Soulcops dan WIR Group Berkolaborasi untuk Hadirkan IP di Metaverse Soulcops dan WIR Group Berkolaborasi untuk Hadirkan IP di Metaverse ~ Teknogav.com

Soulcops dan WIR Group Berkolaborasi untuk Hadirkan IP di Metaverse

Teknogav.com – Soulcops adalah perusahaan rintisan yang mengembangkan IP dan berkantor pusat di Jakarta. Kini Soulcops berkolaborasi dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) untuk menjadi perusahaan pengembang NFT di platform metaverse. WIR Group adalah perusahaan berbasis teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan artificial intelligence (AI) yang mengembangkan platform metaverse. Kolaborasi antara Soulcops dan WIR Group tresebut dituangkan dalam nota kesepahaman pada Senin, 18 April 2022 di Jakarta.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Robby Wahyudi sebagai perwakilan dari Soulcops dan Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group. Ronny Wahyudi mengungkapkan bahwa Soulcops membangun dan mengembangkan game NFT yang mengusung ciri khas Indonesia dan murni karya anak bangsa. 

Baca juga: Game ARPG Berbasis Blockchain, Eizper Chain Versi Alpha Telah Dirilis

“Kami berharap dapat menghadirkan game NFT di metaverse dan siap bersaing dengan game-game yang sudah ada. Kami melihat peluang yang besar bagi game NFT berbasis blockchain yang saat ini makin populer di antara para gamers. Penggemar Game NFT di Indonesia nantinya dapat menikmati permainan game Soulcops Encrypted di platform metaverse yang sedang dibangun WIR Group,” ucap Robby.

Kolaborasi Soulcops dan WIR Group memungkinkan penggunaan karakter-karakter NFT dalam Soulcops Encrypted di platform metaverse yang sedang dibangun WIR Group. Robby mengungkapkan bahwa merupakan kebanggaan bagi Soulcops jika karakter-karakter di Soulcops Encrypted digunakan sebagai avatar di platform metaverse.

Kualitas sumber daya Indonesia luar biasa, dan telah banyak berkontribusi dalam perkembangan game-game di dunia. Menurut Robby animo pasar global cukup besar. Hal ini membuat Soulcops optimis bahwa game NFT seperti Soulcops Encrypted tak hanya dimainkan di Indonesia, tetapi juga pasar global. Animo para penggemar NFT tersebut tercermin ketika Soulcops merilis NFT di OpenSea. Sekitar 50%-60% pembelian dilakukan oleh kolektor di luar Indonesia. 

Baca juga: Metaverse Jadi Tren, Ini Tips Mitigasi Risiko Ancaman di Dalamnya

“Kami memilih WIR Group sebagai mitra kerja sama karena memiliki rekam jejak yang positif. Rekam jejak ini didukung reputasi dan kredibilitas WIR Group sebagai pengembang AR/VR dan AI di sejumlah negara yang telah terbukti,” lanjut Robby.

WIR Group telah berkarya di bidang AR, VR dan AI sejak tahun 2009. Platform metaverse yang sedang dikembangkan WIR Group merupakan kontribusi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Pada dasarnya semua sektor industri memiliki potensi pengembangan di metaverse. Kendati demikian industri yang cepat beradaptasi dan masuk metaverse adalah industri yang mulai mengadopsi dan menerapkan teknologi digital dalam layanannya. 

Tentu saja Soulcops Encrypted yang sudah mengadopsi teknologi digital berpotensi untuk dikembangkan di metaverse. Bergabungnya perusahaan berbasis teknologi dalam platform metaverse akan mendorong WIR Group untuk terus berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan metaverse.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

“Kami optimis dapat mendukung dan mengembangkan segmen gaming NFT yang dikategorikan dalam sektor industri kreatif. Hal ini berkaca pada keunggulan-keungulan kompetitif yang kami miliki. Keunggulan tersebut mencakup posisi kami sebagai salah satu pengembang teknologi AR terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara,” ucap Gupta. 

Nantinya kolaborasi ini juga akan memperkaya dan melengkapi jenis sektor yang bergabung dalam ekosistem platform metaverse yang dibangun WIR Group. Beberapa sektor yang sudah bergabung mencakup keuangan dan perbankan, pendidikan, UMKM, retail, properti dan lain-lain. Sektor-sektor tersebut akan mendukung terwujudnya perekonomian digital di masa depan menuju web 3.0. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan terbukanya ruang bagi adopsi dan penerapan teknologi digital.

Gupta berharap platform yang sedang digarap WIR Group bisa menjadi bagian dari ekosistem platform metaverse yang lebih besar. Harapannya platform metaverse tersebut dapat setara dengan platform metaverse di negara-negara lain.

Share:

Artikel Terkini