar kamera Xacti CX-MT100 360˚

Lensa kamera Xacti ini menggunakan CMOS tipe 1/2,3 STARVIS dengan resolusi Full HD 12,3 MP. Kamera ini memudahkan untuk melihat peserta rapat yang sedang berbicara, apalagi dukungna mikrofon yang juga menangkap suara dengan jelas. Teknologi omnidirectional monoaural memungkinkan mikrofon menangkap asal suara lebih tepat.

Kesimpulan Xacti CX-MT100 360˚

Kamera Xacti CX-MT100 360˚ ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan konferensi video. Semua peserta di dalam ruang besar dapat ditampilkan dengan jelas seluruhnya pada layar berkat jangkauan kamera yang luas. Dukungan mikrofon pun membuat diskusi dapat terdengar dengan jelas. Perpaduan kamera dan mikrofon tersebut memudahkan untuk mengenali peserta rapat yang sedang berbicara. Sayangnya kamera ini tidak disertai perangkat lunak khusus yang dapat mengenali atau menghitung jumlah peserta rapat secara otomatis. 

Baca juga: Jabra Dukung Remote Work dengan Kamera Pintar PanaCast 50 dan 20

Kelebihan Xacti CX-MT100 360˚

  • Bisa menangkap tampilan dan suara 360˚
  • Tangkapan gambar sangat luas, cocok untuk konferensi video hybrid
  • Plug and play
  • Pelindung lensa

Kekurangan Xacti CX-MT100 360˚

  • Port masih micro USB
  • Tidak bisa mendeteksi manusia dan menghitung otomatis kehadiran
  • Fish eye
  • Panduan berbahasa Jepang

Harga dan Ketersediaan


Kamera Xacti CX-MT100 360˚ dibanderol dengan harga Rp4,5 jutaan di DatascripMall.id. Selain itu bisa juga dibeli di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli kamera Xacti CX-MT100 di Blibli
Klik untuk membeli Xacti CX-MT100 di Lazada
Klik untuk membeli kamera Xacti CX-MT100 di Tokopedia
Klik untuk membeli Xacti CX-MT100 360˚di Bukalapak
Klik untuk membeli kamera Xacti CX-MT100 di Shopee

Spesifikasi Xacti CX-MT100 360˚

Mode

Mode 360˚ panorama dan mode sudut lebar

Reolusi

Full HD 12,3 juta piksel

Mikrofon

Monoaural Omnidirecional dengan kepekaan tinggi

Sudut pandang mode 360˚ panoramik

Horisontal 360˚/Vertikal 50˚ (2 tampilan terpisah)

Sudut pandang mode super lebar

Horisontal 180˚/Vertikal 101˚

Sensor gambar

Sensor gambar CMOS tipe 1/ 2.3 STARVIS

Port

Micro USB dengan kabel micro USB ke USB tipe-A

Harga

Rp4.500.000

Share:

Artikel Terkini