Acer Smart School Awards 2022 Dukung Transformasi Digital Dunia Pendidikan Acer Smart School Awards 2022 Dukung Transformasi Digital Dunia Pendidikan ~ Teknogav.com

Acer Smart School Awards 2022 Dukung Transformasi Digital Dunia Pendidikan

Teknogav.com – Acer berupaya memicu penerapan teknologi pendidikan dengan menyelenggarakan penghargaan Acer Smart School Awards (ASSA) 2022. Program ASSA mendorong penerapan teknologi pendidikan dengan memberikan penghargaan dan dukungan akselerasi bagi sekolah-sekolah untuk melakukan digitalisasi pada sistem pendidikannya. Sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK atau individu yang sudah menerapkan prinsip smart school modern dapat mengikuti program ini. Peserta yang terbukti berhasil mendorong transformadsi digital dalam kegiatan belajar mengajar akan mendapatkan total hadiah lebih dari Rp 500 juta.


Kategori penghargaan yang tersedia mencakup ‘Smart School of the Year’, ‘Kepala Sekolah Inspiratif’, dan ‘Guru Kreatif’. Pendaftaran program ASSA sudah dibuka sejak 12 Mei 2022 sampai 31 Juli 2022. Kemudian penjurian dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada Desember 2022.


Selain penghargaan, ASSA 2022 juga akan memandu sekolah-sekolah yang ingin melakukan transformasi digital untuk menerapkan teknologi pendidikan. Kegiatan-kegiatan ASSA 2022 menyeluruh dan saling berhubungan, mulai dari pendaftaran, pembekalan teknis dan non-teknis, self-assessment, konsultasi, pendampingan, penerapan transformasi. Harapannya proses tersebut dapat mencetak sekolah yang cakap dan siap menghadapi masa depan dunia pendidikan yang lebih canggih.

Baca juga: Lenovo dan Zenius Gelar Kompetisi Video Berhadiah Laptop bagi Guru

Herbet Ang, President Director Acer Indonesia

“Pendidikan merupakan hal fundamental dalam sebuah negara untuk membangun bangsa. Lewat pemanfaatan teknologi digital, Acer meyakini kemajuan di dunia pendidikan Indonesia akan makin pesat di era serba digital ini. Acer siap berperan aktif dalam membantu proses transformasi teknologi digital di dunia pendidikan melalui Acer Smart School Awards 2022,” ucap Herbet Ang, President Director Acer Indonesia.

Dukungan pada Acer Smart School Awards 2022

ASSA 2022 yang turut berperan membangun dunia pendidikan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 ini didukung pemerintah dan berbagai pihak. Pihak-pihak dari dunia pendidikan yang turut mendukung ASSA 2022 ini adalah sebagai berikut:

  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
  • Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)
  • Penerbit Intan Pariwara
  • Jelajah Ilmu

Selain itu, dukungan juga diberikan oleh praktisi industri di luar pendidikan yang memiliki visi dan misi sama terhadap dunia pendidikan. Para praktisi tersebut mencakup CBN, Hilo, Intel, dan Microsoft.

“Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui program Merdeka Belajar ingin memastikan anak-anak bangsa dapat terus bersekolah, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, serta mendapatkan keadilan sosial berupa pemerataan dalam mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas. Kami sangat mendukung diadakannya Acer Smart School Awards 2022 dengan harapan dapat mengakselerasi transformasi teknologi di dunia pendidikan di Indonesia. Kami juga mengundang seluruh pihak untuk bergotong-royong mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa,” ucap Saryadi, S.T., M.B.A., Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek.

aryadi, S.T., M.B.A., Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek

ASSA 2022 juga mendukung program Merdeka Belajar yang digelar Kemendikbudristek untuk menciptakan  dunia pendidikan yang mendukung nilai-nilai dalam Edukasi 5.0. Pada program ini, sumber ilmu tak hanya dari ruang kelas, tetapi juga luar ruangan. Ilmu dapat diperoleh melalui kegiatan belajar daring, informasi di internet, perpustakaan dan juga lingkungan sekitar. Hal ini dapat tercapai jika semua pihak mendukung transformasi digital pendidikan di Indonesia.

“Kita menyadari bahwa teknologi akan membawa lompatan besar bagi proses transformasi digital di dunia pendidikan. Pada sisi ini, Kemdikbudristek memiliki peran sebagai agregator yang mempertemukan inovasi teknologi khususnya teknologi pembelajaran dengan para penggunanya. Kami mencoba untuk terus memberikan sinkronisasi, pendampingan dan meningkatkan literasi digital bagi peserta didik, guru, pendidik dan tenaga kependidikan. Kami pun berkomitmen untuk memperluas akses terhadap teknologi untuk terus memacu mereka yang memiliki talenta digital agar dapat berinovasi. Dengan demikian sistem pendidikan di Indonesia dapat lebih relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman,” ucap Dr. M. Hasan Chabibie, ST., Msi., Kepala Pusdatin, Kemdikbudristek.

Baca juga: Acer for Education, Solusi Pendidikan Menyeluruh dengan LMS Berstandar Internasional

Jelajah Ilmu yang turut mendukung penyelenggaraan ASSA 2022 merupakan solusi pembelajaran digital yang menyeluruh dalam kegiatan belajar mengajar. Solusi ini mendukung kegiatan belajar mengajar online, tatap muka dan hybrid bagi guru, pelajar, orang tua dan kepala sekolah. Acer dan Jelajah Ilmu berkolaborasi menghadirkan Jelajah Ilmu Academy selama masa pembekalan keilmuan. Program ini berisi pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan peserta.

Serangkaian pelatihan di dalam platform aplikasi Jelajah Ilmu diberikan bagi peserta bersama dengan puluhan mentor-mentor terpilih di bidangnya.  Para peserta dapat merasakan langsung proses belajar mengajar menggunakan dukungan teknologi. Pelatihan ini membantu individu atau sekolah siap mengikuti ASSA 2022 dengan kurikulum smart school.

Keberhasilan ASSA 2021

Ajang ASSA 2021 mendapat pujian dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, organisasi pendidikan, instansi sekolah, kepala sekolah dan guru. Sebanyak 2.165 sekolah dari berbagai daerah di Indonesia ikut serta dalam ajang tersebut. Acer turut menyediakan pelatihan dan pendampingan khusus selama ajang ASSA 2021 berlangsung. ASSA 2021 diberikan kepada 12 sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Baca juga: Acer Smart School Awards 2021 Sediakan Hadiah Senilai Ratusan Juta

Para pemenang ASSA 2021 mencakup sekolah negeri dan swasta di berbagai kota di Indonesia. Kota-kota tersebut termasuk Bandung, Cibinong, Bandar Lampung, Palembang, Pekanbaru, Jombang, Yogyakarta, Semarang, sampai Kalawat di Minahasa Utara.

Kini ASSA 2022 diadakan sesuai komitmen dan konsistensi Acer mendukung dunia pendidikan yang berkualitas. ASSA merupakan contoh program pemberdayaan sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia untuk menyediakan pendidikan berkualitas melalui berbagai inovasi teknologi digital.

Share:

Artikel Terkini